Bakat fotografik memori dan bakat yang lain

32 comments
Fotografik memori adalah istilah dimana saat kita melihat gambar dengan mudah kita menghapal gambar itu, lalu kita bisa menuliskan secara detil skema tersebut. Fotografik memori adalah bakat orang tertentu. Dan menurutku, blogger yang memiliki bakat seperti adalah Gaphe.

Gaphe lulusan fakultas Biologi UGM, aku lulusan jurusan Matematika FMIPA UGM. Kebetulan lokasi fakultas Biologi dan FMIPA deket, dan Gaphe angkatan di bawahku. Dia memanfaatkan ilmunya di bidang biologi untuk menggambarkan keindahan alam saat traveling. Sedangkan aku, hmmmm... Aku memanfaatkan momen ada mahasiswa jurusan Matematika FMIPA UGM mengaku membuat crop circle di Sleman dan Bantul sebagai bahan tulisanku. Lebih parah lagi, aku menganggap dua crop circle itu sebagai pertanda dari Allah, untuk mengingatkan aku bahwa aku punya anak di Bogor bernama Safira dan Safitri. Juli 2009 aku pulang ke Jogja karena sakit. Trus ada kejadian yang bikin aku shock, aku mencoba melupakan dengan sibuk acara reuni bareng temen-temenku di Jogja, makan-makan ketawa haha hihi.
Sejak Merapi meletus aku intropeksi lagi, menulis di blog sambil menangis meminta ampun pada Allah telah melupakan anak-anakku di Bogor. November 2010 menyempatkan nengok, minta ke ayahnya kalo boleh pas liburan bareng aku. Trus kata ayahnya gak boleh, Safira dan Safitri udah gak mau sama ibunya lagi. Cuman ketemu beberapa menit trus Safira dan Safitri dimasukkan dalam rumah.

Agak belok ke Bogor, balik lagi ke topik. Apakah fotografik memori bisa dilatih? Sempet beberapa bulan yang lalu heboh dengan aktivasi otak tengah. Aku sempat menulis tentang ini, menurut pengelola bisa menjadikan anak jenius. Bisa menembus batas kewajaran, naik sepeda ditutup matanya, melihat organ tubuh dalam yang sakit, itu misalnya. Mungkin bisa kita dengarkan pendapat ustad Danu, jangan percaya dengan ilmu instan, karena bisa jadi kita dikuasai ilmu itu. Belajar yang wajar, membaca buku, bukan ingin pintar mendadak dengan memasukkan energi gak jelas (biasanya sih negatif) dalam tubuh.

Temen-temen blogger yang lain banyak yang kecerdasannya di atas rata-rata. John Terro kalo di kampus ITS itu konsentrasi penuh. John pernah jadi ketua panitia sebuah seminar dan jadi pembicara tentang membuat animasi dengan Macintosh. John kalo nulis postingan asal-asalan buat hiburan kalo dia lagi koleng alias iseng ato apalah maksudnya.

Ada Sukrawan Madi yang punya bakat nulis untuk membuat orang ketawa kalo baca blognya. Dia gak keberatan masalah hidupnya paling dalam kayak be'ol, pacar, tugas akhirnya, rusunawa, jadi guru les, dan lain-lain diketawain orang. Orang ini open banget dan berjiwa besar, kayaknya motonya adalah, biarlah hidupku diketawain, asal kalian bahagia, hehehe...

Adalagi yang membuat blog tentang beasiswa, dan Alhamdulillah dapat beasiswa untuk kuliah tahun depan. Cita-citanya selain belajar juga ingin bikin novel. Yang seru lagi ketemu blogger indigo. Blognya namanya Dark and white way . Indigo itu diberi anugerah Allah untuk bisa membedakan yang haq dan bathil (kebenaran dan pembenaran). Berhubung aku pernah disusupi ideologi keIslaman gak bener dari ayahnya Safira dan Safitri, aku berusaha meluruskan semuanya. Mungkin lebih tepat aku blogger yang sedang bertaubat untuk melakukan penebusan atas dosa-dosaku. Berharap tulisanku bisa bermanfaat bagi orang lain.

Kayaknya banyak deh blogger-blogger yang lain pinter-pinter juga, tidak harus punya fotografik memori. Masing-masing punya kemampuan sendiri-sendiri untuk mencerahkan dunia.

"Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugrah. Tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik"... (Jangan menyerah, D'Massive)

*** kunjungi blogku yang lain, Stairway to heaven tentang perjalanan spiritualku ***
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

32 comments:

  1. wowww,
    kayaknya kalau potografik memori cocok orang yg bekerja d bidan intelijen deh, or kedokteran yang memerlukan daya ingat cepat dan akurat, bnyak di film2.. hhhe..

