Senam untuk mengaktifkan otak kanan (1)

November 08, 2011 Amy 42 Comments

Otak kanan sedang banyak dibahas akhir-akhir ini. Seorang penulis buku best seller  7 KEAJAIBAN REJEKI yaitu Ippho, identik dengan istilah otak kanan. Konon otak kanan berkaitan dengan intuisi, dan intuisi itu apa sih, aku mencoba nanya ke mbah Google, gak usah bakar menyan biar banyak tau tentang rahasia alam.

Sumber dari sini

Dari sisi disiplin ilmu psikologi, indera ke enam ini merupakan perkembangan otak kanan manusia yang sudah sangat maju. Otak kanan adalah pusat pengelolaan kepekaan jiwa. Makin peka jiwa seseorang, makin tajam pula intuisinya. Sedangkan menurut orang India, indera ke enam itu letaknya ada di tengah-tengah alis mata.

Eh, ternyata masuk ke arsip tulisanku sendiri, hehehe... linknya ini

Istilah feeling, insting dan intuisi berasal dari bahasa Inggris. Penjelasan singkat menurutku, feeling adalah perasaan misalnya sedih, marah, gembira, takut, cemas, dan lainnya. Sedang insting berkaitan dengan sinyal pada tubuh manusia, yang berlatih bela diri konon instingnya lebih tajam. Sedang intuisi itu bukan sebuah sinyal, karena bentuknya mengalir. Intuisi ke lebih ke arah kreativitas menggunakan otak kanan seperti banyak yang dipakai oleh para seniman.

Di Islam, pembahasan lebih ke arah qolbu (kalbu bahasa Arabnya adalah anjing, tapi tidak apa disebut seperti itu yang penting paham). Kalau qolbu kita tertutup, maka kita tidak bisa memahami apa yang terkandung dalam ayat-ayat Al Qur'an. Manusia diciptakan mempunyai telinga untuk mendengar ayat-ayat Al Qur'an, mata untuk melihat kebesaran Allah, dan qolbu untuk memahami.

Kebersihan qolbu memang penting agar feeling, insting ataupun intuisi mengarah ke arah yang benar...

Pernah ada seminar di sekolahanku yaitu senam untuk mengaktifkan otak kanan


Tapi menurutku tidak sesederhana itu hanya dengan sering senam otak mendadak kita bisa telepati. Soalnya pembimbingnya memang menyatakan dia belajar untuk sering membayangkan wajah suaminya sambil menyampaikan pesan. Eh, telpon aku dong, misalnya kalo hapenya dikontak ternyata tidak aktif.

Menurutku pribadi, telepati lebih mudah untuk mengontak seseorang yang sudah ada hubungan emosi, dan membuka hati pada yang orang lain. Lagian kalo kita bisa sembarang telepatian sama semua orang kayak dengerin banyak gelombang radio macem-macem, bingung dong, jadinya dituning dulu kaaan... Telepati itu pada orang kebanyakan terjadi saat tubuh kita berada di ambang paling rileks, saat tubuh memasuki alam bawah sadar menjelang tidur. Jadi paling efektif untuk menasehati anak adalah menjelang tidur, dibacakan buku cerita yang inspiratif seperti kisah Nabi, kisah Nabi itu akan tertanam di alam bawah sadar hingga dewasa. Inilah metode yang digunakan terapis hipnoterapi untuk menanamkan nilai positif lewat alam bawah sadar termasuk menghilangkan trauma, phobia, addicted yang berlebihan sampai mengganggu hidupnya.

Sebetulnya ada videonya, sayang banget karena kendala teknis gak bisa diupload di sini. Next time aku upload. Oh ya, Alhamdulillah YM dan FB sudah berjalan dengan baik benar berkat MSE dan McAfee.Ini aku lagi siap-siap mau jalan-jalan ke pantai ke Gunung Kidul. HP sudah dicharge, supaya gak kayak kemarin gak bisa motret. Kamera digital juga disiapin... semoga berbahagia di bulan Novermber yang penuh hujan ini (oh ya, jadi ingat mesti bawa payung)...

42 comments:

  1. Kira-kira, bisa gak ya kalo aku ngucapin selamatnya pakai telepati. Secara pernah ada hubungan sedekat itu, tiba-tiba aja putus gak ada sebabnya. hehehe

    ReplyDelete
  2. Eh, tp benner ga sih ada org yg bisa baca pikirn org lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar dong.....ada kok tapi sangat jarang meskipun itu disebut paranormal atau orang pintar (Dukun) atau apa saja sebutannya belum tentu bisa baca pikiran orang, tapi diantaranya ada...! Prosesnya seperti radio pemancar dan penerima, lewat gelombang otak.

      Delete
  3. aku pengen melatih kepekaanku supaya bisa ngeh sama orang. karena selama ini feelingku suka nggak pas ke orang. gimana ya latihan intensnya? xD

    ReplyDelete
  4. kalau misale kayak gini apa telepati mbak: kan saya ada memikirkan durian, lalu keesokan harinya tanpa diminta mas saya bawain durian buat saya :D

    gimana tuh mbak?

