Bila hati tenang, pikiran akan jernih

20 comments
Kalo membuka keyword di statistik di blogku ini, ada tulisan "menghilangkan suntuk dan gelisah". Tapi tetap paling banyak mencari "wanita gak pake baju". Sampe mikir, emangnya ngeliat wanita gak pake baju bisa ngilangin suntuk dan gelisah? Prihatin deh, sebetulnya ngeliat wanita gak pake baju bisa masuk kategori zina mata...

Meneruskan masalah positif feeling dan positif thinking, sebetulnya kalo aku sederhanakan begini. Kalo hati tenang, pikiran akan jernih, masalah akan lebih mudah teratasi. Jadi tenangkan hati supaya mudah untuk mencari solusi dari hal yang sulit.
Tapi ada hal lain yang sulit dijelaskan, yaitu intuisi. Misalnya mau beli mobil, ada dua tawaran, yang satu lebih murah misalnya. Dengan pertimbangan tertentu akhirnya memilih untuk membeli yang mahal. Dan terbukti ternyata di kemudian hari ketauan kalo mobil yang murah adalah mobil dari tukang tadah dan STNKnya bodong.

Ada yang bilang, intuisi itu bakat. Ada yang bakat jadi pedagang, kalo berdagang sukses, ada yang gak bakat rugi melulu. Sampe banyak buku yang mencoba ngasih tips bagaimana caranya agar untung dari berdagang.

Menurutku sih bukan masalah bakat atau tidak, kalo melakukan pekerjaan dengan kecintaan bukan keterpaksaan, jujur, bisa dipercaya, cari keuntungan sewajarnya, memberikan pelayanan pada konsumen dengan ramah, barang-barangnya berkualitas, Insya Allah usaha akan lancar. Wah, sebetulnya aku tidak berhak untuk menjelaskan masalah berdagang ini, aku tidak menjual apapun. Boleh dibilang pekerjaanku memberikan jasa untuk mengasuh anak-anak balita dari orang tua yang sibuk bekerja.

Apapun usaha yang dilakukan, bukan fokus untuk mencari keuntungan diri sendiri, mendapat pemasukan yang sewajarnya tentu saja, tapi lebih difokuskan memberi pelayanan terbaik bagi orang lain. Dan sisihkan sebagian untuk diberikan pada orang yang kurang beruntung dibandingkan kita. Membantu orang yang kesulitan akan mengikuti hukum KEKEKALAN ENERGI. Saat kita butuh bantuan, akan ada bantuan muncul. Lebih baik lagi bila ikhlas lilahi ta'ala, tidak ada orang lain yang tahu selain Allah. Kebaikan itu akan dibalas untuk kebaikan dunia dan akherat berlipat-lipat.

Mohon maaf ya, ini tulisan adalah tulisan spontan dari yang aku baca dan pelajari. Apa yang aku tulis ini aku juga merenungi untuk lebih bisa memahami dan mengamalkan. Terima kasih...

*** baca juga blogku yang lain Stairway to heaven tentang perjalanan spiritual, yang ingin sharing silahkan, terima kasih ***
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

20 comments:

  1. malam mba utami dah malam masih ada inspirasi aja salut deh

    ReplyDelete
  2. Hmm.. Kupikir mbak termasuk pedagang kok, tepatnya pedagang jasa. heheee..

    Setiap aktifitas kalau bener2 dilakuin dengan ikhlas dan senang hati, tentu akan memberikan hasil positif ya mbak. Sepertinya yang diperlukan orang-orang belum beruntung dalam pekerjaannya ya kesenangan minat terhadap hal yang dikerjakan. :)

    ReplyDelete
  3. from Mundi :
    mbak...menenangkan hati dan menjernihkan pikiran memang tak mudah, apalagi kalo sudah terlalu banyak masalah...

    ReplyDelete
  4. balik lagi semua ke pelayanan. kalo pelayanan bagus, harga mahal nggak masalah kayaknya..

    udah murah, bodong lagi.. ckckck.. repot dikita malah :(

    ReplyDelete
  5. The Secret of The Law Attraction... mgkn kata lain dari buah pikiran Mba Ami ini yah... ? heheh *nyimpulin sndiri*

    emang kalo pikiran kita positif kita spt magnet yg menarik hal2 positif juga ya Mba... :-D

    Mba... mau sdkt protes nih... tulisan Mba.. "pekerjaanku memberikan jasa untuk mengasuh anak-anak balita dari orang tua yang sibuk bekerja"

    nah... aku sbenernya mau masukin anak ke playgroup... tapi itu bukan berarti aku nggak mau didik dia dirumah... hmm.. tujuan ku lebih ke supaya dia belajar sosialisasi... karena, anaknya cenderung pemalu, dan aku ingin ngelatih dia keluar dari zona nyaman... hmm... mnrt Mba gmn?

    ReplyDelete
  6. makasih link "Starway to Heaven"nya kak.
    jalan2 ah kesana.
    :)

    ReplyDelete
  7. @ warsito, kalo malem idenya malah lancar

    ReplyDelete
  8. @ kim, kerjakan pekerjaan dengan cinta... Betul, Insya Allah semua dimudahkan

    ReplyDelete
  9. @ Mundi, ya, makanya sekarang banyak motivator dibayar mahal. Aku cuman nulis uneg2, kalo ada yang termotivasi alhamdulillah...

    ReplyDelete
  10. @ Gaphe, bukan cuman udel aja yang bodong. Mobil juga bisa bodong, hehehe...

    ReplyDelete
  11. @ Lyliana, tidak sekedar playgrup, tapi juga menerima penitipan sampe sore. Di sekolahan juga sering ada acara semacam diskusi parenting

    ReplyDelete
  12. @ srrriii, yah silakan kalo sharing boleh.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah saya sudah tenang & nggak sakit wes....hehehehe:)

    ReplyDelete
  14. Bila hati dan pikiran jernih maka ngeblog pun akan membahagiakan. Muga2 menguntungkan jg, heuheu. artikel yg menarik,Mba...
    Selamat berakhir pekan, Sahabat...

    ReplyDelete
  15. Assalamualakum mba.. ^_^ semua berpangkal dari hati ya mba... :)

    ReplyDelete
  16. assalamu'alaiku Mbak,
    ternyata ilmu berdagangnya manteb tuh.
    begitulah memang berdagang yang benar. jujur, ikhlas, pelayanan yang baik, ramah, penempatan barang yang baik, harga yang kompetitif, ketersediaan barang. Maklum saya pedagang jadi tahu prakteknya

    ReplyDelete
  17. setuju aku gan
    hati tenang otomatis akan membuat pikiran menjadi lebih encer juga.

    Namun sangat sulit memperoleh hal itu kalo kita tidak dengan semangat 45 hehe

    ReplyDelete
  18. hmm, keren tulisannya mbak,
    sedikit tentang intuisi tersebut, mungkin saya jarang menggunakannya karena saya lebih percaya kepada langkah yang diambil dengan bermodalkan pengetahuan serta mempunyai pertimbangan yang logis, untuk itu tindakan logis lah yang sering membantu saya dalam bersikap..

    btw, padangan mbak dalam tulisan mbak berhasil membuat pikiran saya jernih, semoga orang lain juga.. salam blogging..

    ReplyDelete
  19. yang penting doing anything dengan ikhlas dan senang...

    ReplyDelete
  20. yang menenangkah hati itu saya setuju banget! semua akan lancar kalo hati tenang. :)

    ReplyDelete