Mencari jodoh di dating site

9 Comments

Berhubung aku pernah diwawancarai seputar dating site di Metro TV, aku ingin sedikit berbagi lagi cerita soal itu. Sebetulnya udah sering sih, nulis soal dating site, cuman karena abis nongol di TV pengen nulis lagi tentang dating site.

Aku tadinya sih dapat invitasi di e-mail untuk bergabung dengan Twoo terus Badoo. Ada bule beneran ngajak aku chat, yakin dia bule bukan scammer soalnya gak pernah minta dikirimin uang dan bisa cerita soal Jakarta detil. Terus gak chat lagi soalnya dia dapetin pacar orang Indonesia.

Abis itu ada orang ngaku orang Polandia di Malaysia ngajak aku chat, sampe nelpon-nelpon hampir tiap hari. Katanya pengen ke Indonesia ketemu aku. Itulah awal aku belajar soal scammer, penipu di dating site, atau social media yang morotin duit setelah pura-pura mengaku jatuh cinta mati dengan korbannya.

Kalo online di Badoo cepet banget dapat message ngajak kenalan. Cuman waduh... menurutku gak jelas banget tipe orang-orangnya. Kayaknya sih kebanyakan iseng banget, hampir gak ada orang baik dan serius cari pasangan di sini. Menurutku sih... banyak yang ajak kenalan tapi gaje... sama aja kan, ngabisin waktu ngobrol gak ada manfaat.





Setelah belajar tentang scammer, aku gabung komunitas korban scammer yang berpusat di Amerika. Grupnya namanya romancescams@yahoogroups.com . Jangan main-main dengan scammer ya, mereka profesional, pandai bicara manis, tau teknik menghipnotis. Banyak banget korbannnya dan gak cuman orang Indonesia, orang Amerika, Eropa, Australia banyak yang ketipu habis-habisan. Coba deh gabung di grup itu, nanti kan baru tau banyaknya korban dan strategi menghindari scammer. 

Salah satu cara ngetes scammer atau bukan adalah dengan video call. Tapi hati-hati ada strategi scammer yang merekam videonya terus cuman dadah dadah gitu. Jadi video call tapi yang live. Scammer itu kebanyakan kulit hitam, tapi pasang profil orang bule ganteng banget, tapi ada juga yang mengaku Arab atau Turki.

Kalo orang Indonesia kayaknya gak nyaman, atau gengsi banget gabung dating site. Kalo ada jarang yang baik, adanya orang iseng. Tapi di negara maju, gabung dengan dating site itu termasuk sarana yang benar-benar dimanfaatkan untuk mencari pasangan. Gak masalah kalo cerita ma teman atau keluarga bahwa mereka mendapatkan pasangan dari dating site, beda ma orang Indonesia, sepertinya gengsinya jatuh kalo gabung dating site, dan malu cerita. 

Banyak respon negatif... kebanyakan kalimatnya ke aku "kok gak mau yang lokal sih?", "dating site hanya untuk pecundang yang putus asa, kepepet banget cari jodoh" atau "ngeri banget kalo nyari pasangan di dating site, gak percaya aku sama orang-orang di situ". Menurutku sih, memang kebanyakan brengsek, tapi tetap ada segelintir orang baik yang serius cari pasangan, cuman mesti tahan banting hadapi orang iseng ngomong kurang ajar, dan pertahankan prinsip bahwa kita orang baik-baik cari pasangan yang baik.

Entahlah, malah abis itu tambah penasaran gabung di IndonesiaCupid.com . Menurutku banyakan laki-laki bule cari perempuan Indonesia untuk dipacari sesaat selama mereka berlibur di Indonesia.


Rasanya yang jadi member di situ bukan tipe aku deh. Aku nyari yang serius dan menjalankan Islam dengan lurus. Lagian cuman member gold atau platinum bisa kirim pesan. Kadang di profile pake kode kayak pin bb, e-mail atau nama di skype. Ini pusatnya di Australia gak tau IndonesiaCupid kok dipertahankan, kayaknya orang Indonesia jarang mau bayar member, maunya ngakalin pake kode-kode gitu. Yang member gold atau platinum dikit banget, itu juga cuman bule nyari pacar sesaat di Indonesia.

Terus dapat email dari admin menyarankan aku gabung ke Muslima.com . Eh, gabung juga... hahaha. Pengen tau gimana sih kenalan sama muslim seluruh dunia. 



Tapi kalo aku kirim message ke cogan (cowok ganteng menurutku) gak ada yang balesin deh. Jadinya aku nunggu aja deh, kalo dapet message baru aku balesin. Ada sih beberapa kirim message, tapi ya, sekedar kenalan aja... ternyata untuk dapetin chemistry emang gak mudah...

