Sedekah ilmu dapat rejeki tak disangka-sangka

22 comments
Kaget aku pagi-pagi subuh-subuh terbangun oleh dering telpon. Ternyata dari keponakanku yang hanya bisa nelpon sebentar menyampaikan kalo dia mau ke Kalimantan. Aku memang deket banget sama keponakanku yang satu ini. Kalo nelpon sama dia bisa jam-jaman.

Pernah dia ganti nomor provider lain akhirnya nyerah ganti dengan provider yang sama denganku. Aku akhirnya bilang "kangen kan sama aku, pake nomor lain gak bisa nelpon aku". Dia jawab "tau aja...". Aku balas dengan ketawa...

Sempat kerja di Jakarta tapi gak betah, ingin nemenin ibunya di daerah Jawa Timur. Soal jodoh memang kurang beruntung. Makanya ujung-ujungnya curhat ke aku, ngobrol ngalor ngidul gak jelas.

Aku bilang ke dia menikah itu menyempurnakan dhien, menyempurnakan agama. Tapi tentunya apapun yang terjadi tetap berprasangka baik pada Allah. Menerima segala sesuatu yang digariskan. (Sok bijak banget, maklum dong yang lebih tua mesti mengingatkan yang lebih muda, walaupun yang lebih muda jaman sekarang jauh lebih pintar dalam hal teknologi).

Keponakanku ini gak betah di Jakarta soalnya antara hasil yang didapat dan dikeluarkan rasanya gak imbang. Gak bisa nabung. Inginnya punya pekerjaan yang penghasilannya bisa ditabung untuk modal nikah (kalo nemu katanya), paling tidak aku sarankan untuk berbakti pada ibunya yang sendirian karena bapaknya sudah meninggal.

Di rumahnya daerah Jawa Timur dia memutuskan untuk belajar Islam lagi, dan mengajar mengaji ke anak-anak. Tiap dapat pemahaman baru nelpon ke aku diskusi soal Islam. Malam tahun baru kemarin aku yang nelpon dia lama, biasanya gak lewat 5 ribu sekitar 2 jam, ternyata nyampe lebih dari 20 ribuan. Tapi gak rugilah, mendengar dia bisa ketawa, dan sekarang aku mendengar dia mendapat pekerjaan yang diharapkan.

Pekerjaan ini bukan hasil melamar sana-sini tapi karena dengan mengajar mengaji pada anak-anak, dia ditawari bekerja di suatu perusahaan minyak. Aku rasa ini karena dia sedekah ilmu, lalu mendapat rejeki tak disangka-sangka. Bahasa sononya Give and Receive.

Semoga cerita ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang sedang berjuang untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Berbagi pada yang lain akan memudahkan hidup kita, setuju gak???

Sumber gambar dari sini
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

22 comments:

  1. biasanya memang sudah ilmunya begitu, perbuatan yang baik akan berbalas dengan yang lebih baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hukum Miracle of Giving itu pemberian balasannya bisa berlipat-lipat

      Delete
  2. aku juga mencoba seperti itu melalui internet, berbagi ilmu (insya allah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku juga berusaha begitu. Hari ini banyak posting jadinya di blogku yang WP

      Delete
  3. Replies
    1. Iya, semoga bisa menginspirasi yang lain

      Delete
  4. setuju mba,berbagi itu setiap saat tanpa pernah kenal waktu karena itulah arti berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. offline lebih baik, sesekali baru online, jangan kebolak-balik...

      Delete
  5. setuju..!, mgkn curhat-curhatan termasuk meringankan beban pikiran, jd sama aja dgn membantu sesama... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membuat orang lain senang juga sedekah, ya kan..

      Delete
  6. Ilmu yg baik adalah ilmu yg dibagi, tdk akan berkurang malah akn bertambah, justru berlipat2.. nice posting, bs jd renungan bwt orng2 yg menyimpan ilmunya rapat2 :)

    ReplyDelete
  7. Makanya jangan pelit berbagi ya, Mbak. Punya ilmu segudang nggak disebarkan atau diamalkan percuma. Mending punya pengetahuan semangkok tetapi bisa dibagi ke banyak orang. Pengetahuan nggak habis dan malah bisa berkembang, kawan makin banyak. Rejeki insya' Allah mengikuti.

    ReplyDelete
  8. tapi mbak juga pinter kan? ga kalah sama yang muda. soalnya kan punya blog. hahhaa

    ReplyDelete
  9. kata ustad yusuf kan begitu, banyaklah bersedekah insyalloh rejeki lancar dan mudah..

    ReplyDelete
  10. insya alloh bermanfaat.. dan emang Alloh bakalan kasih gantinya.. asal ikhlas dan percaya ya tho?.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah, ikut seneng mbak
    tanpa melamar sana sini dapat.

    ReplyDelete
  12. sesuatu yang ditulis dari hati yang tulus akan berguna bagi orang lain

    ReplyDelete
  13. salam sahabat
    menjadi sebuah keajaiban tersendiri kalau begitu ya mbak

    ReplyDelete
  14. Wahhh kalau sedekah memang berbalik ya mbak...
    Bakal dapet yang lebih banyak lagi ^^

    ReplyDelete
  15. asalkan kita ikhlas Allah akan menggantinya dengan berlipat-lipat ganda,,

    ReplyDelete