Membuat shampo dari lidah buaya untuk No Poo

5 comments
Ada gerakan No Poo atau No Shampoo di negara maju. Kelompok ini memutuskan tidak menggunakan shampo lagi, hanya menggunakan bahan alami untuk rambut. Kalo gak sanggup, boleh melakukan Low Poo yaitu dengan shampo tanpa sulfat, silikon atau paraben.

Kandungan deterjen pada shampoo (atau sulfat) yang ada di pasaran memang membersihkan tapi juga mengiritasi kulit. Biasanya kandungan di shampo komposisinya disebut SLS atau sodium Lauryl Sulphat Setelah dibersihkan kulit kepala akan memperoduksi banyak minyak, sehingga metode No Poo atau Low Poo membuat rambut tidak berminyak atau terlalu kering lebih lama dibandingkan menggunakan shampo biasa.

Untuk melembutkan rambut, conditioner di pasaran mengandung silikon, kandungan conditioner biasanya di komposisi demothicone.

Melakukan No Poo adalah pilihan. Ada yang tetap berpendapat rambut tidak bersih tanpa menggunakan shampo jadi tidak tertarik melakukan No Poo. Atau pakai shampo tapi cari yang lembut, tidak begitu wangi dan berbusa, kebiasaan menikmati shampo wangi dan berbusa dihilangkan. Ada juga yang malah membuat shampo sendiri, baik yang padat maupun yang cair, petunjuknya banyak di youtube.

No Poo yang paling banyak menggunakan baking soda lalu dibilas dengan apple cider vinegar. Tapi ada juga yang menggunakan santan ditambah castile soap (sabun yang dibuat dari minyak natural seperti minyak zaitun atau minyak kelapa). Ada juga yang dari lidah buaya yang diblender lalu disaring. Resep lain air ditambah madu, madunya mesti raw honey atau madu tanpa pemanasan dan filterisasi. Ada lagi yang membersihkan rambut dengan telur diambil kuningnya saja.

Kalo di Indonesia sih, shampo bahan alami adalah dari merang dibakar, lalu bakaran merang dikasih air dibiarkan semalaman baru dipakai untuk keramas. Atau pakai lerak. Buah lerak potong-potong diberi air panas, disaring lalu dipakai untuk keramas. Hati-hati bila air lerak kena mata, pedes banget. Ini tutorial tentang lerak yang bahasa Inggrisnya soap nuts juga ada beberapa di youtube. 

Sekarang aku menggunakan lidah buaya, diblender lalu disaring untuk keramas. Ribet ya, iya... tapi aku senang dengan sensasi lembut setelah lidah buaya dibilas, jadi dibela-belain. Bila dimasukkan lemari es bertahan sekitar 5 hari, tapi kalo dijadikan es bisa beberapa bulan.

Ingin kulit wajah kinclong? Cobalah detox dengan VCO, alami, sangat direkomendasikan di negara maju, dan tidak mahal. Kunjungi link  ini  atau http://vcountukkulitdanrambut.blogspot.co.id/2013/06/vco-minyak-ajaib-atasi-jerawat-kulit.html

Bisa juga klik gambar di bawah ini



Potong lidah buaya, kupas tipis, potong bagian pinggirnya yang tajam


  
Keruk daging lidah buaya. Di sini menggunakan sendok ukur karena pinggirannya tajam


Blender sampai halus betul


Disaring tapi tidak perlu ditekan, gumpalan daging yang tersisa malah mengering 
dan lengket di kulit kepala


Shamponya nanti bentuknya seperti ini


Tuang shampo dalam botol, di sini menggunakan botol bekas sabun cair cuci tangan.
Menggnakan botol yang ujungnya ada aplikator juga bisa, lebih mudah untuk
mengoleskan di kulit kepala



 Shampo sudah jadi dan siap digunakan. Dimasukkan di lemari es bisa untuk 5 hari.
Masuk di freezer bisa untuk beberapa bulan.


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

5 comments:

  1. Kalau saya sering menggunakan tanpa proses seperti di atas mba, ambil langsung kupas dan pakai. he,, he,, he,,

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mas, aku dulu juga gitu, kupas langsung diolesin kerambut hahaha..

      Delete
    2. Kalau di salon memang menggunakan lidah buaya langsung tanpa diblender. Penggunaan lidah buaya tanpa diblender hanya akan difokuskan pada kulit kepala tidak merata ke seluruh rambut. Tidak termasuk untuk shampo, hanya untuk menyehatkan kulit kepala, tapi cukup bermanfaat juga menghilangkan ketombe dan gatal-gatal. Sebaiknya shamponya yang lembut, bila memungkinkan tidak mengandung SLS

      Delete
  2. Waktu saya masih kecil, ibu saya sering samoani pakai lidah buaya, haha

    ReplyDelete
  3. bagus juga tuh lidah buaya bisa buat masker spa sendiri dirumah

    ReplyDelete