Cara jogging yang efektif

Leave a Comment
Dulu pas SMA, sekitar 20 tahun yang lalu (lama juga ya, betapa tuanya aku, sudah bau tanah) kakakku yang penerjun payung sering mengajakku jogging di pagi hari. Dia lari bawa gendongan di ransel sekian kilo, aku enggak.

Bulan April tahun lalu aku umroh, aku mempersiapkan diri dengan jogging sejak akhir tahun 2012. Tapi belum lama aku mempelajari cara jogging yang benar dan efektif. Selain otot yang tepat yang bekerja juga menghindari cedera.

Tips jogging yang benar:
  1. Postur tubuh yang benar, dada dibusungkan, perut ditarik ke dalam
  2. Yang menapak pada tanah adalah depan telapak kaki
  3. Saat menapak kaki langsung memantul bukan seperti dijatuhkan ke tanah dan berbunyi keras
  4. Betis dilempar ke belakang agak tinggi
Ini adalah contoh foto sebelah kiri saat sebelum dilatih, sebelah kanan setelah dilatih. Sumber dari http://www.youtube.com/watch?v=XrOgDCZ4GUo


                                SEBELUM                                SESUDAH



Perlu waktu transisi untuk merubah kebiasaan lari agar otot yang digunakan lebih efektif dan mengurangi cedera. Selamat berlari...


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment