Ekstrimis berolahraga bukan ekstrimis beragama

19 comments
Kalo aku pengajian di rumahku, maka pengisi pengajian akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana mengamalkan Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.  Pembicara pengajian ini mengedepankan ukhuwah Islamiyah, dan memprioritaskan akhlak dari hadits, bukan mengikuti sepenuhnya gaya berpakaian di jaman Rasulullah dulu. Ayat Al Qur'an dan hadits semua ada cerita yang melatarbelakangi. Bukan langsung begitu saja diterapkan.




Anggapan umum tentunya berpendapat bahwa ekstrimis Islam itu yang suka ngebom. Aku belajar Islam bukan menjadi ekstrimis, tapi penganut ekstrimis SEGO SEGAWE, suatu aliran di Yogyakarta yang artinya SEpeda kangGo SEkolah lan nyambut GAWE. Artinya naik sepeda untuk sekolah dan bekerja. Selain itu aku juga penganut ekstrimis olahraga softball. Boleh dicek kalo hari Minggu pagi pasti aku ada di lapangan softball UGM sedang latihan. Termasuk membantu para remaja ABG untuk berlatih olahraga secara tim untuk menyalurkan energi mereka dengan berolahraga. Semua tentunya dihargai, termasuk bagi atlit perempuan yang suka pake celana pendek. Kesannya sportif, bukan untuk menggoda lawan jenis. Lagian gerakannya tidak berlenggak-lenggok menggoda seperti hadits tentang berpakaian tapi telanjang dan berlenggak-lenggok. Beberapa yang berlatih, yang masih ABG menggunakan kerudung, training panjang dan lengan panjang. Toh masih bisa bercanda dengan yang pake celana pendek. Soalnya pertemanannya membahas olahraga, bukan membahas masalah ayat-ayat Al Qur'an dan bukan tempat menceramahi baju muslimah harusnya gini gitu.

Temen-temen lamaku suka komentar, wah masih bisa lari ya. Kok malah tambah langsing dibanding saat kuliah dulu. Soalnya banyak temen-temenku yang sekarang jadi overweight. Ada yang nanya juga tampangku gak banyak berubah. Sebetulnya semua juga tau jawabannya. Untuk supaya awet tua, alias umur tua tapi tetap seperti muda adalah rajin berolahraga dan kalo makan mengkonsumsi makanan sehat. Kebiasaanku banyak makan sayur dan buah mengurangi daging kok dikatain meyiksa diri. Emang doyannya buah dan sayur kok.

Faktor U alias faktor umur juga membuatku rajin mengkonsumsi suplemen. Seperti madu pahit, kapsul minyak zaitun untuk mengurangi efek matahari, kapsul gamat gold untuk regenerasi tulang. Selain itu ada cream muka mengandung gamat untuk mengatasi sengatan matahari. Soalnya fanatik dengan produk-produk herbal itu, aku nyari yang harganya murah, tapi berkualitas beli banyak dengan harga grosir lalu aku titipkan untuk dijual di koperasi sekolah. Belakangan dengan dukungan sahabat-sahabatku aku jual di toko online. Tapi blognya masih under construction. Kapan-kapan aku mau launching dan bikin giveaway serta bagi-bagi minuman kesehatan dalam bentuk sachet. Mohon do'anya ya...

(sedikit diedit barangkali tadinya tulisannya terlalu spontan, capek latihan, pengen mukulin pake bat softball  orang yang ngatain aku enggak-enggak... maaf ya, udah gak pengen mukulin lagi kok, masih belajar untuk sabar...)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

19 comments:

  1. wah suka judulnya mi.. @.@
    lebih kearah yang menguntungkan buat bersama..

    ReplyDelete
  2. aku pengen banget bisa olahraga, memanah, berkuda, seperti kebanyakan pemuda muslim jaman rasul dan kejayaan islam

    tapi apa boleh buat aku ga pernah berkuda, jadi baru bisa ngerasain ngowes sepeda dan berkendara motor

    ReplyDelete
  3. Aku bantu doa deh, semoga lancar dan sukses yaa :)

    ReplyDelete
  4. Aamiin aku doain juga semoga jualannya sukses mba

    ReplyDelete
  5. Semoga cepet launcing dan sukses bisnisnya sob :)

    ReplyDelete
  6. Jadi bingung,...jadinya yang dimaksud extrimis itu apa ya,.??

    ReplyDelete
  7. agama itu mah urusan manusia dengan tuhan
    manusia lain ga boleh kasih cap apapun tentang itu
    mau pake baju rapet apa ga pake baju
    selama ga mengusik kita secara pribadi, ngapain repost..?

