Ngatasin dobel komen karena pake HP dan postingan anonim

21 comments
Sekarang aku nulis postingan ini pake hape Nokia C3ku. Takjub juga dengan mas Rawins dengan Xperia SEnya bisa upload foto, di C3 nyoba upload fotonya gak muncul, padahal ada menunya.

Selain gak bisa upload foto juga gak bisa ngelink. Padahal aku udah ngempet pengen bikin postingan yang mau copy paste dari komentar yang aku moderasi gara-gara dia emosi ngatain aku orang gila. Udah gak kaget lagi kalo suatu ketika dia ngilang dari ngeblog gak orang yang penuh dengan energi negatif tidak akan tenteram hidupnya. Jadi ingat beberapa temen blogger ngilang karena masalahnya masing-masing. Ada sih yang karena sibuk di dunia nyata, tapi ada juga yang paranoid sendiri gak jelas.

Komentar di blog di hape juga suka dobel-dobel. Beberapa waktu yang lalu hapeku sempet diservis, balik servis surprise soalnya tampilan blogspot jadi versi mobile kayak wordpress. Tapi ternyata kadang-kadang komen lewat versi mobile suka gak nongol, suka ngulang berkali-kali tetep gak muncul. Baru muncul kalo komen di TAMPILAN WEB.

Barusan aja aku komen di blognya Nuel dia review blog seorang blogger pake bahasa Inggris. Lulusan psikologi tapi ngambeg ngeblog lagi gara-gara anonimnya kebongkar. Jadi ingat @Poconggg. Cuman blog yang direview Nuel ini kayaknya yang ngebongkar gak sengaja. Kalo @Poconggg nyante aja kebongkar, bukunya yang terjual fantastis sampe tercetak berulang-ulang sudah menebalkan isi dompetnya. Tapi kalo yang bukan seleb, apa sih ruginya anonim kebongkar? Emang bakal dikejar-kejar wartawan?

Aku komen di blognya Nuel panjang lebar, udah coba aku edit, eh masih ketulis dobel juga. Sebetulnya caranya agar gak dobel mudah PREVIEW trus EDIT baru PUBLISH. Cuman yah, kadang kadung keklik PUBLISH.

Aku cukup tau banyak soal Nuel, dulu dia kasih aku award dengan alasan (bercanda sih), ini daftar nama yang terus-terusan komen di blogku sampe aku bosen. Beberapa kali aku posting dengan judul Nuel di blogku ini, ada yang masuk ke Popular Post, keywordnya sih FOTO PRE WEDDING bukan nyari Nuel, hehehe.

Aku juga pernah merasakan kegelisahan Nuel waktu dia sempet mau ngambeg dari ngeblog. Udah aku hapus, Nuel minta aku nutup kotak komen, tapi untuk hargai Nuel aku hapus saja postingannya. Ternyata malah di blog mbak yang dia review dia cerita masalah dia mau ngambeg itu.

Ada blogger lain yang ngambeg, bukan ngambeg ngeblog, ngambeg dikomentari. Pernah aku baca di Tweetnya kira-kira gini "komentar sih sebetulnya cuman basa-basi doang". Sekarang blognya gak ada kotak komentar. Tweetnya gak jauh dari menggalau. Katanya emang gak boleh menggalau. Menurut aku sih ajaran Islam mengajarkan terus menyambung ukhuwah dan silaturahmi. Selain itu juga supaya selalu optimis "sesudah kesulitan ada kemudahan". Kayaknya cara berpikirnya mesti dirubah, tapi gimana mau dikasih support, menggalaunya menjauh dari sobat bloggernya yang lama, gak mau gabung lagi, gak mau ngobrol lagi.

Barangkali aku terlalu semangat ya dengan para komentator, hehehe... Sampe-sampe ada komentar jawabannya aku bikin postingan khusus. Yenny Hamida tentang Parang Tritis, Ajeng tentang kurma Ajwa, tapi karena keterbatasan ngeblog dengan hape sekarang nulis yang enteng-enteng aja di blog ini.

Kalo nulis yang berat (kata John Terro loh) di blogku yang lain www.amiratnawatiutami.blogspot.com. Sehari bisa banyak postingan di blog itu. Gak peduli ada yang komen ato enggak. Ntar tulisan di blog itu dipindah ke blog www.ratnawatiutami.wordpress.com setelah diedit seperlunya, tanpa kotak komentar di sana, untuk diprint dikasihin ke ke teman-teman deket.

