Kena deh... (abis dengerin UJ di masjid kampus UIN Yogyakarta

Alhamdulillah hari ini aku bersyukur banget. Karena biarpun kepala pusing karena sisa-sisa flu dapat pencerahan dari ceramah ustad Jefri di masjid kampus UIN Yogyakarta siang ini.





Sebelum UJ dateng, ada penceramah muda namanya Sholeh Muhammad. Sebetulnya agak panjang sih ceritanya, tapi ada pembahasan menarik ngebahas masalah CINTA PALSU. Jangan mengaku cinta pada Allah, cinta pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kalo tidak mau berusaha menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Jangan mengaku beriman kalo tidak melakukan amal sholeh.

Selain itu juga ada ustad lain lagi sebelum UJ, cuman banyakan bercandanya. Akhirnya UJ muncul dan karena banyakan mahasiswa, obrolannya ringan. Topiknya agak serem ngebahas ML di kalangan mahasiswa. Maksud ML kata UJ, S itu sempit, M itu mendingan, L lebar, XL artinya Xtra lebay (banyak yang ketawa jadinya seingatku dan kedengarannya begitu).

Agak blak-blakan UJ ngebahas ini. Bahkan UJ cerita ada mahasiswi tingkat awal yang bilang, emang jadi cewek gak boleh ngerasain itu sebelum nikah. Belum satu bulan cerita, mahasiswi ini nangis terus ngaku hamil, pacarnya ngilang. Nanya ke UJ kalo digugurin aja gimana. Jawab UJ, udah nglakuin hubungan luar nikah dosa, tambah membunuh bayi yang tidak berdosa. Allah Maha Pengampun, asal bener-bener taubat Insya Allah akan ditunjukkan jalan.

Oh ya, UJ mengingatkan kalo manusia jangan menganggap dirinya mulia ditambah meremehkan orang lain itu ujub namanya. Terus aku mikir, jadi biarpun aku punya pemahaman ilmu agama lebih baik daripada seseorang, tetap harus menghargai orang tersebut apapun alasannya. Aku merasa terkena di bagian ini, makanya aku bilang ke temenku, duh pengajiannya kena deh di aku.

Yang ini pemikiranku sendiri, gimana ya kalo berdebat dengan seseorang yang suka mendebat padahal pembicaraannya tidak berdasar. Kayaknya gak usah dijadikan beban deh, mikirin hal lain yang lebih penting akan lebih baik. Sudah resiko dari orang yang sedang menimba ilmu, kadang diuji kesabaran dari orang tak terduga...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home