    ReplyDelete
  8. Bila kita berada di daerah Arab memang kostum seperti itu bisa diterima, tapi bila di Indonesia malah mencolok dan menjadi pusat perhatian.(copy dari atas)

    " ga bisa gitu..mereka meyakini apa yg udah mereka pelajari harus kita hargai, katanya umat Islam jgn cerai berai sesuai tulisan antum, (copylagi)
    http://amiratnawatiutami.blogspot.com/2012/01/menurut-quraish-shihab-jilbab-tidak.html?showComment=1335622908257#c6474390220692514732
    Umat Islam yang sama-sama mengucapkan syahadat dan membaca Al Qur'an, bersatulah untuk melawan ZIONIS. Zionis ini paling seneng kalo umat Islam perang sendiri

    bertentangan dong tulisannya..

    pertanyaan saya buat kaum lelaki, tertarikah melihat wanita cantik berjilbab??
    ternyata wanita tersebut telah bersuami...bagaimana perasaan suaminya?? nah mungkin wanita ini bercadar karena ingin menjaga perasaan suaminya dan menjauhkan fitnah , ya gapapa kan? bagus malah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku tidak bertentangan. Biasanya yang bercadar itu tidak mau bergaul dengan yang tidak bercadar. Kalo yang bercadar ingin mengabdikan hidup pada suami, itu silakan saja.

      Temanku yang punya istri bercadar prakteknya tidak mau bergaul dengan yang tidak bercadar. Itu kan pilihan hidup. Paling ya dunianya beda... toh aku gak mungkin main sofbol dengan tipe yang bercadar, nonton sofbol juga pasti gak mau. Ke Sunmor minggu pagi juga hampir tidak ada yang bercadar.

      Kalo beranggapan bercadar itu baik ya urusan anda deh... saya pilih tidak bercadar bersama mayoritas muslimah Indonesia, termasuk saat naik haji aturannya wajah dan telapak tangan kelihatan

      Delete
    2. Soal lelaki yang tertarik dengan wanita berjilbab? Lelaki sholeh Insya Allah akan menundukkan pandangan. Kalo istrinya dipandangi laki-laki lain tanpa mengganggu sampe ngejar-ngejar ngapain juga cemburu buta.

      Kayaknya lebih pas kalo laki-laki yang menjawab. Sampai sejauh apa sih berbahayanya wanita tanpa cadar di Indonesia? Diperkosa supir angkot? Itu kan kasus... tidak semua wanita tanpa cadar diperkosa.

      Tapi menarik juga pertanyaan anda, mencoba memandang dari sisi lain. Akhirnya kembali ke pilihan hidup. Saya suka bersepeda, sekali-sekali nonton ke mall tanpa menjadi sorotan karena kostum berbeda, termasuk ke toko buku numpang baca buku. Ingin menikmati hidup apa adanya sewajar-wajarnya, termasuk kopdar dengan para blogger di mall

      Delete
    3. anonymous,...sebaiknya buka topengmu dan baru kita berdebat,..karena anda anonymous saya curiga kalau anda sendirilah sebenarnya yang yahudi tapi berpura2 islam,...

      Delete
  9. Judulnya mantabs Mba Ami..

    Ayo semangat ber olah raga..
    Minggu PAgi di lapangan softball UGM ya..
    aku catat * mo ngintip Mba ami ahh*

    ReplyDelete
  10. oooo...., penganut aliran ekstrimis SEGO SEGAWE ya Mbak...
    boleh juga tuh, aku juga mauuu....

    ReplyDelete
  11. aku penganut aliran apa ya? sega sepiring wae. nggak usah banyak-banyak.

    ReplyDelete
  12. Mengeluarkan pendapat itu sangat mudah tapi menghargai pendapat itu yang sangat susah di negeri ini tanpa harus berkata,
    ambil aja hikmah'a mba,soalnya aku juga udah sering kok dari dulu dihina tp untung setiap habis dihina besok'a dapat rejeki baru :)

    ReplyDelete
  13. sego segawe ya Mbak. bravo untuk olahraganya.

    ReplyDelete
  14. Sewaktu aku tahu umur Mbak Ami yang sesungguhnya, semula aku nggak percaya karena Mbak Ami nampak sangat muda. Tetapi sekarang aku tahu bahwa Mbak Ami memang awet muda lantaran Mbak Ami rajin olahraga. Salut, Mbak Ami, kepingin rajin olahraga seperti Mbak Ami deh.. :)

    ReplyDelete
  15. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi .,.
    jangan pernah mengeluh dengan apapun .,.
    tetaplah semangat dan nikmati semua.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete