Hati-hati dengan kosmetik abal-abal/gajebo yang dijual di internet

24 comments

Ciri-ciri Krim Pemutih yang Mengandung Bahan Berbahaya

Saat ini banyak beredar krim-krim yang mengklaim bisa memutihkan kulit. Tapi masyarakat sebaiknya waspada, karena krim tertentu kadang mengandung bahan yang berbahaya seperti merkuri dan hydroquinon.


Bagaimana cara mengetahuinya? Lapisan kulit yang disebut dermis mengandung sel pigmen khusus yang disebut melanosit yang berfungsi menghasilkan pigmen melanin yang nantinya didistribusikan diantara lapisan kulit. Sayangnya saat ini banyak orang yang terobsesi ingin memiliki warna kulit lebih putih, sehingga penggunaan krim pemutih meningkat. Hal ini karena dalam budaya tertentu, warna kulit terang dianggap memiliki keuntungan sosial.

Produk perawatan kulit umumnya populer di negara Asia dan Afrika. Dan sebagian besar produk pemutih kulit mengandung 1 atau 2 dari tiga pemutih kulit yang paling umum yaitu hydroquinon, merkuri dan corticosteroid atau hyrdocortisone (krim steroid). Merkuri dan hydroquinon digunakan untuk mengganggu produksi melanin (menghambat pigmentasi) dalam sel melanosit yang berfungsi memberikan warna kulit alami. Umumnya genetik dan paparan sinar matahari menentukan jenis dan jumlah melanin yang disintesis oleh melanosit dan pola distribusinya, seperti dikutip dari Emaxhealth, Rabu (14/3/2012).

Senyawa merkuri seharusnya tidak boleh digunakan sama sekali, sedangkan hydroquinon sebenarnya hanya boleh terkandung sebanyak 2 persen saja, jika lebih dari itu harus berdasarkan resep dari dokter. Tapi beberapa krim kulit mencampurkan merkuri atau menggunakan hydroquinon hingga mencapai 4 persen. Kondisi ini bisa memberikan efek buruk karena penggunaan hydroquinon jangka panjang bisa sangat beracun dan menyebabkan efek samping yang parah termasuk kerusakan ginjal, hati, sejumlah penyakit kulit dan keracunan.

Hal yang sama juga bisa terjadi jika krim pemutih mengandung merkuri yang dapat menyebabkan gangguan saraf, masalah emosi, mengakibatkan keguguran atau cacat pada janin, timbul flek serta bisa merusak lapisan bawah kulit. Berikut ini beberapa ciri khas dari krim pemutih yang menggunakan bahan berbahaya seperti merkuri atau hydroquinon adalah:
1. Hasil yang didapatkan adalah wajah putih seperti porselein atau pucat
2. Dapat memutihkan kulit dalam waktu singkat
3. Krim berwarna agak mengkilat dan kadang baunya menyengat atau diberi parfum
4. Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari seperti terasa panas dan kadang timbul rasa sangat gatal saat awal-awal digunakan atau timbul iritasi
5. Jika dioleskan ke kulit yang sensitif, misalnya bagian lengan atau belakang leher maka akan terasa panas dan gatal
6. Jika pemakaian dihentikan akan timbul bintik atau flek hitam di kulit. Jika memang ingin memutihkan kulit, tak ada salahnya untuk menggunakan bahan alami seperti bengkuang. Hal ini karena di dalam bengkuang mengandung zat pemutih. Penggunaannya bisa dengan cara dikonsumsi langsung atau dibuat masker.



Baca juga:




Sumber:

http://health.detik.com/read/2012/03/14/145456/1867157/766/ciri-ciri-krim-pemutih-yang-mengandung-bahan-berbahaya?l1101755

http://www.cosmetologyschool.org/fatal-attraction/
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

24 comments:

  1. ya sebagai konsumen seharusnya kita juga lbh cerdas & teliti agar produsen barang tsb bisa diatasi dengan rasional konsumen yg cerdas & pro aktif
    ngomong2 udah lama banget,kagak main kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga lama gak posting di sini, tapi di blog lain

      Delete
  2. wew banyak banget yah..
    untung aku gak pernah pake kosmetik
    paling juga sih pelembab itu jg yg merek'a jelas ky Garnier atau sari ayu *malah promosi* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nyoba yang aku jual juga boleh

      Delete
  3. Kosmetik meragukan kalau ragu ga usah dipakai saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang tergiur hasil instan Rio

      Delete
  4. Info penting ini, Mbak Ami, jangan sampai beli kosmetik maunya cantik jadinya malah sebaliknya karena produk yang dibeli ternyata abal-abal. Makasih banyak ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rekan kerjaku juga beredar ACAI BERRY dan krim wallet pak. Harusnya ditertibkan. Bahkan di Amerika juga banyak kecolongan, bisa liat di link SUMBER

      Delete
  5. wah iyah baru denger BMC ada steroidnya... lagi heboh dibahasa dimana-mana... tapi tau gag kira-kira berapa persen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau 1 persen atau 100 persen saya pilih gak pake

      Delete
  6. dan ternyata setelah dibaca banyak juga ya, mau cantik malah gak cantik kalau kalau kosmetiknya aja gak ada kejelasannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya sih memang mulus tapi belakangan wajah rusak tambah kusam dan belang-belang

      Delete
  7. Yang susah adalah masyarakat sering tidak acuh dan percaya begitu saja....

    ReplyDelete
  8. makasih infonya...
    iya tuh,,,skarang krim2 kaya bgituan lagi rame di internet ya iklannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka jualan saya bikin warning. Sebetulnya ceritanya panjang efek samping kosmetik abal-abal

      Delete
  9. Replies
    1. Yang ditulis untuk Natasha ada 2 krim dengan nama tertentu. Tidak semua, tolong dicermati

      Begini lho, pengelupasan kulit secara cepat dengan vitamin C dosis tinggi akan membuat kulit menipis jadi tidak kuat dengan sinar matahari. Dan itu tidak cocok untuk saya yang hobi berolahraga.

      Bahkan ada beberapa kostumer La R**** yang minta pebaikan di bagian kulit dan kelamin RS Sardjito Jogja, memang ada unsur cocok-cocokan.

      Pengalaman pribadi saya, setelah facial di La R**** lalu saya olesi VCO wajah bengkak selama 2 minggu. Rekan sekerja saya jadi saksi.

      Delete
  10. Ini yang merugikan
    gak bertanggungjawab dan hanya untuk pentingan sendiri semata.
    infonya bagus mbak Ami, terima kasih dan salam BW

    ReplyDelete
  11. Aku sih nggak berani nyoba iklan-iklan yang sumbernya nggak jelas di internet mbak... tapi memang sih ada yang nyoba2 beginian. Thanks infonya :D

    ReplyDelete
  12. nice article^^

    sayang, masih banyak konsumen yang memakai krim2 gajebo demi mendapatkan hasil instan. padahal resiko jangka panjangnya tidak terbayangkan :(

    ReplyDelete
  13. Klau cream sarri bgaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. amannya liat sudah terdaftar di BPOM belum

      Delete