Muncul di Metro TV sebagai nara sumber Sudut Pandang, 29 November 2014

14 comments
Wawancaranya sebelum pilpres, tapi akhirnya tayang juga di Metro TV, acara Sudut Pandang dengan presenter Fifi Aleyda Yahya.

Proses wawancaranya ngebut, aku datang ke Jakarta dengan pesawat pagi, terus pake baju apa adanya cuman pashminaku dibetulin sama yang merias. Terus malemnya balik dengan pesawat malem, Jakarta - Jogja.

Kemarin ada reporter Metro TV cabang Jogja yang mengambil gambar untuk tayangan sepintas latar belakangku, gitu deh. Sempet ngobrol soal scammer cinta di internet.

Dulu aku memang pernah ketipu 500 US$. Ceritanya aku kan blogger,  jadi punya beberapa email ada yahoo, gmail dan hotmail. Yang di Yahoo dapat invitasi dari Badoo. Bener-bener gak ngerti blas soal kenalan dunia maya gitu waktu itu.
 
Ada orang yang mengaku orang Polandia di Malaysia, ngaku insinyur, masih berprasangka baik. Di belakang ada suara azan, sering telepon. Sampai akhirnya dia bilang mau ke Indonesia, dan mengirim barang ke aku. Dia kasih situs semacam ekspedisi (kayak JNE gitu) dan kode berupa nomor. Aku buka gambarnya kopor dari logam, terus si Polandia ini juga kirim email print tiket Air Asia jadwal dia mau ke Yogyakarta dan paspornya.

Setelah itu dia kasih tau, hasil kerjanya bertahun-tahun ada di kopor itu. Aku nunggu hari H, terus dapat email resmi menyatakan bahwa dengan koper itu tertahan di imigrasi Malaysia, kalau aku mengirim 500 US$ barang akan segera dikirim. 

Entahlah, aku bingung banget, ada dorongan kuat mesti mengirim. Akhirnya aku membongkar tabunganku dan kukirimkan lewat Western Union. Rasanya lega sesaat setelah mengirim uang, tapi abis itu aku sakit.

Ada temen SMPku yang pernah tinggal di Malaysia datang ke rumah, aku cerita soal pengalamanku itu, dan dia langsung bilang "itu pembohongan internet". Waktu itu aku gemeteran gak jelas banget. Kejadiannya aku ingat banget soalnya pas acara reuni 25 tahun SMA angkatanku, September 2012. Bahkan pas reuni si scammer masih nelponin aku.

Aku bergabung dengan romancescams@yahoogroups.com untuk mengetahui seluk-beluk scammer. Korban orang Amerika banyak banget, bener-bener diporotin uangnya sampai habis. Biasanya mereka dari Nigeria, Afrika Barat. 

Kenalan sama orang Indonesia, dan dia cerita sampai cerai ma suaminya. Pinjem uang di bank sampai milyaran rupiah untuk ke Inggris. Ceritanya dia pacaran ma orang Inggris, mendadak masuk UGD butuh uang sekian-sekian. Dokternya nelpon, lawyernya nelpon, pokoknya banyak peran pembantu yang terlibat. 

Cuman uangnya sudah balik modal. Soalnya aku terus bergabung dengan beberapa dating site. Gak tau curiousitynya tinggi banget, aku yakin pasti ada orang baik di dunia ini, tidak semuanya jahat. 

Kenalan sama orang Pakistan di Kanada, dia janji mau datang gak jadi. Ada yang dari Reunion Island, di peta di bawahnya Mauritius. Gak jadi datang, soalnya gak enak dia kirim 200 Euro. Ada orang Srilanka di California juga kirim 200 US$. Yah sudahlah, yang dulu ilang sudah balik modal.