    ReplyDelete
  5. aku pernah denger kata Ustad Danu perlu hati2 kalo ada yang nawarinn tentang hal2 berbau pengaktifan otak kanan.. Kata'a ada hal2 gaib yang terselubung.. well, entah bener apa enggak..

    Aku sih lebih baik mengamati saja..dari pada senam otak atau semacamnya mungkin lebih baik ibadah aja kali ya,hehe :D

    ReplyDelete
  6. Pengaktifan otak emang masih pro-cons, ada di grey area juga tuh..

    ReplyDelete
  7. Kalau begitu kita semuanya juga dapat melatih otak kanan kita ya Sob ?

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  8. salam otak kanan, saya sekarang juga lg senang baca2 buku Ippho ttg otak kanan. berfikir out of the box! :)

    ReplyDelete
  9. wahh aku blm begitu ngerti banget dgn otak kanan....dul pernah nonton tv yg anak2 bisa dilatih otak kanannya trnyata bohong yachh.....apa akunya aja yg kurang informasi ehhe...

    ReplyDelete
  10. bearti untuk melatih otak kanan musti melatih feeling kita dong, berani untuk mencoba, berani gagal

    ReplyDelete
  11. Aku sendiri emang paling sering menasehati Shasa saat menjelang dia tidur, biasanya setelah dia cerita2. Nah dari ceritanya itu aku memberinya nasehat. Sering sih nasehat yg aku katakan berulang kali, soalnya anak2 tuh gak bisa dikasih tahu sekali langsung 'jadi' hehehe

    ReplyDelete
  12. Aq jg bs telepati kok kalo ama suami wuehehe. Itu mah bkn telepati tp cenderung kwatir x yak

    ReplyDelete
  13. katanya otak kanan tuh lbh kreatif ya?

    ReplyDelete
  14. kalau aku mengolahragakan otak kanan dengan kegiatan design,soalnya kalau otak kanan cenderung punya kekuatan yang tersembunyi jadi kalau diasah dengan design mungkin bisa bangkit dari kubur,hehehe

    ReplyDelete
  15. tertarik banget dengan tulisan ini..

    Kalo untuk astral projection itu kaya gimana ya? Nyambung2 sama otak kanan kaya gini juga nggak?

    Btw, baru tau sekarang kalo Kalbu itu artinya anjing. :)

    ReplyDelete
  16. @Arif Zunaidi Riu_aj soal ngerasa atau tidak itu gak penting lagi, toh dia sudah jadi istri orang. andai ngerasa pilih menahan diri, gak enak pada suami. tapi cinta lama lebih baik diikhlaskan, Insya Allah akan dapat ganti lebih baik.

    ReplyDelete
  17. @Dhila membaca pikiran itu beda dengan ngobrol. membaca pikiran hanya sekedar menyampaikan pesan penting saja. bisa diterjemahkan lain oleh yang menangkap pesan, tapi intinya sama. lebih mengena bila ada hubungan emosi dan dalam keadaan sangat tenang. orang yang mata batinnya peka juga mudah untuk memahami karakter orang lain

    ReplyDelete
  18. @Clara Canceriana bagi yang beragama muslim, hindari perbuatan buruk, itu namanya membersihkan batin. menambah banyak ibadah sunat juga akan menguatkan kepekaan batin

    ReplyDelete
  19. @Sadako Kenzhi itu kan kayak hukum dari buku The Secret, namanya hukum Law of attraction. apa yang kita pikirkan akan membuat kita mudah mendapat. banyaklah berpikir hal yang positif, karena berpikir hal yang positif dengan perasaan positif merupakan doa. hindari emosi atau ketegangan, rileks menghadapi kejadian

    ReplyDelete
  20. @EnnyLaw bukan otak kanan, tapi AKTIVASI OTAK TENGAH, ini link tentang itu
    http://amiratnawatiutami.blogspot.com/2011/05/mengaktifkan-otak-tengah-menurut-ustad.html

    ReplyDelete
  21. @Ahmad Saleh Muslimin aku lebih suka kalo mengaktifkan otak kanan dengan seni kayak melukis, main musik, atau berenang. aku suka musik, renang dan softball. suka heran ngeliat orang yang lebih nyaman di rumah melulu. katanya sih orang lain-lain ya. paling tidak berusaha untuk menjalani kegiatan positif untuk fisik (olahraga), mengkonsumsi makanan sehat dan mengikuti majlis ilmu agama untuk menguatkan batin. mosok yang dipikir baju baru, makan enak, cari pacar (kayak aku dulu gitu sih... hehehe, aku memutuskan gak gitu lagi lebih mendekatkan diri pada Allah, berusaha pokoknya)

    ReplyDelete
  22. @Ejawantah's Blog otak kanan adalah kreatifitas, tentunya dengan selalu berkarya. sukses ya Pak

