Mengunjungi Kanada disponsori pasangan hidup

2 comments
Untuk mengunjungi Kanada dengan sponsor pasangan aku mengambil dari sumber di link berikut ini http://informasikkc-infokonsuler.blogspot.com/2011/12/visa-ijin-tinggal-kanada.html



VISA/IJIN TINGGAL KANADA: TRV (Temporary Residen Visa), PRV (Permanent Resident Visa), NATURALISASI KEWARGANEGARAAN

Visa Tunangan (Fiancee visa):

Kanada tidak mengenal visa khusus buat tunangan, jika WN Kanada ingin menikah di kanada dengan orang asing yg berasal dari negara2 bebas-visa (Indonesia tidak termasuk, Singapore dan Malaysia termasuk), tunangan bisa datang hanya dengan TRV (terbagi dlm kategori: Visa Turis, Visa Pelajar, Visa Bisnis, Visa Kerja).

Untuk menikah, dianjurkan menggunakan visa turis (berlaku utk 6 bulan) yg lama prosesnya sekitar 16 hari. Jika diinginkan bisa mengajukan visa penduduk tetap/PRV setelah menikah, yang mana prosesnya akan lebih panjang ketimbang TRV.

Penting buat di ingat: Memperoleh TRV ini TIDAK BERARTI petugas CIC (Citizenship & Immigration Canada) pasti mengijinkan anda masuk Kanada. Saat kita memasuki pelabuhan/airport pengunjung harus meyakinkan petugas bahwa pengunjung berniat kembali pulang ke negara asal saat masa berlaku visa habis. Kecuali jika selama masa tinggal itu mengajukan perpanjangan ijin tinggal. Jika petugas merasa kita tidak bermaksud meninggalkan Kanada saat masa berlaku habis mereka bisa saja membatalkan TRV kita.

Proses Aplikasi TRV:
  • Memperoleh paket aplikasi TRV (dari kedutaan Kanada), lalu baca panduannya. 
  • Melengkapi formulir pengajuan berikut lampiran2 dokumen yg diperlukan. 
  • Membayar biaya dan dapatkan bukti bayarnya. 
  • Kirim via pos formulir aplikasi dan dokumen2 yg diperlukan

(*) Di indonesia banyak biro perjalanan yg menyediakan juga jasa pengajuan visa dari berbagai negara. Ini keuntungan bagi yg kondisinya tak memungkinkan untuk urus sendiri. 

Dokumen yang diperlukan: 
Persyaratan dokumen yg harus disertakan bersama formulir aplikasi TRV: 
  • Dokumen perjalanan valid (Paspor) 
  • 2 lbr foto paspor terkini. Pastikan foto memenuhi syarat teknis yg ditentukan oleh kedutaan (khusus untuk pembuatan visa), lebih jelas kontak kedutaan ybs atau situs terkait. 
  • Lampirkan juga biaya pengurusan (Single Entry 75CAD, Multiple Entry 150CAD, yg tak bisa dikembalikan sekalipun aplikasi ditolak) 
  • Menyediakan bukti bahwa anda memiliki uang cukup utk mengunjungi Kanada. Jumlahnya bervariasi tergantung tujuan kunjungan, lamanya tinggal disana, dimana akan tinggal, bersama siapa akan tinggal.
  • Kadang diperlukan juga dokumen lain berupa Kartu Penduduk, Bukti/Surat Keterangan Kerja, Surat Undangan dari keluarga/kerabat/teman di Kanada, atau daftar perjalanan yg diajukan. Lama proses aplikasi TRV: Bervariasi.
Aku pernah menulis tentang pengajuan aplikasi untuk tunangan dengan warga USA. Waktu itu aku kenalan dengan sesorang yang tinggal di NYC (New York City) dan dia bilang akan menjemputku terus mengajak aku tinggal di sana.

Menikah dengan warga negara USA itu benar-benar sangat rumit. Dokumen tebal, seperti data diri, terus kemampuan finansial sponsor ditambah bukti bahwa hubungan itu berdasarkan cinta bukan kawin kontrak. Kalo perlu di print percakapan entah di Skype, YM, WA, bill telepon dan lainnya. Termasuk foto-foto saat berduaan.

Itu percakapan udah serius dari pertengahan tahun 2013. Rencana mau ke Indonesia awal 2014. Ternyata menjelang berangkat dia masuk rumah sakit kena serangan jantung, dan akhirnya batal ke Indonesia.

Ke Australia juga sangat disarankan untuk mengajukan visa tunangan kalau ingin menikah di sana bukan visa turis. Soalnya visa turis kalau ketahuan untuk menikah jadinya malah jadi black list. Kalo sudah berurusan dengan pernikahan campuran, cobalah ikuti aturan yang ada gak usah mencoba ngakalin, resiko malah nanti paspor masuk daftar black list.

Sementara itu, kalau mau menikah dengan warga Kanada urusannya ternyata jauh lebih mudah dibanding menikah dengan warga USA, UK atau Australia. Bahkan Kanada juga memberi ijin pasangan tanpa pernikahan. Seandainya menikah dengan warga Kanada, bisa menggunakan visa turis. Wawancara juga gak serumit di USA Embassy atau UK Embassy. Kalau mau nikah dengan warga negara UK malah mesti lolos tes IELTS.

Rasanya pe-erku untuk menulis cara berkunjung untuk ke Kanada tidak akan serumit seperti saat aku mencoba menulis cara berkunjung untuk ke USA atau Australia dengan disponsori pasangan.

Ini tulisanku cara mengajukan visa tunangan ke kedutaan Amerika dan Australia

Part 1 : How to apply for a K-1 fiance(e) visa of a U.S. citizen

Mengajukan prospective marriage visa perkawinan campuran Indonesia Australia
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments:

  1. Ooh gitu ya? Aku baru tau hal2 kayak ginian...ternyata mau menikah resmi sama WNA itu rumit banget ya...

    ReplyDelete