Macam-macam herbal untuk kulit dan rambut agar lebih sehat

4 comments
Pernah di sekolah tempat aku mengajar dokter gigi muncul datang dengan wajah penuh bintik-bintik merah. Tanpa ditanya beliau cerita, tadinya pake paket kosmetik klinik kecantikan yang terkenal dan harganya mahal. Setelah berhenti memakai, periksa ke dokter kulit ternyata kulitnya menipis, jaringannya rusak. Selama menggunakan produk kosmetik itu sih kulitnya kinclong banget.

Ada lagi yang datang ke rumahku beli VCO. Kulitnya kehitaman, pori-pori membesar dan kusam, walau tanpa jerawat. Ceritanya dia juga ke klinik kecantikan, waktu di warning sama temannya, dulu katanya kan di klinik kecantikan ada dokter kulitnya. Kulit kinclong hanya bertahan setahun, setelah itu baru sadar jaringan kulitnya menipis dan rusak.

Kalau mau mencari thread di Female Daily, di sana banyak pengalaman kasus krim kosmetik abal-abal yang dijual di internet. Sempat laris banget krim liur walet dijual online, ternyata setelah dipake malah bikin "lieur".

Aku memang sejak lama tertarik dengan herbal. Memang butuh waktu lebih lama dan ketelatenan dibandingkan dengan paket kosmetik dari klinik. Hasilnya juga tidak sekinclong atau putih mengkilap kayak suntik putih. Tapi aman dipakai jangka panjang.

Sebetulnya kalau ingin kulit dan rambut sehat, adalah dengan banyak makan makanan bergizi. Banyak makan sayuran, buah, protein. Mengurangi makanan gorengan (apalagi gorengan pinggir jalan), kalau menggoreng gunakan minyak goreng kelapa dari VCO atau minyak zaitun. Banyak minum air putih. Rajin berolahraga. Tidak mudah memang, tapi itu kenyataan, semakin  sehat gaya hidup, semakin sehat kondisi kulit dan rambut. Herbal dari luar sifatnya hanya membantu saja.



Aku akan menceritakan pengalamanku menggunakan herbal di atas. Aku juga menulis blog tentang herbal, klik gambar di bawah ini

Klik pada gambar ini untuk menuju link blog tentang herbal

Virgin Coconut Oil (VCO)

Aku pribadi menggunakan VCO dalam jumlah banyak. VCO adalah minyak yang dibuat dari kelapa tanpa dipreses melalui pemanasan, ada beberapa metode. Santan dari kelapa segar (bukan kopra) dikocok, lalu setelah terpisah minyaknya diambil, jadi diproses dalam keadaan dingin. Atau untuk VCO kw2 yang digunakan untuk memasak, santan dipanaskan dalam suhu rendah dalam waktu yang lama.

VCO mengandung asam laurat (tidak didapatkan pada minyak kelapa yang didapat dengan proses pemanasan). Rantai molekul pendek, meresap ke dalam kulit sampai dalam. Walau bentuknya minyak, tetapi tidak menyumbat pori malah memperbaiki kondisi sel kulit.

Di negara maju VCO digunakan sebagai campuran kosmetik yang berbahan baku alami. Sementara orang-orang di Indonesia, malah sibuk mencari kosmetik ajaib yang kandungannya tidak jelas yang penting bikin kinclong walaupun hanya sementara. Kalau kulit sudah rusak tidak bisa diperbaiki, dikasih dempul tebal seperti concealer atau alas bedak untuk menutupi masalah kulit.

Beberapa celebrities dunia yang menggunakan VCO.


Di Jogja ada pabrik yang memproduksi kosmetik mengandung VCO. Beberapa produknya malah murni hanya VCO dan minyak esensial tanpa bahan kimia sama sekali. Klik gambar di bawah untuk menuju linknya.
 Klik pada gambar untuk menuju link blog kosmetik mengandung VCO

Spirulina

Spirulina disebut makanan super. Tidak hanya dikonsumsi saja, tapi juga sangat baik untuk masker wajah. Serbuk spirulina diberi air mineral lalu dijadikan adonan pasta kental. Dioleskan ke wajah, juga tangan kaki, kalau memang memungkinkan seluruh tubuh. Setelah itu dibilas dengan air. Langsung terasa kulit menjadi lebih lembut dari sebelumnya. Cocok bagi yang tidak suka kulitnya terasa berminyak bila menggunakan herbal berbentuk minyak


Petunjuk di Youtube juga ada 



Minyak zaitun

Minyak zaitun yang baik untuk kulit adalah yang jenisnya extra virgin olive oil. Dapat banyak ditemukan di supermarket besar. Sangat baik untuk kulit, juga untuk campuran masker. Tetapi kurang cocok untuk kulit berminyak karena dapat menyumbat pori-pori. Sebaiknya untuk kulit kering.

