OCD mirip dengan intermittent fasting (Update OCD hari ke-10, belum maksimal)

16 comments
Aku memutuskan untuk menjalankan OCD  pada tanggal 4 Oktober 2013. Waktu itu aku menulis tentang ringkasan OCD, linknya silakan klik Ringkasan diet OCD a la Deddy Corbuzier . Selain mencoba memahami tentang OCD juga ingin tahu apa itu Intermitten Fasting dan Warrior Diet. Mengintip blog luar http://ericweinbrenner.com/articles/physique-files/nutrition/a-complete-guide-to-intermittent-fasting/

Basics—Different Protocols/Why It’s Popular 
There are a number of different approaches to applying IF—some involve 24+ hour fasts a few times per week while others suggest simply fasting for 14-16 hours per day (essentially skipping breakfast). The Warrior Diet, which is one of the more popular protocols, requires fasting all day and eating one, large meal at night. 

Why are people even doing this? 

Fasting has been scientifically proven to have a number of health benefits—some that will benefit anyone trying to build a better physique. Fasting has been proven to increase production of growth hormone, decrease inflammation in the body and improve insulin sensitivity (your bodies ability to produce insulin and effectively process carbohydrates).

Penjelasan di atas, intinya adalah untuk menerapkan IF bervariasi selama 24 jam berpuasa 14-16 jam (meninggalkan sarapan). Sedangkan warrior diet selama 24 hanya makan besar 1 kali.


Manfaatnya adalah meningkatkan hormon pertumbuhan, mengurangi pembengkakan tubuh, dan membuat tubuh mampu lebih efektif memproses karbohidrat.


OCD dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier di Indonesia, dan jadi trending topic setelah orang bosan ngomong soal kontroversi hati, konspirasi kemakmuran atau 29 my age. Sekarang orang ngomongin jendela makan, O7W, semoga bisa bertahan sampai lama.

HGH atau hormon pertumbuhan akan meningkat saat puasa, dan membuat pembakaran lemak lebih mudah termasuk pembentukan massa otot lebih efektif. Olahraga dilakukan saat puasa.

Tapi penerapan OCD selama 10 hari ini belum efektif soalnya beratnya itu tidak boleh ngemil selama jam puasa. Karena aku setiap hari makan siang jam 12 rutin di kantor, aku memutuskan untuk menggunakan jendela makan 6 jam.
- Jam 8.00  makan snack bersama murid di tempat kerja
- Jam 10.00 pagi minum jus buah
- Jam 12.00 makan siang
- Jam 13.00 siang minum susu (susu kambing bubuk murni) atau yogurt tawar sengan masu
- Jam 14.00 - 08.00 minum air putih atau teh tawar saja

Belum maksimal karena belum berolahraga O7W, baru melakukan jogging tiap pagi. Sebaiknya bila melakukan OCD melakukan olahraga pembentukan otot bukan cardio. Tapi menurutku tidak ada salahnya melakukan olahraga seperti cardio kayak jogging atau naik sepeda (di gym treadmill atau sepeda statis). Toh itu juga menyenangkan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Soal puasa Sunnah, saat aku menulis ini sedang puasa Arofah, tentunya diniatkan karena Allah. Aturan OCD dinomorduakan, lebih penting menjadwalkan sahur dan buka puasa sunnah tepat waktu. Warrior diet masih belum dilakukan.

Olahraga O7W atau OCD 7 minutes workout sebetulnya aslinya disebut scientific 7 minutes workout ngintip lagi dari blog luar
http://coolmaterial.com/roundup/the-scientific-7-minute-workout/

The hour we usually spend at the gym is not that efficient. Sure we lift some weights and get in some cardio, but we also watch whatever is on TV, scroll around on our iPhones, and generally don’t push ourselves all that hard. Not only is this Scientific 7-Minute Workout quicker, you don’t need anything besides a chair and a wall to do it. Originally published in the American College of Sports Medicine’s Health&Fitness Journal, the workout is tough, but it’s also over in less time than it takes to even get to the gym in the first place. Each move should be done at a high intensity for 30 seconds with a 10 second break in between.