    ReplyDelete
  23. @r10 feeling itu menyatakan perasaan enak atau gak enak. kreatifitas akan lancar saat kita rileks. berdzikir dengan merendahkan diri sepenuhnya pada Allah mas R10, syukur-syukur rajin tahajud (aku masih bolong-bolong juga, kalo nulis suka kebablasan sampe malem kalo belum selesai, nanggung rasanya)

    ReplyDelete
  24. @reni wah, itu kebiasaan baik. Shasa diajak berenang juga lebih baik, kok menurutku kalo bisa rutin lebih bermanfaat daripada senam otak ya, malah ada latihan pernapasannya

    ReplyDelete
  25. @Tarry KittyHolic itu telepati juga mbak Tarry, tapi kalo coba menyampaikan pesan pada suami dalam keadaan rileks, jangan panik, itu lebih efektif. Katanya sih tubuh rileks yang bisa efektif menyampaikan pesan pada frekuensi alpha theta

    http://ratnawatiutami.blogspot.com/2011/06/gelombang-pada-otak.html

    ReplyDelete
  26. @yayack faqih ibaratnya menulis itu begini, kita ikuti aliran tulisan seperti ilham kita dengan otak kanan. setelah selesai gunakan otak kiri untuk cek susunan bahasa dan salah tulis

    ReplyDelete
  27. @Andy berkreasi dan berkarya memang penting. tapi ditambah kekuatan batin dengan mendekatkan diri pada Tuhan akan menjadi lebih baik lagi. Goodluck

    ReplyDelete
  28. @Akmal Fahrurizal aku lagi belajar proyeksi astral. soalnya aku muslim kok gak tertarik ya. ini seperti meditasi lalu kita bisa masuk dimensi alam lain. alam lain itu sangat menyesatkan, jin bisa membuat suasana seperti yang kita harapkan atau yang tidak kita inginkan. barangkali ada yang terobsesi dengan proyeksi astral, aku enggak. lebih suka ngebayangin surga aja deh... aku banyak loh menulis soal surga... Aku tulis di surga seperti jatuh cinta, padahal sebetulnya seperti HONEYMOON dalam kehidupan yang kekal, ini linknya
    http://ratnawatiutami.wordpress.com/2011/08/19/saat-di-surga-semua-serasa-jatuh-cinta-terus-menerus/

    ReplyDelete
  29. @Nia bukan aktivasi otak kanan, tapi otak tengah. yah, kita mesti hati-hati deh...

    ReplyDelete
  30. pernah tau ada eberapa gerakan unik yang bisa dipakai untuk "senam" otak kanan..ringan aja sih...

    btw, tulisannya kok gede-gede amat yak mbak ami? :))

    ReplyDelete
  31. @rabest intinya menyeimbangkan kiri kanan kan? menurutku sih berenang intensif lebih oke. Tapi di kursus ini dikasih pemahaman soal kemamampuan kerja otak, jadi kita bisa tau sejauh mana otak kanan bisa dieksplorasi. buat yang suka mikir daleeeem, emang penting. tapi ada yang lebih mikir yang penting banyak uang, hehehe...

    soal tulisan lagi nyari formula yang pas. males pake huruf cetak. udah dikecilin kok. Tx yaaa...

    ReplyDelete
  32. otak kiri dan kanan sempat menarik perhatian saya dulu, tapi kemudian saya tak yakin dengan segala pembahasannya, maka kini saya lebih fokus ke perasaan dan membiarkan pikiran bekerja mengikuti perasaan.

    ReplyDelete
  33. Pengaktifan otak tengah bisa dengan pembiasaan ketika anak berusia 3 s.d 14 tahun. karena masing-masing kemampuan otak (kiri atau kanan) mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2 untuk melengkapinya perlu suatu usaha pembiasaan sehingga terbentuk aktifnya otak tengah.

    ReplyDelete
  34. wah senam otak :O menarik juga tuh, gimana jadi step senamnya :D

    ReplyDelete
  35. Telepati...guru Fisika waktu SMP pernah bilang kalau kita 'mbatin' seseorang yg kita kenal maka partikel-partikel di udara akan jd media/penghantar membawanya ke orang yg kita maksud (atas kuasa Ilahi tentunya)

    ReplyDelete
  36. Kalo membiasakan bagian tubuh sebelah kiri, misalnya tangan untuk ngerjain sesuatu itu gimana?
    Termasuk senam otak kanan juga nggak?
    Karena kan otak kanan itu ngurus anggota badan sebelah kiri. :D

    ReplyDelete
  37. Menurut aku seh intuisi gak bs dilatih ya mbak.. itu emang ada dengan sendirinya dimasing2 jiwa seseorang :D

    ReplyDelete
  38. telepati bisa dipelajari kok dan ada sistematisnya...dengan metode penyempurna yaitu alpha telepati..:-)

    ReplyDelete
  39. Hmmm Kadang apa yang kita lihat tidak semudah yang kita bayangkan tuhan telah menciptakan segalanya sedemikian rupa kok.. mudahan aja otak kita yang cerdas bermanfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete