Madu asli, royal jelly, bee pollen dan propolis

14 comments
Sebelum ini aku pernah cerita soal minyak zaitun. Soalnya aku seneng nyobain macam-macam minyak alami baik untuk dikonsumsi atau untuk perawatan tubuh. Gak semua sih pernah dicoba, kadang cuman dibaca referensinya aja. Aku cocoknya sama minyak zaitun jenis extra virgin olive oil, atau EVOO.

Oh ya, di postinganku sebelumnya, maksud dari revisi tulisan di blog ini bukan dihapus atau tulisan lama diganti kalimatnya. Tapi aku mengambil ide dari tulisan lama terus ditulis lagi di blogku yang lain.Tapi tulisan di blog ini yang marah-marah udah banyak yang aku hapus, hehehe.... Apalagi tulisan ngaco sehari pernah sampe pernah lebih dari 7 postingan menghalau memori buruk yang muncul.

Aku juga suka minum air diberi campuran madu. Madu asli itu memang harganya mahal, disebut madu organik. Ada madu dari lebah hutan, ada juga lebah budidaya. Warna madu asli yang baik itu gelap, tapi ada juga yang cerah. Madu kalo diberi air maka airnya menjadi keruh. Kalo aku lagi ada uang beli yang mahalan, kalo duit pas-pasan beli madu botol kecil merk pasaran yang ada di pasar swalayan. Kenapa mesti beli madu asli. karena madu asli mengandung enzym, sedangkan yang palsu tidak. Selain itu madu juga banyak mengandung zat berkhasiat lain yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh.

Dalam sarang lebah, selain madu juga ada royal jelly yaitu makanan untuk ratu lebah. Bee pollen yang berupa serbuk sari bunga. Lalu ada propolis yang digunakan lebah untuk merekatkan sarang yang merupakan antibiotik alami.

Madu yang mengandung royal jelly dan bee pollen, khasiatnya lebih baik lagi untuk metabolisme tubuh karena kandungannya akan menjadi sangat lengkap. Konon yang rajin mengkonsumsi madu tidak mudah sakit dan bila dioleskan baik untuk kulit. Sedang propolis ada yang dalam bentuk dipisahkan dari madu. Propolis ada yang dijual dalam bentuk botol kecil ada pipetnya, ada yang dibungkus softgel. Propolis ini selalu aku miliki karena aku pake untuk mengobati luka gores, luka bakar, sakit tenggorokan, telinga, mata bermasalah (tapi pedesnya minta ampun), hidung tersumbat, diteteskan pada kapas untuk sakit gigi. Masih banyak kegunaan lain, selama ini memang sangat bermanfaat untuk keadaan darurat.

Beberapa tetes propolis aku campur dengan air mineral aku jadikan tonik rambut abis keramas. Waktu aku demam bulan Desember tahun lalu, aku memutuskan tidak minum obat hanya banyak minum air ditambah madu plus beberapa tetes propolis, Alhamdulillah demamku sembuh.

Mohon maaf tidak menuliskan daftar kandungan madu, royal jelly, bee pollen dan propolis, ntar tulisannya bisa kepanjangan. Ini hanya menulis sedikit pengetahuanku tentang madu, dan pengalamanku menggunakan madu dan hal yang dihasilkan lebah selain madu. Semoga bermanfaat...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

14 comments:

  1. from Mundi :
    mbak...propolis memang banyak manfaatnya, tapi harganya mahal banget...

    ReplyDelete
  2. Punya saya yang ada pipet, 100 ribu untuk 5ml. Makenya dikit, dikit. Kalo ada yang butuh saya kasih beberapa tetes, makanya botol lama selalu disimpan.

    ReplyDelete
  3. saya setiap pagi sesudah shalat subuh selalu mengkonsumsi 2 sendok madu yg dilarutkan dgn segelas air... Alhamdulillah staminaku jauh lebih baik... dan aku juga pernah konsumsi yg pake pipet ( 5 ml)

    emang madu khasiatnya banyak banget, diantaranya anti bakteri, maka sangat dianjurkan mengkonsumsinya tiap hari agar terhindar dr serangan kuman.

    ReplyDelete
  4. Madu emang obat teristimewa ya Mbak..

    ReplyDelete
  5. Madu emg bagus..apalagi buat stamina..
    Almarhum pacar saya dulu waktu sakit juga sll mengkonsumsi madu sebagai pengganti makanan utama.

    ReplyDelete
  6. hihihi judulnya borongan nih mbak. :D

    ReplyDelete
  7. propolis gitu dijual dimana ya mbak?mahal ga?

    ReplyDelete
  8. tetep suka madu, apalagi kalo disiram diatas pancake. uenaak..

    ReplyDelete
  9. Gak terlalu suka madu, agak gimana gitu cair lembut gitu dan manis, *merasa diri sendiri aneh* hehehe

    ReplyDelete
  10. huwaaa,, udah lama juga gak olahraga neh >.<

    ReplyDelete
  11. Setahuku emang madu banyak khasiatnya
    kalo aku sakit perut dikasih air parutan kunyit+madu
    kalo sariawan bibirnya diolesi madu
    pokonya madu emang bagus untuk kesehatan

    ReplyDelete
  12. Hem... Ayahku sering bawa sih tuh Madu Asli yg masih ada bekas lebahnya malah soalnya belum disaring, cuma biarpun manis aku gak gitu suka sih hhe... jadi ya jarang ikutan minum madu juga :D

    ReplyDelete
  13. madu merupakan obat alami yang sangat manjur...

    ReplyDelete
  14. thank infonya ^^
    untuk informasi mendapatkan madu asli dan "super royal honey"
    kunjungi Royal Honey ya :D

    ReplyDelete