Berkunjung ke home industry permen coklat Monggo di Kotagede Yogyakarta

16 comments
Di daerah Kotagede Jogja, ada home industri yang memproduksi permen coklat yang diberi nama Monggo. Monggo sendiri dalam bahasa Jawa artinya adalah silakan. Dari komposisinya, permen coklat ini dibuat dari cocoa butter, yang berarti permen coklat berkualitas baik. Permen coklat yang berkualitas kurang baik, komposisinya dibuat dari coklat bubuk, bisa dilihat kalo beli permen coklat. Penggemar coklat sejati tentunya tau persis itu...

Kemarin, 11 Februari 2011 aku, beberapa guru, dan sebagian murid playgrup (dibagi beberapa kelompok bergantian dalam beberapa hari) mengunjungi home industri permen coklat Monggo.





Kata pemandunya sih, coklatnya diambil dari biji coklat di luar Jawa antara lain Sumatera dalam bentuk kepingan atau flakes. Kepingan ini dilelehkan lalu dicetak dan dipak, bisa dalam keadaan permen coklat utuh atau diberi isian seperti kacang-kacangan, kismis, karamel, stroberi, dan lain lain.

 Biji dan buah coklat


Pengunjung dibolehkan melihat proses pencetakan permen coklat ini, dibatasi jendela kaca.

Murid-murid playgrup mengintip pencetakan permen coklat melalui jendela kaca

 Pencetakan permen coklat 


Bungkus permen coklat Monggo di etalase
 
Bagaimana rasa coklatnya? Mmmm... butuh seorang pecinta coklat untuk menjelaskannya. Tunggu ceritanya ya, aku mau ngasih icip-icip coklat Monggo ke acara kopdar dengan beberapa blogger besok...


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

16 comments:

  1. pas banget nih buat Valentine yg mau deket...:D

    namanya monggo kiraen karena rasanya mangga..haha

    ReplyDelete
  2. @ tukang colong. Aku gak ngerayain palentain. Tapi menurutku gpp kasih sesuatu buat yang tersayang asal tidak didedikasikan untuk St Valentinus (bener gak ya nulisnya)

    ReplyDelete
  3. eh,saya penasaran loh tempatnya di sebelah mana. Tahu sih di daerah kotagede, cuman belom pernah kesono..cuman tahu produknya aja, dan rata-rata agak sedikit mahal...

    ReplyDelete
  4. @ Mbak Amiiiii, telat ah kenalannya...
    Aku udah balik Bjm, mbak mau kopdaran ya?! uhuhu...

    aku suka cokelat mbak, semoga lancar kopdarannya >.<

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum AMi,
    jalan-jalan dengan anakanak pasti sangat menyenangkan apalagi sambil melakukan proses pembelajaran.
    wah ada jejak coretan URL tuh

    ReplyDelete
  6. @ Gaphe, namanya Jogja sih kemana-mana deket. Di supermarket kayak Carrefour, Mirota Kampus dekatku juga ada kok...

    @ Huda, OKE... Mesti dinikmati betul loh kalo ngerasaain... Katanya sih punya efek menenangkan

    @ Ajeng, penggemar coklat yah... Ceritanya soal waktu Jogja mantap deh...

    @ Pak Is, supaya anak2 punya masukan, tau bahwa makanan itu dari bahan alam tadinya. Iya nih, nyempetin goresin LIGHTSABER di buku pengunjung...

    ReplyDelete
  7. salam kenal.
    bedanya apa antara buah coklat dari Jawa n luar Jawa?
    pasti acaranya menarik nih, terlebih buat anak2 yg notabene gemar coklat.

    ReplyDelete
  8. Produksi coklat ini pernah ditayangkan di Jogja TV dan Trans TV. Monggo kersa icip2 coklat uenak...

    ReplyDelete
  9. @ gp, met kenal juga. kata pemandu karena belum ada pengolahan biji coklat di Jawa, gitu

    @ HALAMAN PUTIH... enak memang, cuman kalo tiap hari yang bangkrut, hehehe...

    ReplyDelete
  10. terus anak-anaknya kemudian dikasih hadiah permen dong, setelah berkunjung :D

    ReplyDelete
  11. @ r10, iya kan kunjungan ini memang bayar per paket. Tapi makan coklat itu mesti sedikit-sedikit dan dinikmati betul. Siapa sih yang gak suka coklat, es krim coklat, kue tart coklat, roti coklat, susu coklat, coklat itu ditambahkan pada banyak makanan untuk membuat jadi uenak...

    ReplyDelete
  12. Wah boleh ni info coklat monggo, ntar yen ke jogja tak mampir, thx mba..

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Jl. Dalem KG III/978 Rt. 043 Rw. 10,
      Kel. Purbayan Kotagede 55173
      Yogyakarta – Indonesia

      Delete
  14. coklat favorit saya nih.. sering beli buat oleh-oleh ataupun buat dimakan sendiri. coklat dark 69% paling manteb walaupun juga paling pahit. selain itu saya juga suka yang praline. untuk harga sih agak di atas yang lain. hehe..

    ReplyDelete