STMJ

17 comments
Katanya sih kalo nyari STMJ banyak dijual di angkringan. DI Jogja banyak angkringan. Aku jarang banget ke angkringan. Pernah sih sekali dua kali tapi gak sering-sering amat. Temen-temenku suka nulis status FB yuk ke angkringan Lik Man dekat stasiun Tugu. Trus akhirnya pernah sekali diajak sama tetanggaku bareng suaminya abis pengajian pulang malem ke Lik Man, ternyata Lik Man itu rentetan angkringan. Yang mana Lik Man asli gak tau. Yah, cuman sekali itu aja ke Lik Man malem-malem. Di angkringan kebanyakan mahasiswa, dan ada yang lesehan misbar gitu alias gerimis bubar.

Aku penggemar wedang jahe, bukan STMJ. Tapi akhir-akhir ini cocok dengan jahe serbuk yang mengandung habbatussauda, batuk yang sampe gatel di tenggorokan alhamdulillah sembuh minum itu beberapa sachet.

Nah, istilah STMJ ini denger dari pengajian di masjid Diponegoro tadi pagi. Singkatannya Shalat Terus Maksiat Jalan.

Pembicara cerita, pernah ceramah di daerah PSK. Trus ada yang sampe nangis datengin pembicara ingin bertaubat, merasa berdosa. Tapi ternyata mereka pake syarat taubatnya, misalnya ntar kalo udah ngumpulin duit segini. Ada suami yang mau nikahin.

Pembicara cerita menawarkan siapa mau jadi pahlawan dengan menikahi PSK yang udah taubat. Tapi pembicara masih ngerasa belum sanggup untuk jadi pahlawan model yang ini.

Taubat itu seharusnya bukan hanya ide, tapi segera dilakukan. Dengan segala resiko kehilangan banyak hal. Penghasilan, ganti penampilan, cara bersikap.

Oh ya, juga dijelaskan tentang kesabaran tanpa batas, jangan menyakiti hati orang lain, memaafkan siapapun yang menyakiti hati seberat apapun. Itu membuat hidup enteng. Tapi memang ada kecenderungan manusia untuk marah, tapi sebaiknya segera diredam dan istighfar agar qolbu tidak banyak noktah hitamnya.

Aku jadi ngerasa masih banyak salah. Tulisan di blogku jadi bukti tentang caraku bersikap yang keliru selama ini. Hidup itu memang perlu berproses, tapi jangan kelamaan memulai prosesnya. Jadi ingat pernah pas mimpi aku ada ada di bangku sekolah ada Brad Pitt bawa penggaris panjang. Waaa... Bangun langsung terengah-engah nyari fotoku yang udah diwisuda. Kata temenku yang indigo dewasa (bijak, punya emosi yang stabil) itu tanda aku mesti sekolah kehidupan. Hmmm... Jadi kangen sama Brad Pitt...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

17 comments:

  1. Wah, saya kira STMJ itu susu telor madu dan jahe..., rupanya ada pemaknaan lain ya.

    ReplyDelete
  2. @ Cahya, iya... Hehehe... Lebih suka wedang jahe sama gula doang

    ReplyDelete
  3. STMJ... kirain saaya itu nama makanan #hadoh

    ReplyDelete
  4. @ Nuel, kue jahe kali, hahaha...

    ReplyDelete
  5. klo say taunya STMJ sholat terus maksian jalan. yang berarti shalatnya itu kurang betul karena shalat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar.

    saya masih STMJ hehehehe....
    penginnya sih STMM Sholat tanpa Melakukan Maksuat tapi ko susah ya.

    ReplyDelete
  6. setuju sama mas Baha ... mengenai hal hal yang kadang diremehkan atau hanay sebatas ritual saja tapi tak pake hati dalam menghadapnya ..saya juga perlu menata diri ..setiap orang pun harus menata diri ...

    ReplyDelete
  7. STMJ shalat terus maksiat jalan , setuju sama kang brigadir kopi, seperti nya memang saya & setiap orang menata diri,,,,,,, semoga saja kita mampu berbenah

    ReplyDelete
  8. Kalo STMJ yg seperti itu, berarti ada yang kurang benar.. (ikut ikutan Mas Brigadir kopi, hehe)

    ReplyDelete
  9. salah denger saya deh.. hehehe... dbetulin yah.. micnya timbul tenggelam suaranya

    ReplyDelete
  10. STMJ, dari jaman SMA sih saya kenal singkatan ini. joke pak ustad kenapa koq banyak orang shalat tapi kejahatan tetep aja banyak...

    kalo STMJ beneran, saya suka.. disini banyak lo yang jualan Mi.

    ReplyDelete
  11. waduh... amit2 deh... smg aku dijauhi dgn hal yg begitu... Smg Allah selalu membimbing kita menuju jalan Nya...

    ReplyDelete
  12. ga bisa kalo sekedar ceramah doang
    kebutuhan perut mereka juga perlu diperhatikan
    gimana otak dan hati bisa tergerak
    bila perut masih saja lapar

    ReplyDelete
  13. jiahhh tobat aja pkek syarat aneh² saja,,,ada lagi stu singkatan STMJ = Selalu Telat Masuk Jamban" wkwkwkw

    ReplyDelete
  14. Kalau di kampus saya kepanjangannya Semester Tujuh Masih Jomblo.

    ReplyDelete
  15. kirain mo ngbahas minuman,huhu
    kalo t0bat pake syarat klamaan,
    :D

    ReplyDelete
  16. Berbahagialah orang yang khusyu' dalam sholatnya. Khusyu' lahir batin yang dengan itu mampu meresapi setiap kata yang terucap sehinnga seluruh sel tubuh ikut merasakan bermunajad pada Illahi, ketika kondisi sudah seperti inilah maka sholat itu mampu mencegah perbuatan keji dan munkar. Insya Alloh

    ReplyDelete
  17. Di zaman sekarang ini, kayaknya hampir sulit ya mbak menghindari maksiat, walau solat jalan terus >.<
    Atau memang salah di orangnya ya? >.<

    ReplyDelete