Ada keturunan Syria yang jadi supir limo di North Carolina, USA kontak aku. Cuman sih, sempet chat lama akhirnya dia bilang setelah kasus menara kembar WTC dia diberhentikan dari perusahaan besar dengan gaji lumayan, sekarang dia sebagai supir limo dan gak mampu biayain aku ke sana. 

Dan ada beberapa lagi, setelah aku mempelajari scammer aku mensyaratkan untuk video call, gak cuman chat aja. Dari puluhan kali kenalan, sekarang aku sahabatan sama seseorang di Colorado USA, keturunan Iran tapi bukan Syiah. Masih sering chat, cuman jadi teman baik aja.

Dari seorang teman blogger di Kalimantan aku disarankan gabung di Singlemuslim.com . Situsnya berpusat di Inggris dan Islami. Kalo kirim email ada do'a-do'anya. Dan seleksi ketat baju tidak boleh seksi untuk wanita, serta ada peringatan untuk berbicara dengan sopan.



Di situs Singlemuslim jarang dapat message. Tapi walau sedikit, orangnya agak mendingan dibanding yang dari Muslima karena Muslima cenderung liberal. Ada yang sempet sering video call dan katanya serius cari istri. Tapi biarpun situs Islami yang... sorry... brengsek juga banyak.

Masih ada beberapa situs lagi, juga yang lokal. Tapi kadang gak user friendly, bingung caranya kenalan gimana. Aku juga sempat masuk situs punya Christian Sugiyono yaitu Setipe.com tapi setelah menjawab 120 pertanyaan disuruh nunggu nanti kalo ada yang cocok dikirimi email. Aku kirim pesan ke 3 orang yang katanya cocok gak ada satupun yang balas. Soalnya gak aktif, ada pemberitahuan akunku ditutup otomatis.

Update 1 Maret 2017

Akhir Januari 2017 aku mendapat kabar dari seseorang di Inggris keturunan Turki mau datang ke Indonesia setelah seminggu menerapkan tips dari pakar Law of Attraction

Tipsnya adalah

1. Menulis daftar pasangan yang diharapkan dari sifat yang positif, misalnya sabar, penyayang, pengertian dll. bukan penampilan dan harta. Soalnya kalo dari penampilan dan harta berarti itu berarti standarnya shallow atau dangkal. Karena law of attraction bekerja bila pikiran dan tindakan kita positif. Fisik dan harta itu bonus.

2. Simpan di tempat yang aman dan dekat sama kita. Boleh dompet, tempat perhiasan atau mana saja.

Amy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

9 comments:

  1. Lebih enakan kenalan di dunia nyata daripada di dating site.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dating site adalah sarana untuk mengenal orang lain. Ini adalah pilihan. Di Indonesia gak banyak yang bergabung dengan dating site, di negara maju mereka gak malu gabung dan mencari pasangan di dating site.

      Memang perlu filter lebih banyak soalnya banyak yang dari latar belang beragam. Tapi kalo aku sih dinikmati aja, kenalan chatting, kalo kurang ajar di block.

      Suatu saat dating site akan booming (kali)... semakin sulit mencari jodoh yang sepaham sekarang ini. Pasangan antar negara akan semakin banyak.

      Banyak wanita Indonesia menginginkan kehidupan lebih baik dan berharap dapat laki-laki asing dengan berbagai macam alasan tersendiri. Sebagian besar di dating site IndonesianCupid adalah wanita yang jelas-jelas menulis profil hanya tertarik dengan laki-laki asing.

      Terus laki-laki Indonesia gimana... coba deh, tingkatkan kualitas, akhlak, kemauan bekerja keras. Laki-laki jomblo high quality banyak dicari

      Delete
  2. kenali jodoh kita>> http://tabirjodoh.com/ramalan-jodoh-islami/

    makasih ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pikir ramalan tuh apa, udah baca sih artikelnya ternyata gak boleh minta ramalan kan. Ma kasih udah komen.

      Delete
  3. jodoh adalah misteri dari tuhan tidakbisa di sangka kapan datangnya tapi kita harus tetap berusaha bekut ini
    tips dan cara mencari jodoh atau silahkan kunjungi
    http://goo.gl/uqftZY

    ReplyDelete
  4. Anonymous said...
    Mba Amy, salam kenal. Saya juga sama dengan mba, praktisi online dating hehehe kalau Saya suka dengan Asian dating.com mba. Tapi belum ketemu Bule serius yang niat datang ke Indonesia mba. Kl mba gmn? Sudah dpt pasangin Bule?

    ReplyDelete
  5. haloo mba amii..boleh minta kontak email mau ngbrol sedikit tentang online dating..

    ReplyDelete
  6. emailku ratnawatiutami@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. saya 34thn, turunan arab, cari istri yg mau dididik dalam hal kebaikan,mau nurut suami, susah senang sm2 tuk ibadah, pin BB : 55AAAFB3

    ReplyDelete