Rambut sehat terawat dengan lerak, merang, dan lidah buaya

3 comments
Kalo ke supermarket, coba deh liat susunan rak di bagian shampo dan sabun. Warna-warni menggiurkan dengan promosi heboh. Iklan di tv menggambarkan kalo pake shampo ini rambut bakalan lembut dan indah, tanpa ketombe.

Aku juga pernah mendengar ada obrolan sekelompok ABG di supermarket
A : Rambutku rontok dan ketombean
B : Coba shampo yang ini
A : Tapi keras kayaknya, nanti tambah rontok gimana
B : Yang penting kan gak ketombean

Di mall sering melihat wanita kepala 4 ke atas yang rambutnya tipis, dipotong pendek. Sudah gak peduli dengan rambut rontok, apa boleh buat, mungkin pikirnya begitu karena faktor umur.

Di balik shampo warna-warni yang menawarkan pengobatan ketombe, kerontokan rambut, semua shampo mengandung deterjen. Apa deterjen itu aman bagi rambut? Bagi yang punya kesadaran lebih soal rambut dan kesehatan maka akan mengurangi deterjen pada pemakaian rambut.

Kebanyakan orang beranggapan shampo wangi berbusa banyak di supermarket itu aman, membersihkan rambut dan membuat rambut indah. Tapi bagi sekelompok kecil orang (termasuk aku) beranggapan bahwa sebaiknya menghindari deterjen untuk membersihkan rambut. Timbul banyak pertanyaan. Sejauh mana merusak rambut dan apa yang mesti digunakan. Ada lagi beranggapan aku baik-baik aja kok dengan shampo yang dijual bebas di supermarket. Kenyataannya, banyak kasus menggunakan shampo mengandung deterjen dalam jangka waktu lama akhirnya rambut mengalami kerontokan, bahkan ketombe.

Ada juga yang sudah pake shampo ini itu tetap rontok lalu berhenti berusaha, beranggapan rambut indah hanya milik bintang film.

Di Indonesia ada 2 produk alami untuk mencuci rambut, tapi repot dan tidak wangi, yaitu merang dan lerak. Aku ambil gambar dari google image.


merang dan lerak

Cara membuat shampo merang
1. Bakar merang sampai jadi abu
2. Tambahkan air biarkan semalaman
3. Saring air rendaman abu merang
4. Gunakan air rendaman abu merang untuk mencuci rambut

Cara membuat shampo lerak
1. Iris-iris daging lerak, pisahkan dengan biji 
2. Rebus lerak dengan air (lebih baik air suling) sampai mendidih dan berbusa
3. Dinginkan air rebusan lerak lalu digunakan untuk mencuci rambut

Itu pembuatan shampo yang tanpa bahan kimia sama sekali, yang dijual di pasaran shampo merang sudah ditambahi deterjen juga. Shampo lerak lebih populer di luar negri dengan nama soap nuts.

Aku sendiri, setelah tidak rontok menggunakan lidah buaya segar, bila ada waktu menggunakan lidah buaya lalu dibilas dengan shampo lembut sedikit saja (1 sendok teh dicampur air stengah gelas). Lalu dibilas sekali lagi dengan kondisioner tanpa silikon (kandungan bahan kimia yang berakhiran cone seperti dimethicone). Gambar aku ambil dari google image.


Lidah buaya disayat keluar getahnya

Cara menggunakan lidah buaya segar untuk rambut:
  1. Sayat lidah buaya segar sampai muncul getahnya
  2. Oleskan getah lidah buaya di kulit kepala sambil dipijat
  3. Setelah kering sayat lagi tipis-tipis, oleskan di rambut sampai merata
  4. Daging lidah buaya jangan dibuang, remas dan oleskan ke wajah, kaki tangan bukan di rambut. Serpihan daging lidah buaya di rambut membuat tidak nyaman
  5. Aku bilas dengan shampo ekstra lembut dari Virgin Natural Cosmetics 1 sendok teh dicampur air (walau cair masih menghasilkan busa cukup banyak).
Shampo ekstra lembut lain untuk alternatif, bisa menggunakan shampo jamu, shampo bayi atau shampo di counter Body Shop. Shampo-shampo ini tidak mengandung bahan kimia berlebih, tidak wangi dan berwarna mencolok.

Catatan :
Setiap orang punya resep masing-masing karena kondisi rambut orang berbeda. Ada yang setelah menggunakan lidah buaya langsung dibilas dengan air (bila menggunakan air ledeng sebaiknya diberi filter air dengan karbon aktif). Ada yang harus dibersihkan dengan shampo beberapa kali. Ada yang perlu diberi santan sangat cair atau agak cair tergantung kondisi rambut sangat kering. Silakan mencoba untuk mencari formula yang pas.

Untuk produk Virgin Natural Cosmetics, silakan kunjungi di
link berikut ini Daftar Produk Virgin Natural Cosmetics 

Kalo Lenny Kravits menggunakan lidah buaya langsung dari kebun, diremas, disaring dengan kain lalu dioleskan ke rambut, dibilas dengan air. Ini dari youtube link  https://www.youtube.com/watch?v=bNE1zJqwzyg


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

3 comments:

  1. wah bagus banget infonya. saya punya masalah kulit kepala yg sensitif banget. kalo kena panas berlebihan atau debu udah langsung gatel banget. rontoknya juga iya, dan agak susah diatur untuk styling. saya sih nggak berani coba2 shampoo herbal yg belum banyak diakui, makanya sering beli produk organik dari luar negeri tp harganya mahal banget, apalagi tambah biaya shipping de el el, jadinya sekarang suka eksperimen bikin shampoo sendiri :)

    ReplyDelete
  2. Saya jg sdh setahun ini tdk pakai shampoo,cuci rambut pakai buah lerak yg direbus...segar n tdk rontok kr alami beda dg shampoo yg mengandung deterjen n katanya dpt memicu kanker...skrn lg nyoba pakai lerak untuk mengganti sabun mandi..

    ReplyDelete