Kenapa makan kurma ajwa dalam hitungan ganjil (penjelasan buat Ajeng)

March 21, 2011 Amy 21 Comments

Di postinganku yang ngikutin Gaphe Giveaways (gak usah di link ya, Ajeng pasti ingat), aku cerita bahwa makan kurma ajwa mesti dalam hitungan ganjil.




Kurma ajwa disebut juga kurma Rosul. Adab makan kurma ajwa adalah dimakan dengan tangan kanan, bijinya dikeluarkan dengan tangan kiri. Dimakan dalam hitungan ganjil 1, 3, 5, 7. Sebelum makan ucapkan basmalah dan shalawat.

Dari Anas bin Malik
"Pada hari raya Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam tidak berangkat melaksanakan shalat hingga beliau makan beberapa butir kurma. Beliau makan beberapa kurma dengan bilangan ganjil" (HR. Bukhari)

Setelah serching di Google, ini adalah sebagian khasiat kurma

Kurma ajwa merupakan salah satu jenis yang berasal dari Madinah, dikenal sebagai kurma Hijaz yang terbaik dari seluruh jenisnya. Bentuknya bagus, padat dan agak keras, namun termasuk kurma yang paling lezat, harum dan empuk. Biasanya kalau anda survey ke pasar, dia memiliki harga yang paling tinggi diantara yang lain.

Di sana tamr (kurma kering) merupakan makanan pokok sebagaimana gandum bagi bangsa-bangsa lain. Beberapa kelebihan kurma antara lain:
  • Termasuk jenis makanan, obat dan buah-buahan
  • Cocok dikonsumsi oleh hampir seluruh jenis tubuh manusia
  • Berguna untuk memperkuat suhu tubuh alami dan tidak menimbulkan reduksi timbunan ampas yang merusak di dalam tubuh.
  • Mencegah pembusukan dan kerusakan makanan.

1. Memakan 7 buah kurma dapat menangkal racun dan sihir.

Dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir’.

2. Ajwa berasal dari surga dan dapat mengobati racun

Sebagaimana sabda Rosululloh Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam : Kurma Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun”. HR. Ibnu Majah dengan sanad yang shahih.

3. Kurma mencegah pemiliknya dari kelaparan.

‘Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membikin lapar penghuninya’ (HR. Muslim)

‘Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, seperti rumah yang tidak ada makanan di dalamnya’ (HR. Ibnu Majah)

4. Rosulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan contoh dengan kurma ketika memerintahkan umat ini untuk bersedekah.

Dari Sahabat Adiy bin Hatim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda “Barangsiapa dari kalian yang mampu berlindung diri dari api neraka walaupun hanya dengan sebutir tamr, maka lakukanlah”. (HR. Muslim, HR. Bukhari, dan HR At-Tirmizdi).


Oke Jeng, siapa tau kamu nanti dapat oleh-oleh atau beli sendiri di tanah suci. Dan semoga informasi ini bermanfaat....

21 comments:

  1. emang khasiat kurma tuh banyak banget ya Mi. Dipercaya sebagai obat maag juga..
    soal kenapa ganjil.. Allah suka bilangan ganjil kan..

    jadi kalo satu, kurang.. minta tiga donk!!. hehehe

    ReplyDelete
  2. @ Gaphe, ini bukan punyaku. Ntar kamu tak jatah kalo aku beli sendiri yah (mungkin malah kebalikannya kali...)

    ReplyDelete
  3. Tapi belinya jauh.. mesti di saudi.. :'(

    ReplyDelete
  4. di toko oleh-oleh haji juga ada kok. sekarang kalo umroh ato haji bawaan dibatasi gak kayak ibuku jaman dulu bisa beli banyak karpet, walah walah...

    ReplyDelete
  5. hmmm..jadi ikut mikir...kenapa ganjil yaa...
    penjelasan yg sangat manfaat jeng....selalu inget dengan anugerah Allah yg Maha Tunggal...:)

    ReplyDelete
  6. kurma emang banyak manfaat dan khasiatnya.. :)

    ReplyDelete
  7. aku suka makan kurma bu'
    tapi selama ini ga pake hitungan, baru tw sekrang klo sunahnya ganjil dan mesti mengeluarkan bijinya dgn tangan kiri, biasanya dari mulut, hehe

    ReplyDelete
  8. waaah, kalo yang ga doyan kurma gmn dong?

    ReplyDelete
  9. hahahaha seru juga nih kalo makan kurma ngitung dulu.. :))

    ReplyDelete
  10. Saya Lupa nama kurma apa yah yang bijinya enak buat dimakan

    ReplyDelete
  11. ohhhh...makan kurma ajwa ada aturannya juga ya... yach, napa kemarin aku malah asal makan aja pas dapet kurma dari kakakku...
    :(

    ReplyDelete
  12. ntar tiap beli kurma di itung deh..
    ganjil apa genap,

    kira2 kenapa ya harus ganjil?
    memang Allah suka angka ganjil, tapi pasti ada hikmahnya.. apa ya kira2?

    ReplyDelete
  13. sudahkan anda makan kurma hari ini? kalo saya terus terang belum.

    oia, saya ijin share. mohon jangan dianggap sebagai spam. namun jika tidak berkenan, dihapus saja tidak apa-apa.

    seorang adik dari anak didik teman saya saat ini sedang membutuhkan bantuan seikhlasnya, baik berupa doa untuk kesembuhannya maupun dalam bentuk finansial. Saat ini dana yang terkumpul baru sekitar 3,5 juta, sementara yang dibutuhkan sekitar 50juta.

    info lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

    Nurul Safika

    silahkan di share ke rekan-rekan yang lain.
    insya Allah, kebaikan anda semua mendapatkan balasan Tuhan yang Maha Esa.
    terima kasih.

    ReplyDelete
  14. wah,banyak banget manfaatnya ya?ane gk pernah makan kurmakering.kalau kurma basah itu ada manfaatnya juga ya?kapan ni berkunjung,lama gak nongol diblog ane,hehe

    ReplyDelete
  15. wah, ternyata bisa menangkal racun ya...

    ReplyDelete
  16. Amin.
    makasih ya mbak Ami sayang, sudah dijelaskan sedemikian rincinya, jujur kalau dikeluarga saya baru makan kurma itu pas puasaan mbak, pas lebaran Idul Fitri juga...kalau hari2 biasa jarang :(

    yah, semoga nanti ada rezeqi untuk saya merasakan kurma Ajwa :)

    ReplyDelete
  17. i love dates...
    aku suka kurma

    sudah pernah makan kurma yang masih asli belom dibikin manisan Mbak?
    kalo yang di indonesia kebanyakan sudah dibuat manis, agar awet. beda dengan kurma yang masih asli buah kurma, belom dijadikan manisan kurma.
    warnanya kuning cerah, dan agak sepet...

    ReplyDelete
  18. Terima kasih atas informasi menarik

    ReplyDelete
  19. posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
    http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
    ditunggu ya ^^

    ReplyDelete