Menikmati zuppa soup di Zefa Soup Limasan Jogja

January 28, 2018 Amy 4 Comments

Saya dan teman-teman dari Komunitas Blogger Jogja mendapat undangan dari Zefa Soup Limasan Jogja untuk menikmati zuppa soup dan beberapa hidangan lainnya.


Karena rumah saya di kodya Jogja, dan Zefa Soup Limasan di daerah Sleman, dari rumah saya menuju ke jalan Kaliurang, belok kanan di ring road utara, melewati real estate Casa Grande, ada gang jalan Nangka II ke utara, melewati Instiper, ke utara sedikit, nanti kiri jalan nampak bangunan limasan dengan plang Zefa Soup di kiri jalan.

Zefa Soup Limasan Jogja tampak depan


Mau membahas sedikit saja tentang Zuppa Soup. Zuppa soup dikenal di Indonesia sebagai sup kental mengandung susu dengan tutup pastry. Tadinya zuppa soup menurut pemilik Zefa Soup adalah dari sup di Pizza Hut yang sedikit dimodifikasi.

Entah dari mana kok akhirnya ada chef yang menyebut ini sebagai sup yang ditutup pastry dengan zuppa soup. Padahal di Pizza Hut namanya bukan zuppa soup, ini saya ambil dari situs resmi Pizza Hut Indonesia. Mungkin karena lebih mudah dan enak menyebutnya.

Sup krim jamur ditutup puff pastry
di website resmi Pizza Hut



Jamie Oliver di Youtube memasak resep zuppa soup dengan nama zuppa toscana yang berasal dari Italia, dan dia menyebutkan sebagai ugly soup atau bentuknya buruk rupa. Bahannya antara ada minyak zaitun, bawang merah, beberapa bumbu lain, banyak sayuran, dikasih potongan roti. Lebih enak dibiarkan semalaman sebelum dimakan. Tapi tidak menggunakan krim.





Di Amerika sup ini masuk ke jaringan restoran terkenal ditambahkan krim atau kepala susu. Zuppa soup yang kita kenal itu memang berasal dari Italia, dimodifikasi di restoran Amerika, masuk ke Indonesia melalui jaringan restoran Amerika. Lalu dengan sentuhan lidah Indonesia istilah zuppa soup adalah untuk sup kental mengandung susu yang ditutup dengan puff pastry dan sering jadi menu di acara resepsi perkawinan.

Puff pastry untuk penutupnya sendiri sebetulnya berasal dari Perancis, aslinya dari terigu, butter (mentega yang dibuat dari susu, beda dengan margarin dari minyak nabati) , dan lainnya. Pastry sendiri banyak macamnya, yang berlapis disebut puff pastry.

Kembali ke Zefa Soup Limasan Jogja, pemiliknya menceritakan bahwa sudah berjualan zuppa soup selama 10 tahun di Solo, dan akhirnya memutuskan untuk membuka cabang di Jogja.

Di Zefa Soup Limasan, puff pastry dibuat dari terigu, margarin dan korsvet (lemak padat dari binatang). Sedangkan untuk kuah selain menggunakan kaldu, dikentalkan dengan maizena, lalu ditambahkan susu dan whipping krim jadi tidak eneg untuk lidah Indonesia.

Beberapa varian dari zuppa soup di Zefa Soup Limasan ada yang ori, dengan potongan ayam, jamur, dan jagung manis. Varian lain ada yang ditambahkan keju, sosis, bakso, tuna, kepiting.


Daftar menu Zefa Soup Limasan Jogja

Ada menu lain seperti pizza tapi dengan puff pastry, ada ayam penyet (maklum ada yang berpendapat gak kenyang kalo gak makan nasi) dan beberapa menu pasta.

Saya fokus mencicipi puff pastry mushroom, corn, chicken, cheese, sausage cream soup, ini namanya versi saya yah, versi di menu cheese sausage zuppa soup.

Zuppa soup cheese sausage

Kata pemiliknya, makan sup ini harusnya jangan diaduk, diaduk boleh pelan-pelan supaya tetap kental.

Kalau dibandingkan dengan sup di Pizza Hut tentunya ini lebih ringan. Bumbunya pas. Tepungnya juga sudah matang soalnya pernah di kondangan supnya encer dan berasa tepung. Cukup kental dan paduan bumbunya pas. Harganya juga cukup terjangkau untuk mahasiswa di Jogja. Aku makan puff pastry sampai habis secara terpisah, menurutku enak, lumayan gurih.

Menu yang lain yang sudah dicicipi, pizza mungil dengan puff pastry lumayan unik. Gabungan resep Perancis, Italia dengan lidah Indonesia. Puff pastry asin di atasnya ada saus pizza lalu ditambahkan topping sesuai pesanan, sedikit keju parut. Ada kentang goreng dan sosis goreng. Ada kentang goreng, ayam kotak disusun diberi saus barbeque.

Bagi yang ingin berkunjung ke Zefa Soup Limasan Jogja ini alamatnya

Zefa Soup Limasan
Jl. Mawar, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
0813-7799-9704
IG @zefasouplimasan

4 comments:

  1. Joss mbak, jauh jg ya dr rmh. Musti nembus jakal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake ojek online kalo pengen tapi males berangkat

      Delete
  2. Zuppa soup yang ini taste nya memang Indonesia banget. Jadi teman teman pasti suka. Saya sudah coba dan mantab.

    ReplyDelete