Kisah Nabi Yunus 'alaihi sallam

19 comments
Kemarin aku beli buku tentang Nabi Yunus. Murah kok hanya seharga Rp 5500,- itupun didiskon 30 persen. Aku beli di toko buku diskon Social Agency. Kisah Nabi Yunus ceritanya ada di Al Quran. Tapi hanya ringkas. Ada cerita versi panjangnya. Memang beberapa versi bisa berbeda, tapi apapun perbedaan ceritanya, lebih penting ambil hikmahnya.

Bila Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan doa yang artinya "Tuhanku, berikan aku kebaikan di dunia, dan berikan aku kebaikan di akhirat, dan hindarkan aku dari api neraka". Doa ini selalu dibaca setelah shalat.

Sedangkan doa Nabi Yunus 'alaihi sallam disarankan bagi yang terkena kesulitan. Doa ini dipanjatkan saat Nabi Yunus 'alaihi sallam berada di perut ikan yang besar. Arti dari doanya adalah "Tidak ada Tuhan kecuali Engkau, Maha Suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzalim".

Nabi Yunus 'alaihi sallam adalah manusia yang shaleh. Tapi beliau pernah marah karena saat sedang berada di suatu daerah dan mencoba berdakwah, hampir semuanya mentertawakan beliau.

Akhirnya beliau naik kapal dalam keadaan marah dan meninggalkan kaumnya. Ternyata kapalnya saat di laut terombang-ambing oleh badai. Awak kapal berpendapat ada penumpang yang sedang kabur dari majikan (versi lain, butuh mengorbankan seorang penumpang agar laut tenang kembali).

Setelah diundi tiga kali ternyata hasil undian tetap pada Nabi Yunus 'alaihi sallam, jadi Nabi Yunus 'alaihi sallam dilempar ke laut. Terus Nabi Yunus 'alaihi sallam ditelan oleh ikan tapi masih dalam keadaan hidup.

Saat di perut ikan Nabi Yunus 'alaihi sallam mendengar suara-suara menyebut nama Allah, ternyata berasal dari ikan-ikan yang berenang di lautan.

Akhirnya Nabi berdoa, doa dikabulkan Allah. Nabi diletakkan oleh ikan di sebuah daratan. Nabi menemui orang-orang yang tadinya ditinggalkan sekarang mereka mau menuruti ajaran Nabi Yunus 'alaihi sallam...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

19 comments:

  1. pasti banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah tersebut ya...

    ReplyDelete
  2. yupz , kisah yunus sebuah bukti kebesaran sang pencipta

    ReplyDelete
  3. @ Joe, iya. Bila dapat kesulitan berdoa seperti Nabi Yunus

    ReplyDelete
  4. @ Brigadir Kopi, semoga kita bisa mengambil hikmah dari semua cerita ini

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum Mbak Ami,
    lhah saya tadi pagi malah menikmati kisah Nabi Yusuf yang sangat mengharukan.

    ReplyDelete
  6. kisah-kisah nabi emang selalu bisa diambil hikmah dan teladannya

    ReplyDelete
  7. banyak hikmah yg bisa kita petik dari kisah para nabi.. :)

    ReplyDelete
  8. @ Pakies, baca Al Quran pas cerita tentang Nabi Yunus 'alaihi sallam ya?

    @ Gaphe, belajar dari kisah Nabi, kalo dihayati gak kalah seru dari Harry Potter ato Twilight Saga

    @ Zasachi, belajar dari kisah Nabi memang hikmahnya banyak juga

    ReplyDelete
  9. @ Skydrugz, ada nih, mana alamatnya ntar tak kirim kesana biar gak dilanda kebosanan akut...

    ReplyDelete
  10. Mencoba bisa menjadi sepertri Beliau. Tidak pernah marah dalam segala hal, apa bisa ya :(

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  11. Gimana rasanya berada dalam perut ikan yah? pastinya gelap, lembab, dan menakutkan...
    mksih atas kunjunganya yah...

    ReplyDelete
  12. paling suka kisah nabi sulaiman dari 25 nabi ;D *oot

    ReplyDelete
  13. subhanallah
    :)
    mengajarkan kita saat dalam keadaan apapun
    untuk tetap pasrah dan yakin akan takdir Allah :)

    ReplyDelete
  14. Subhanallah ...
    Nabi kalo marah di hukum nya di telan ikan hidup² ya .. gimana kalo saya marah ..
    masyaallah ...

    ReplyDelete
  15. aku suka kisah nabi yunus as, kaum nabi yunus as merupakan satu2nya kaum yg berhasil selamat dari azab Allah

    ReplyDelete
  16. makasih sudah ingatkan dengan kisah2 para nabi...semoga akan menjadi pedoman hidup bagi kita sekeluarga....
    Salam kenal ya....bolehkan bunda follow...dan jgn lupa follow balik..

    ReplyDelete
  17. @ Sugeng, justru ini nabi Yunus dalam keadaan marah sehingga berada di perut ikan dalam keadaan tidak menyenangkan. Tapi Allah mengampuni dan mengabulkan doanya....

    @ Fadly, yah... belajar supaya lebih sabar

    @ Ata, semua suka... yang paling sering aku baca tentang Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam

    ReplyDelete
  18. @ Chika, yakin dan percaya, amin

    @ Hoedz, kalo marah... wah aku pernah nulis soal Anger Management tuh. Apa perlu tutorial mengatasi kemarahan? Aku sendiri sering marah-marah, gak pantes nulis kayak gitu rasanya

    @ r10, iya, ceritanya wajah kaum yang ditinggalkan Nabi berubah. Mereka berdoa, dan akhirnya azabnya tidak jadi.

    @ Bunda Loving, sudah saya follow back. ada lagunya Celine Dion. Saya lagi mikir pake backsound suara sendiri... haha... kayaknya masih lama nunggu perekaman profesional, dan mungkin juga gak akan direkam, hehehe

    ReplyDelete