Cara efektif latihan Kegel

8 Comments

Aku mempelajari latihan Kegel lebih mendalam gara-gara aku kena anyang-anyangen (bahasa Jawa). Anyang-anyangen adalah otot saluran kencing melemah sehingga kita sering kebelet pipis, lalu saat di kamar mandi pipis yang keluar hanya sedikit.

Latihan Kegel dulu dikenalkan oleh Dr. Arnold Kegel untuk menguatkan otot Pelvic Floor. Dengan menguatkan otot Pelvic Floor maka akan mengurangi efek kebocoran pipis saat batuk atau bersin. Tapi bagaimanapun juga sebaiknya kalau kebelet pipis tidak usah ditahan-tahan kelamaan.
Latihan Kegel juga akan membuat wanita lebih menikmati hubungan seksual dengan suaminya. Sebetulnya laki-laki juga ada latihan melatih otot Pelvic Floor yang akan membuat kemampuan ereksinya lebih lama.

Tapi kira-kira stepnya adalah berikut, sumber dari http://www.wikihow.com/Do-Kegel-Exercises
  1. Carilah otot Pelvic Floor dengan menghentikan aliran kencing saat air kencing mengalir dengan deras. Otot untuk menghentikan aliran pipis adalah otot Pelvic Floor, tapi jangan melatih otot Pelvic Floor saat buang air kecil, lakukan dengan posisi yang tepat dan sedang tidak kebelet pipis
  2. Remas otot Pelvic Floor hingga mencapai 100 hitungan sehari.Bisa dilakukaan saat tiduran, duduk atau berdiri. Sebaiknya dilakukan secara pelan saat meremas sekitar 5-10 detik.
  3. Pastikan bahwa otot lain rileks, hanya otot Pelvic Floor yang bekerja. Otot pantat, perut, paha semua rileks saat melakukan latihan Kegel
  4. Atur napas dengan baik. Bernapas sampai dalam ke arah perut pelan-pelan dan keluarkan pelan-pelan. Tidak usah menahan napas atau menahan kontraksi otot, lakukan dengan meremas pelan-pelan lalu dilepas pelan-pelan.
  5. Bila melakukan kegel saat duduk, maka pastikan duduk tegak tidak bertumpu pada tulang ekor 
 Gambar dari 
http://empoweringwellnessnow.com/kegel-exercises-and-why-you-should-be-doing-them/kegel-exercises/

Memang tidak mudah untuk bisa langsung bisa melatih otot kegel secara efektif. Tapi manfaat yang begitu besar bagi yang berusaha akan bisa melakukan. Yang perlu dilakukan adalah pernapasan yang benar dan meremas lalu merilekskan otot yang benar

 
Gunakan napas melalui diafragma

  1. Tarik napas dalam-dalam melalui diafragma melalui hidung
  2. Keluarkan napas pelan-pelan dengan mulut, sambil meremas otot pelvic floor juga pelan-pelan
  3. Remas otot pelvic floor semakin kencang sambil terus mengeluarkan napas jangan menahan napas
  4. Rilekskan otot pelvic floor pelan-pelan sambil menarik napas melalui hidung



Petunjuknya ada di Youtube https://www.youtube.com/watch?v=ZXwZFX9R3PI dan https://www.youtube.com/watch?v=whzvSpl_s0M

Banyak orang melakukan kesalahan melakukan latihan Kegel. Gambaran paling tepat untuk melakukan latihan Kegel adalah setelah menemukan otot Pelvic Floor, pastikan otot Pelvic Floor meremas dan rileks, gerakannya seperti ubur-ubur. Sumber http://www.theglobeandmail.com/life/health-and-fitness/health-advisor/the-right-way-to-do-kegels-exercise-like-a-jellyfish/article17451679/


Di bawah ini ada video melatih otot Pelvic Floor yang sederhana. Latihan pertama lebih ringan, latihan kedua lebih berat intensitasnya karena kaki ditaruh di atas bola, atau juga bisa menggunakan kursi. Perlu diingat bahwa saat mengangkat panggul otot Pelvic Floor yang bekerja. Sumber video dari sini http://www.youtube.com/watch?v=HZAGRlvCM_k



Yang ini latihan untuk laki-laki sumber http://www.youtube.com/watch?v=eNvBN5kMYe0


Ini wawancara aku dengan Fifi Aleyda Yahya di Youtube, acara Sudut Pandang Metro TV 29 November 2014.


Bila berkenan silakan klik LIKE Ratnawati Utami Page, terima kasih

Amy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

8 comments:

  1. hehe, saya yg cowo saja kadang anyang anyangen je,

    ReplyDelete
  2. saya pengin latihan kegel tapi butuh guru yang langsung membimbing

    ReplyDelete
  3. kegel gini bisa juga ya buat cowok latihan biar makin lama kalo lagi main2 sama istri diranjang?

    ReplyDelete
  4. Mksutnya meremas otot pc tuh gmna ya mbak

    ReplyDelete
  5. kalo untuk pria, sambil senam kegel, dibantu jg dengan obat olesnya...
    Salah satu solusinya bisa dibantu dengan gambir serawak, nanti kalo udah pede bisa coba tanpa bantuan obat olesnya... :)

    ReplyDelete