    Buat bogor, aku jadi penasaran loh bu..
    aku sering maen2 daerah air mancur, trus iseng mw ksana, tp hanya dari jauh,, sampai saat ini belum pernah bertemu safira safitri,, semoga lain kali bisa liat,

    kayak kata D'masiv jgn menyerah, karena ikatan ibu dan anak ga pernah putus,,

    ReplyDelete
  2. hmmm.... aktivasi otak tengah??? baru denger malah... kalo bener, menarik banget yo...

    ReplyDelete
  3. semua manusia dilahirkan dengan bakat yang berbeda

    ReplyDelete
  4. hahah ... aku dirasani juga :D

    ReplyDelete
  5. hhm,....
    apa sih Mbak, alasan ayahnya gak mempertemukan safira dan safitri dengan ibu kandungnya??
    sorry, jadi pingin tau banget nih....

    kan gak boleh tuh, memutuskan hubungan anak dengan orangtuanya. suami istri boleh cerai, boleh berantem dan putus hubungan,tapi anak??? apalagi dengan ibu kandungnya, kan hubungannya sampe kiamat pun gak bisa dihapuskan...
    tetep jadi ibu dan anak.

    maaf ya Mbak, jadi mengungkit ungkit masa lalu yaaa

    duuh, maaaf maaf banget

    ReplyDelete
  6. john itu memang blogger unik, dia selalu posting nyeleneh suka-suka dia

    ReplyDelete
  7. @ Mbak Elsa. A long story mbak. Sebetulnya alasannya aku denger dari temen SDnya yang ngontak di fesbuk dia ngarepin aku balik ke Bogor lagi. Masalahnya rumit, gak boleh ama keluargaku soalnya dia suka kesurupan. Tetangga suka denger kalo lagi tereak-tereak. Dan aku balik ke Jogja kayak tersadar, kayak semacam dipagerin dulu itu waktu di Bogor, mbak Elsa.

    ReplyDelete
  8. Sekarang emang lg tren tuh mbak..kmaren aja ad seminar tentang aktivasi otak tengah..cman malah diisi dangdutan hehe

    ReplyDelete
  9. wah blue sukanya fisika dan kimia....tapi larinya ke sastra.....hehhe
    salam hangat dari blue
    p kabar
    semoga sehat dan smenagat terus y

    ReplyDelete
  10. waw.. Aktivasi otak tengah. Tapi sayangnya terlalu instan. Biasanya gak terlalu berkesan, seperti orang2 yang belajar normal. Yang harus ngerasain dimarah guru, di jewer ortu, haha sadis banget yaks.

    ReplyDelete
  11. Ass. Mbak... :D

    Aku baru sekali ini kesini apa udah pernah kesini sebelumnya sih ya haha.. aku lupa :D

    Tapi ng'Baca tulisan di Headernya, kayanya lagi ada masalah Hak Asuh ya Mbak, moga cepet kelar dan bisa ketemu sama anak2nya lagi yach AMIN...

    klo untuk Gaphe, Gak koment ah haha... soalnya tiap kesono yg dikasih Foto Jalan2 ama foto Makanan mulu wkwkw... *Peace Brow...

    Untuk Otak Tengah, aku juga sempet denger tuh soalnya sempet heboh waktu itu, cuma aku gak terlalu nanggapin soalnya agak2 ganjil aja ada otak tengah gitu, ya biarpun itu cuma sebutan untuk kemampuan lebih dari seorang anak... :D

    Aku Follow sekalian deh Mbak... (DJ Site)..

    Semangat n Happy blogging

    ReplyDelete
  12. masyaalloh.. yanti baru tau klo mba gak boleh dipertemukan oelh anak mba...

    aktifitas otak tengah,sering denger tapi belum mudeng bgt maksudnya.. ^_^

    ReplyDelete
  13. baca tulisannya saya juga berpikir...terus terang pernah dengar tentang photografik memory...pernah juga survey ke diri sendiri :p ...ternyata saya gak punya tuh bakat itu...heheee...

    saya doain semoga dimudahkan untuk bertemu dengan buah hatinya...biar gak nangis lagi... okee?...

    salam :)

    ReplyDelete
  14. Fotografik memori! Kayaknya saya tak punya kemampuan itu. Saya termasuk agak susah (bebal) kalau disuruh menghafal cepat. Gak tahu apakah ini terpengaruh faktor usia juga. Namun, alhamdulillah sejak sering menulis, mau tidak mau tuntutan untuk tajam dalam melihat sesuatu jadi terpupuk. Misalnya, bisa melihat yang menurut orang lain biasa tapi bisa saya lihat dari sudut yang tak biasa.