Ngobrol sama buanyak banget laki-laki, perasaan deh. Lokal dan luar negri. Yang orang Indonesia kok ketemunya sama orang yang lagi drop bisnisnya, mencari wanita yang mau support supaya bisnisnya lancar lagi. Jadi carinya yang sholehah bukan yang matre, maunya gitu... entahlah ketemunya model gitu mulu.

Kalo orang luar ya macem-macem. Yang susah ya yang dapetin chemistry, sepaham soal kehidupan, dan nyambunglah. Sempet akrab, janji mau mengunjungi aku tapi batal kira-kira ada 5 orang.

Sampe aku nulis step by step cara mengajukan visa tunangan untuk ke Amerika, Inggris, Kanada, Aljazair (yang terakhir udah kuhapus).

Sekarang aku janjian ketemuan lagi sama seseorang tahun depan. Yah, makanya sekarang aku nyanyi lagunya Afgan terus

"Bila aku, bukan jalanmu, ku berhenti mengharapkanmu
Bila aku memang tercipta untukmu ku kan memilikimu
Jodoh pasti bertemu..."


Bila berkenan Page Facebook aku di LIKE ya, ini linknya www.facebook.com/RatnawatiUtamiPage atau klik pada gambar. Terima kasih


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

14 comments:

  1. banyak banget....., semoga kelak ALLAH gANti.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kan aku nulis ada yang ngirimin aku euro dan dollar juga... Ma kasih komennya, udah aku follow blognya

      Delete
    2. oh... Kirain yang balik modal tadi yang cerai ma saminya.... Maaf kurang fokus hi2, thanks udah follow..

      Delete
  2. wah banyak pengalamannya....
    Moga-moga orang lain dapat pelajaran dan manfaatnya juga :)

    Have a nice weekend :)

    ReplyDelete
  3. hehe, agak bingung bacanya dari kena tipu langsung dating site :D hahah. itu gimana bisa dikasih 200 euro mba ? seikhlas atau gimana ? *rada kurang fokus soalnya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, ceritanya kan umurnya sudah kepala 4 dianya, udah mapan. Mau menemui aku di Indonesia. Sempet kirim uang gitu, katanya buat uang saku umroh, aku cerita mau berangkat umroh, terus dikirimi Euro. Kalo yang di California itu sih, dia sempet ngajak kencan mau ketemuan di Indonesia, terus batal, padahal dia sempet kirim dollar. Ya gitu ceritanya. Yang di California masih berteman di Facebook, kalo yang kirim Euro masih berteman di Linkedln cuman gak ngobrol lagi.

      Delete
  4. Idem ma vera sitompul aku... agak bingung bacanya kenapa kena tipu terus ikut dating site terus kok bisa dapat kiriman 200 euro dan 200$....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya langsung dikirim. Prosesnya pakai chatting, beberapa bulan, video call. Gak kenalan di dating site langsung dikirimin gitu. Susah juga jelasinnya ya

      Delete
  5. Dulu juga pernah pas masih jaman SMA, sering dikirimi pulsa juga cuma terus Fenny cut setelah dia bilang mau datang ke Bali dan mau ngirim tiket perjalanan plus uang saku, ngeri aja kalau tiba-tiba pas ketemuan trus di culik

    ReplyDelete
  6. Wizz.. Seru banget hidupnya. :D

    ReplyDelete
  7. Wah, Mba berani banget bisa kenalan online gitu. Mana jauh2, beda budaya, negara dan sosial. Dulu paa masa2 pencarian, saya supeer selektif (ga bagus jg kali yah),malah menjalin hubungan dgn lingkungan terdekat aja rasa percayanya susah banget, soalnya kan menyangkut masa depan anak2 dan pol asuk entarnya. Sip! Terus positif dan move on, yah. Kureeen perjalanannya :)

    ReplyDelete
  8. Wahh harus hati2 kenalan sama orang di dunmay ya mak

    ReplyDelete
  9. gilee kak ratna banyak banget yang kakak kirim itu, semoga tuhan membalas nya ya kak.. amin...

    ReplyDelete