Wah, ini curhat yang panjang untuk sebuah penjelasan tentang komentar melalui hape. Pada dasarnya buatku ngeblog untuk kepuasan batin, berusaha sharing ke orang lain, memberi informasi bagi yang butuh, support apapun yang bisa diberikan. Dan support ke orang lain itu susah kalo anonim, itu menurutku loh...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

21 comments:

  1. sulit juga jika harus mempelajari semua pribadi :D
    saya juga merasa bingung dengen anonimus dan tingkat privasi para blogger
    ada yang suka dikorek, ada yang cuma suka dielus-elus, kalo digelitiki dikit udah ga mau
    tapi itulah manusia :D
    ada fase di mana dia sangat sensitif :)

    ReplyDelete
  2. Mslhku jg itu mbak, comment dobel tp aq cpt2 copy terus tak paste. Nah ntar hasilnya ga dobel hehe

    ReplyDelete
  3. kita samaan mbak. aku juga kalo ada yang perlu penjelasan panjang, pasti ku buta postingan khusus buat jawabnya. heheehe.......

    ReplyDelete
  4. aku pernah nulis dari hp tapi malah gak ke publish, di draft pun gak ada..bete banget,hahha..

    klo sih roh jibril itu sih kelihatan banget nipunya..wkk,

    ReplyDelete
  5. wah, kok permasalahannya sama seperti hpku juga ya,, sering dobel-dobel kalo komen..

    ReplyDelete
  6. Aku gak bisa posting via HP mbak, karena cuma terbatas 512 karakter saja. Aku gak tahu bagaimana caranya agar jumlah karakternya berubah jadi banyak. Itu makanya aku heran dan iri pada blogger2 yg bisa dg mudah posting via HP. Apa karena HPku tidak 'canggih' ya? :(

    ReplyDelete
  7. kalo one pke teknik coppas aja untuk ngatasin masalah ini..
    Hehehe

    ReplyDelete
  8. absen,, waduh maav baru bisa mampir lg jaringna lg kacau,, oalah saya blm perna ngerasain hhehe

    ReplyDelete
  9. Kalau saya sih selain untuk sharing, ngeblog juga untuk menambah jalinan silaturrahmi karena punya kesamaan dan kesenangan di dunia blog, ya ngeblog itu sendiri.

    ReplyDelete
  10. setuju sama john terro.aku juga bingung kenapa ada blogger2 seperti itu... apalagi yang usianya diatas 20.. ya ampun... udah gede tapi masih aja terus bersembunyi di balik topenhgnya dia. kayaknya takut gitu sama hal2 buruk yang terjadi... :D

    ReplyDelete
  11. Iya yuh mbak.. aku juga sering komen pake hape jadinya dobel2 geje gitu deh.. tapi seh posting rada males klo lewat hape.. :)

    ReplyDelete
  12. walau pake hp, tapi tetap blogwalking lho mbak, semangat ya...

    ReplyDelete
  13. daku pribadi mah gak pernah posting pake hp,gak telaten.love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  14. privasi memang musti dihargai, kalau memaksa diri salah-salah kita termasuk orang yg suka mencari-cari rahasia, dosa itu

    ReplyDelete
  15. Saya pake Operamini sering double.. ow, diprev n edit dulu tho... thanks, thanks.

    ReplyDelete
  16. he.. eh karena masing2 orang punya kepribadian yg gak bisa ditebak jadi biarpun kita udah berusaha menghargai mereka kadang mereka tetep cuek bebek mbak... aku malah parah lagi baru semalem nih akun Email sama blog2nya di ambil orang baru aja tadi siank aku pulihin sayang Akun AdSense yg raib dan sementara aku gak pasang dulu deh, sayang klo ke Banned lagi :)

    Eh itu si anonim yg di blog mana ini apa punya nuel yg terkuak? aduh ketinggalan jauh nih aku cerita di dunia blogging haha...

    Eh tapi btw, klo tentang Double koment aku juga sering tuh klo ngeblog pake HP, dikira cuma di HP ku tayang gitu eh pas buka pake PC sama tayang double juga... makanya klo pake HP aku lebih suka ngeblog pake Wordpress Mbak, lebih gampang ada aplikasinya, klo pake Blogger HP-ku gak support sama aplikasi resmi Google klo mau lewat Browser pasti mesti pake 2 browser buat upload foto haha... jadi milih libur deh aku klo gak bisa ngeblog pake PC atau laptop :)

    Eh kepanjangan nih jadinya... met aktivitas deh :)

    ReplyDelete
  17. posting pake hape ? klo aku sih nggak telaten.
    btw, itulah uniknya manusia mbak, memiliki karakter yang berbeda-beda, bikin hidup lebih hidup mbak....

    ReplyDelete
  18. kalo susah pasang gambar, posting lewat email saja
    subyek email jadi judul
    isi email jadi postingan
    dan gambar yang mau dipasang jadiin lampiran email
    coba gih..

    ReplyDelete
  19. hahaha inti tulisannya sudah saya tangkap dengan jelas kok mbak Ami.. masih mangkel ma rohjibril.. dan kangen ma..???? ups..

    ReplyDelete
  20. jangankan pakek hape mbak. gara gara internet lemot aja mpe dobel dobel gak sengaja.... :D

    Oh iya kabrnya postingan mana yang ada rohjibrilnya saya penasaran..? :D

    ReplyDelete