Jawaban-jawaban dari komentar

17 comments
Di tulisan kali ini aku ingin menjawab pertanyaan beberapa komentar di tulisanku. Yaitu dari Ajeng (Fight girl is Me), Witri Apriliani (Wits) dan Sukrawan Madi (Tukang Colong). Sebetulnya ingin menjawab semua pertanyaan di blog, tapi apa daya waktuku terbatas. Tanpa pake screenshot ya, soalnya aku publish pake hape Nokia C3 lewat Opera Mini.

@ Ajeng, soal olahraga indoor

Ajeng awalnya aku ngebahas masalah olahraga outdoor, yaitu softball dan sepeda. Tapi olahraga juga bisa indoor, sendirian ato bareng-bareng. Ada fitness, senam, futsal, pingpong apalah pokoknya di bawah atap.

Nah, mungkin emang gak pas aku sebut olahraga olah napas itu indoor. Soalnya olah napas memang bisa bareng atau sendirian di luar rumah ato dalem rumah. Ini memang olahraga indoor yang aku lakukan pribadi, bukan penjelasan olahraga indoor secara keseluruhan. Jadi sebetulnya kayak senam biasa, hanya napas ditarik dalam-dalam ditahan, otot juga dikontraksikan. Paling diutamakan memang otot perut dan sekitarnya. Bermanfaat untuk self healing organ dalam tubuh. Waktu aku demam, badan panas, aku sering ngelakuin hal ini. Dan Alhamdulillah tanpa ke dokter aku bisa sembuh dalam beberapa hari.

@ Sukrawan Madi, soal motret makanan

Aku motret makanan paling sering pake hape Nokia C3. Dulu punya Nokia 6303 tapi rusak. Saran penjual hape di flash trus jual lagi. Cuman aku simpan aja, soalnya aku gak mau ngecewain yang beli nantinya.

Kadang pake kamera digital, baik punyaku (dikasih temen yang fotografer, model yang aku pake udah jadul sih), ato pinjam kakakku. Kalo malem motret pake hape gak bagus, yang dulu 6303 ada blitz, tapi mesti jarak dekat. Bagusnya cuman kalo terang aja.

Aku motret cuman buat dokumentasi pribadi, jadi soal dimacem-macemin belum kepikiran, gak tau ya entar...

@ Witri Apriliani, foto dimana

fotoku ini aku di kolam renang hotel atlet century park senayan jakarta. Waktu itu ada kejuaraan softball slowpitch, aku ikutan aja nonton bareng klub.

Pagi harinya aku berenang di situ. Dan kalo berenang aku lebih suka konsen, bolak-balik, bukan berenang hura-hura cuman nyemplung ato banyakan ngobrol dan jajan. Berenang juga latihan atur napas, tahan napas. Cuman akhir-akhir ini jarang berenang. Lebih suka jalan kaki kemana-mana ato naik sepeda, dan senam ringan dengan olah napas di rumah.

Oke, sementara itu dulu. Emangnya apaan ya, kok kayak jadi tempat konsultasi. Tapi aku akan berusaha menjawab semua pertanyaan. Dalam kehidupan itu masalah gak akan pernah habis, selalu ada yang baru. Dan mencoba selalu tanya pada yang lebih bijak, membuka buku untuk referensi, selalu ada pemahaman baru. Tapi paling berat adalah pengamalan...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

17 comments:

  1. semoga yang bersangkutan puas dengan jawabannnya ....

    ReplyDelete
  2. @ Joe, yah beginilah ngejawab lewat blog. Terlalu bersemangat ngejawab jadi ceritanya panjaaaang.

    ReplyDelete
  3. Ulasan yang menarik, jawaban dari pertanyaan di kolom komentar kadang memang terasa sempit mba' ...
    salam blogger dari Jambi.

    ReplyDelete
  4. wah, baik sekali pertanyaan para komentator sampe dijawab di posting tersendiri :)

    ReplyDelete
  5. makasih mbak Ami buat jawabannya, berarti pengaturan nafas itu bagus dong buat kesehatan. buktinya mbak Ami cepet sembuh :)

    ReplyDelete
  6. @ Rubiyanto, saya follow blognya loh

    ReplyDelete
  7. @ Rian, sudah beberapa kali postinganku jawaban dari pertanyaan ato nerusin tulisan blog orang lain

    ReplyDelete
  8. @ Ajeng, tau Bruce Lee? Jet Lee? Mereka pakarnya olah napas. Di Indonesia juga banyak latihan olah napas. Sahabatku ada yang ikut Merpati Putih, Sinar Putih, dan beberapa lagi. Olah napas yang benar bisa membuat tubuh pulih dengan cepat. Aku sih cuman pengamat dan amatiran. Barusan tau sih, belum lama...

    ReplyDelete
  9. Jawaban komentar dijadiin postingan, menarik juga tuh... :)

    ReplyDelete
  10. iya, dijadiin postingan, kok sempet2nya ya.. nek aku ra tlaten. hohohoho

    ReplyDelete
  11. O.., keren mbk ami bisa berenang. aku kok gak pede lg ya mbk, trakhir nyemplung ke kolam renang pas kelas 1 sma, skg sih nyaris tak pernah.

    oya, makasih mbk buat jawabannya.

    salam:)

    ReplyDelete
  12. @ fadly, terlalu bersemangat nih jawab pertanyaan dan ini sudah yang ke sekian kali

    ReplyDelete
  13. @ kira... gak semuanya kok dijawab

    ReplyDelete
  14. @ wits, aku les renang pas SD soalnya

    ReplyDelete
  15. wah kameranya lumayan tuh daripada ga ada. seperti saya. :D

    ReplyDelete
  16. wah udah kayak seleb aja nih, dibikin tanggapan sendiri. macam konperensi pers aja. hehehe

    ReplyDelete
  17. #AskAmi... bikin kayak gitu aja mbak... :D

    ReplyDelete