Waktu yang kita lakukan di gym sebetulnya kurang efisien. Memang mengangkat beban, melakukan cardio, tapi juga nonton TV, buka handphone, dan tidak memaksa tubuh bekerja keras. Sedangkan Scientific 7-Minute Workout ini lebih cepat, dan hanya butuh kursi dan dinding. Awalnya dipopulerkan oleh American College of Sports Medicine's Health&Fitness Journal, cukup keras, jauh lebih singkat dibandingkan ke gym. Setiap gerakan dilakukan selama 30 dengan intensitas tinggi, dan 10 detik istirahat di antaranya.


Karena aku menggunakan android, jadinya aku menginstall timer untuk O7W. Ada beberapa aplikasi, ada yang error juga. Ada yang pake musik, tapi aku paling suka yang ini. Nanti update lagi perkembangannya...





Sekarang aku diet dengan memperbaiki pola makan dan berjalan efektif metode chi walking. Linknya ada di bawah ini

Mengatasi pencernaan bermasalah dengan pola makan yang sehat

Berjalan efektif dengan chi walking



Bila berkenan silakan klik LIKE Ratnawati Utami Page, terima kasih
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

16 comments:

  1. Replies
    1. Gak gemuk kok mbak, pengen ngecilin lingkar pinggang aja

      Delete
  2. Hari ke-10 hasilnya udah mulai kelihatan belum, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat badan turun sekilo tapi tujuan mengecilkan lingkar pinggang belum kesampaian

      Delete
  3. saya pernah membahas OCD secara gamblang, bisa klik disini untuk diskusinya: http://buahdadas.com/2013/08/02/5-kontroversi-kesalahan-tips-diet-ocd-deddy-corbuzier/

    ReplyDelete
  4. Saya tidak nyaman mengunjungi blog anda. Masak judul blognya buah dada... ups...

    Pertama, ide OCD tidak original. Beberapa tahun lalu sudah jadi bahan pembicaraan di Amerika. Tentunya kalo memang membuat sakit atau kasarannya sampai ada yang meninggal diet model ini akan dilarang.

    Kedua, banyak metode diet dan saya sudah mencoba. Apa itu tiger diet, diet golongan darah, diet rendah kalori itu antara lain. Bahkan sudah mencoba dUn jatimcina dan jati belanda. Saya makan tidak banyak, begitu masuk ke situasi makan banyak misalnya keluar kota, hari raya, cepat sekali gemuk.

    Banyak yang mencari metode yang efektif supaya bisa turun. Ada yang cuek gemuk, tapi saya lebih suka tidak gemuk, malas beli baju lagi kalo yang lama sesak.

    Sejauh ini menggabungkan puasa sunnah dan OCD cukup fine-fine buat saya. Dan saya tidak perlu beli jati cina dan jati belanda lagi.

    Ketiga, ada hal yang sulit diterima para pakar konvensional, bahwa IF atau OCD meningkatkan HGH. Bahkan untuk meningkatkan HGH juga dilakukan oleh body builder untuk mempercepat mengembangkan massa otot. Istilahnya bukan body building lagi tapi aesthetic, mempunyai tubuh berotot secara alami tanpa steroid. Untuk kesehatan tidak selalu untuk prestasi.

    Dan sepertinya anda cuman copas, katanya pakar, katanya pakar...

    Terima kasih untuk komennya. Saya sebagai wanita tidak nyaman anda mengeksploitasi buah dada untuk dapat traffic di blog anda. Hampir saja komen anda saya masukkan spam... tapi cukup bagus untuk bahan diskusi

    ReplyDelete
  5. temen saya yang praktek OCD keliatan perubahan siginifikan pas menginjak hari ke-40 itu tanpa putus dan terjaga peraturan ber-OCD-nya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhasil untuk menurunkan berat badan, tapi ngecilin lingkar pinggang masih dalam proses

      Delete
  6. sebagai muslim baiknya puasa sesuai cara nabi aja ya =)

    ReplyDelete
  7. awalnya ngga ngerti apa itu OCD yang lagi ngtren dikalangan orang muda seusia saya, setelah maen kesini jadi ngerti dan tentu jadi tambah pinter kan?

    ReplyDelete
  8. kalo ocd nya tanpa olahraga kira-kira tetep manjur gak ya mbak?

    ReplyDelete