Minyak zaitun bila dioleskan pada rambut berkutu bisa membunuh kutu. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan helai rambut, biarkan semalaman lalu dicuci. Bisa diulang beberapa kali sampai kutu dan telurnya habis. Pernah dengan seijin orang tua, guru di sekolah mengoleskan minyak zaitun pada murid yang rambutnya ada kutunya. 

Habbatussauda

Habbatussauda bila dikonsumsi bersifat detoksifikasi tapi ringan. Sehingga bermanfaat bagi yang menderita penyakit ringan, bukan yang parah. 

Minyak habbatussauda lebih efektif dibandingkan yang serbuk. Bila dioleskan pada wajah akan membuat kulit jadi terasa lembut. Ditambahkan minyak zaitun bila kulit kering, atau VCO untuk semua jenis kulit. Minyak habbatussauda akan membuat kulit lebih lembut bila dioleskan ke kulit, walau baunya agak kurang enak. Karena VCO dan minyak zaitun walau bermanfaat bagi kulit tapi efek melembutkan dan menghaluskan kulit lebih terasa bila ditambahkan minyak habbatussauda.

Fenugreek 

Semua herbal bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, dengan dipijatkan di kulit kepala. Tapi aku pribadi yang mengalami rambut rontok bertahun-tahun paling cocok dengan Fenugreek. Kapsul berisi fenugreek dibuka, tambahkan air sampai berbentuk adonan kental. Lalu tambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun.



Propolis

Propolis adalah produk lebah selain madu. Peternak lebah biasanya selain menjual madu, juga ada produk lebah lain yaitu royal jelly, bee pollen dan propolis. Aku memilih propolis yang tanpa wax, jernih bila dimasukkan dalam air tidak keruh.

Waktu jempol kakiku teriris setebal hampir 3 mili, sepanjang 1,5 cm, aku hanya mengguyurkan beberapa tetes propolis di luka lalu ditutup dengan kain kasa steril. Setiap hari selama beberapa kali minum campuran propolis, madu dan air, diaduk tidak boleh menggunakan sendok logam. Alhamdulillah kulit kakiku menutup lagi. Ada cerita orang tua murid yang saat luka kakinya dibawa ke rumah sakit, dibersihkan, ditutup lalu dijahit. Padahal sudah disuntik anti tetanus, minum antibiotik. Selang beberapa minggu malah infeksi dan lukanya mesti dibuka lagi, dibersihkan, ditutup, mulai dari awal lagi.

Gamat Gold

Gamat atau Sea Cucumber adalah binatang laut yang bila terpotong 2 akan hidup lagi menjadi 2 bagian. Mempunyai kemampuan regenerasi sel yang sangat cepat.

Walau diklaim banyak mempunyai manfaat bila dikonsumsi rutin, aku menggunakan gamat serbuk ditambah air lalu dijadikan masker semalaman. Baunya memang kurang enak, tapi dibanding herbal lain, seperti VCO, habbatussauda, propolis yang bisa untuk mengurangi jerawat, masker dengan Gamat paling cepat mengatasi jerawat.

Ada seorang yang rajin membeli produk kosmetik dengan VCO tanya, pakai apa untuk mengatasi jerawat aku sarankan menggunakan masker dengan serbuk gamat dicampur air dibiarkan semalaman. Hanya sekali penggunaan masker, besoknya dia cerita kalo temen kosnya ikutan juga, soalnya melihat mukanya jadi lebih cerah. Mungkin karena jarang ke salon atau jarang discrub jadi wajahnya langsung kelihatan cerah dengan sekali penggunaan masker. Tapi mesti berhati-hati apabila alergi dengan makanan laut.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments:

  1. ternyata minyak kelapa memiliki khasiat yang baik untuk rambut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi minyak kelapa yang diproses tanpa dipanaskan bukan seperti minyak kelapa yang diproduksi di pabrik besar untuk dijadikan minyak goreng. Pastikan minyak kelapanya Virgin Coconut Oil

      Delete
  2. huu iya susah banget buat ngembaliin rambut berkilau kalau rambut aku gini :(

    ReplyDelete
  3. wah bagus yaa rambutnya biar bisa banyak model dulu :)

    ReplyDelete