    Wah, ternyata banyak juga blogger-blogger hebat. Salut! :)

    ReplyDelete
  15. Mbak kirim no HP ke kotak komentarku ya? kan aku moderasi tuh, jadi tak akan aku publish kok. siapa tahu ada waktu luang utk ketemu.

    ReplyDelete
  16. ah, masa sih saya punya bakat itu?.. hehehe.. saya kan pernah bilang Mi, kalo saya itu orang visual. jadi bisa inget *insya Alloh* dengan melihat sesuatu.

    makanya kasih saya foto kenangan lama, saya bisa ceritain panjang lebar dari satu gambar itu. ^_^

    ReplyDelete
  17. baru denger ttg aktivasi otak tengah..hmmm..

    ReplyDelete
  18. Mbak Ami ... aku baru tau kalo mbak di pisahkan dari anak2 yg lucu itu ... aku gak bisa bayangkan betapa beratnya ini .... tapi aku percaya, mbak pasti kuat....

    dan aku juga baru tau kalo Gaphe teman kampusnya, mbak... jurusan Biologi (hmm... bisa berguru nih ). Mbak Insya Allah aku bln juli ke Klaten, moga2 bisa kopdar di yogja ya mbak...

    Eh ... kembali ke topik blognya mbak Ami, .... emang setiap orang punya bakat tersendiri, tapi sering kita tak menyadari bahwa kita punya bakat itu. ... wow ... ini sekalian nge review bbp blog nih , ya mbak... ( tinggal nunggu giliran nih .... ngarap banget)

    ReplyDelete
  19. hihihi yang ini toh postingannya. saya juga kagum dengan blogger lain byang disebutin di atas. dan saya juga kagum dengan mbak. dari mbak saya belajar ikhlas, dan berpikir positif. semangat terus ya mbak. :)

    ReplyDelete
  20. menyentuh sekali, bu. masa ibu kangen dan rindu dengan anaknya tapi hanya diizinkan menemuinya sebentar kemudian disuruh masuk ke dalam rumah. sabar yah, bu ikatan bathin seorang ibu dengan anaknya ga ada yang dapat menggantikan. kelak saat anak ibu dewasa saya yakin mereka akan mencari ibu. semangat yah, mbak.

    ReplyDelete
  21. huhuhuhu... koq saya ga disebutin?? mba jahaaaaat...




    heheheh, becanda deng...

    ReplyDelete
  22. pertama kali mengunjungi blog nya mbak...Juga telah mengunjungi blog yang satu nya..bila sudah mampu memahami jalan kehidupan spritual mbak, baru deh di coment...koment yg lebih baik pasti nya

    ReplyDelete
  23. lepas dari konteks bakat atau tidak, aku memahami satu, bahwa aku pembelajar visual yang sangat antusias... ^__^

    dengan visuallah aku bisa dengan cepat merekam informasi apapun,,, dan dengan visual lah aku cuma bisa mengingat dengan baik ^_^

    ReplyDelete
  24. Fotografik memori? Hmm, semacam kecerdasan visual ya Mi? Lebih mampu menerjemahkan dan meresap ilmu lewat indra penglihatan. Dan kalau visual itu bisa diterjemahkan dalam tulisan, waaah keren betul! :D

    Yap, blogger2 di atas top markotop! *tos* :D

    ReplyDelete
  25. Safira dan safitri itu kembar yaa...
    salam kenal

    ReplyDelete
  26. Tetap semangat ya mba walo ktm dengan dek safitri dan dek safiranya sebentar. smoga suatu saat nanti mbak dapat berkumpul dengan anak2 mba lg. dan mengenai aktivasi otak tengah aku baru tahu he..he..

    ReplyDelete
  27. aw... aw... aw... saya di rasanin.... :D...

    ReplyDelete
  28. wah, seumur-umur saya belum pernah denger tentang esens fotografi memorik yang ternyata adalah sebuah kemampuan imajinasi mendetail tentang citra..

    saya juga suka banget fotografi, dan saya sangt amatir.. hehe

    ReplyDelete
  29. sedih banget ya kalau gx bisa bertemu dengan anak sendiri, semoga diberikan yang terbaik mba :)

    Well tentang bakat fotografi rasanya itu bisa di asah kalau ada kemauan :D
    kalo chika bakatnya narsis mba hihii

    ReplyDelete
  30. Wah aktifasi otak tengah.... baru denger istilah ini...hhehehehe gaptek banget saya ini,,,,, jangan menyerah tetap semangat mbak masih ada teman disini............:)

    ReplyDelete
  31. Yang pertama, saya baru denger kata fotografik memori :p
    Hehe, hmm btw bakat saya ini apa ya mbak? *mikir*

    ReplyDelete
  32. Syukuri apa yang ada, I like it

    ReplyDelete