RIngkasan diet OCD a la Deddy Corbuzier

October 04, 2013 Amy 5 Comments

Barangkali kehebohan diet OCD sudah lama, tapi sini aku mencoba membuat ringkasan dari yang aku pahami.

Di e book tentang OCD, Deddy Corbuzier menyatakan tidak boleh menggunakan tulisannya untuk dicopy kecuali untuk pribadi atau review. Dan ini adalah review.

Deddy Corbuzier terinspirasi dari puasa biksu Shaolin. Lalu mencoba mempraktekkannya, dan bila dilakukan dengan benar akan mendapatkan hasil dalam waktu singkat. Lemak di tubuh berkurang dan lebih mudah untuk membentuk otot.

Sumber : http://www.readyforfit.com/#/



Puasa dalam OCD berarti tidak ada asupan kalori apapun selama masa puasa. (Boleh minum air putih, teh, permen 0 kalori, tapi buah, susu tidak boleh)

Waktu puasa untuk selama 24 jam ada beberapa variasi

1. Puasa jendela makan
- 16 jam (jendela makan 8 jam)
- 18 jam (jendela makan 6 jam)
- 20 jam (jendela makan 4 jam)

Misalnya mengambil puasa 16 jam, berarti selama 16 tidak makan tapi boleh minum yang tanpa kalori, lalu setelah itu boleh makan (jendela makan) selama 8 jam dengan catatan tidak rakus.

2. Puasa 24 jam
Selama 24 jam tidak mengkonsumsi yang berkalori, boleh makan sekali.

3. Gabungan puasa 24 jam dengan puasa jendela makan
Boleh mulai dari puasa jendela makan paling ringan 8 jam atau langsung ke jendela makan 4 jam sesuai kemampuan. Digabungkan dengan puasa 24 jam seminggu 2-3 kali akan mendapat hasil terbaik.


Olahraga di saat perut kosong

1. Gunakan teknik pernapasan yang benar, tarik napas dalam sampai ke perut saat berolahraga

Sebelum berolahraga, tarik napas perlahan-lahan dengan pernapasan perut selama 20 detik, tahan 10 detik, lalu lepaskan perlahan-lahan selama 20 detik. Lakukan selama kira-kira 5 menit

Saat berolahraga, tarik napas dalam, kencangkan otot. Masih ditahan napasnya, kendurkan otot. Baru keluarkan napas perlahan-lahan.

2.  OCD 7 minutes work out (O7W)

Jumping jacks 30 detik untuk melatih seluruh otot
Posisi duduk menahan tubuh di tembok 30 detik untuk melatih otot bawah
Push up 30 detik untuk melatih otot atas
Crunch perut 30 detik untuk melatih otot tengah pada perut
Naik turun kursi atau tangga 30 detik untuk melatih seluruh otot
Squat 30 detik untuk melatih otot bawah
Trisep dengan kursi 30 detik untuk melatih otot atas
Planking 30 detik untuk melatih keseimbangan otot
Lari di tempat 30 detik sebagai bentuk kardio
Lunge 30 detik untuk melatih otot bawah
Push up dan rotasi 30 detik untuk melatih otot atas
Side planking 30 detik untuk melatih seluruh tubuh








3. Latihan beban
Ada penjelasan mendetail tentang bagaimana latihan beban OCD, tapi tidak ditulis di sini

Menurut Deddy bila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh akan membuat lemak tubuh cepat berkurang, massa otot bertambah, dan wajah tampak kelihatan lebih muda.

Aku pribadi akan mencoba jadi mungkin, ya... mungkin ada lanjutan dari artikel ini...

Update OCD hari ke 10

5 comments:

  1. pengen menerapkan, tapi agak susah sihhhhhhhh.

    tapi tetep semangat

    ReplyDelete
  2. Semangaaattttt.....mbak utk mencobanya

    ReplyDelete
  3. Baru ga sarapan 3-4 hari aja udah terasa nih...

    ReplyDelete
  4. Teman2ku sudah banyak yang mencoba diet OCD ini.
    Tapi berat menurutku hehehe

    ReplyDelete