Iklan Facebook yang menyesatkan

31 Comments

Beberapa kali aku membaca tulisan pembaca di surat kabar keluhan tentang iklan jualan di Facebook yang menyesatkan. Kamera yang seharusnya 20 jutaan cuman dijual belasan juta. Trus laptop yang 5 jutaan hanya 3 jutaan. Biasanya iklan ini ngetag orang sebanyak-banyaknya.

Modus pertama :
Ditransfer uang muka perjanjiannya barang akan dikirim. Setelah ditransfer, dikabari supaya dilunasi. Setelah dilunasi ternyata barang masih belum dikirim juga

Modus kedua :
Setelah ditransfer sesuai harga barang masih belum dikirim karena alasan ini itu

Sejauh ini baru dapat modus ini saja. Laptop murah, apa bisa dipercaya kalo tidak melihat sendiri, dicek sendiri. Kok bisa percaya begitu saja dengan foto.

Pokoknya heran saja deh, kalo ada yang sukses dengan penipuan, dengan segera dicontoh oleh penipu yang lain. Segera jadi trend dan dicoba peruntungan penipuan itu dengan kata-kata lebih indah, gambar lebih menawan. Hati hati, waspadalah... waspadalah...


Amy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

31 comments:

  1. ternyata seperti itu bisa di manfaatkan untuk penipuan ya...??

    ReplyDelete
  2. hehehe waduh ko makin miris ae ya mba dengan keadaan dinegara ini, tipu menipu seolah2 menjadi legal.

    ReplyDelete
  3. teliti sebelum memberli, baik dari barangnya maupun penjualnya.. setuju mbak??

    ReplyDelete
  4. hehehe iya dek...begitu banyak penipu di bulan suci ini...
    Fb ku aja jg hilang gara2 di curi iklan Hp....gak ngerti deh gimana mereka bisa nyuri begitu...

    ReplyDelete
  5. kalo saya sih mending beli putus, yang namanya jual beli dalam islam kan harus jelas barangnya, dan jelas akadnya (ijab kabul sesama penjual dan pembeli).

    ya to?.. belanja online boleh aja, asal jelas semuanya.

    ReplyDelete
  6. bulan puasa masih aja suka tipu2...

    btw mbak. saya masih penasaran sama komen mbak yang ini di blog aku --> "harus ada yang memperjuangkan kebenaran. yang lain mau kena kualat silakan, aku enggak mau.... Nuel gak mau juga kan..."

    perasaan saya ga ngomongin hal2 yang bahaya koq? cuman harapan dan curhat soal pengalaman 17an. :(

    ReplyDelete
  7. wah wah ... modus yang keren nih
    tapi rodok nggilani mbak, kecuali yang mudah dikibulin

    ReplyDelete
  8. @ cakbass, ya begitulah. penipuan gambling yang marak

    ReplyDelete
  9. @ baha, gak legal, cuman mencari celah siapa yang mau ditipu... ada saja yang tertipu

    ReplyDelete
  10. @ Rakun, entahlah, gak takut dengan peribahasa siapa menabur dia menuai

    ReplyDelete
  11. @ Putri omsima, tapi ada yang ketipu ya

    ReplyDelete
  12. @ Dhenok, kayaknya sih ada semacam kebanggaan bisa beli harga murah malah ketipu. agak ceroboh yang berani transfer

    ReplyDelete
  13. @ bunda Loving, namanya juga dibobol. Buat yang suka utak-utik memang tau caranya mbobol fesbuk orang

    ReplyDelete
  14. @ Gaphe, seharusnya dibiasakan begitu. Ada yang suka kredit Phe... dan ada yang males keluar rumah, survey kesana sini

    ReplyDelete
  15. @ Nuel, maksudnya kalo nanti bekerja di bidang hukum bekerjalah yang jujur... kesel dengan kasus hukum di Indonesia yang carut marut

    ReplyDelete
  16. @ John Terro, aku gak minat blas, tapi kaget begitu ngeliat ada yang tertipu

    ReplyDelete
  17. oala, zaman makin maju tingkat penipuan pun ikut maju,,jd #sedih liat nya

    ReplyDelete
  18. kenapa musti tertarik barang murah yg diluar logika
    cari yg normal normal aja deh...

    ReplyDelete
  19. untuk bertransaksi via internet memang ekstra hati-hati dibanding dengan yang konvensional. Bisa dilihat dari situs resminya (nilai kredibilitas), lihat pada forum atau bisa ditanya tentang situs tersebut, bisa dipercaya/tidak.

    salam Bunda Ami

    ReplyDelete
  20. saya ga pernah mempedulikan iklan begituan. biasanya saya langsung blok.. :)

    ReplyDelete
  21. jul beli online emang hemat waktu dan tenga, tapi aku lebih suka yang dibilang mas gaphe, lebih afdhol aja gitu rasanya, hehehe

    ReplyDelete
  22. Dunia maya memang rawan penipuan.

    ReplyDelete
  23. Betul, di FB banyak banget. Hal ini yang menurunkan CITRA peBISNIS ONLINE.

    Menurunkan kepercayaan masyarakat kepada peBISNIS ONLINE yang JUJUR. Padahal yg berbuat jelek seperti itu hanya OKNUM saja...

    :)

    ReplyDelete
  24. bulan puasa masih juga ada penipu, keterlaluan!

    ReplyDelete
  25. salam sahabat
    saya juga sering noch mbak dapat tag tag yang kayak gituan wes tanpa respon gitu aja

    ReplyDelete
  26. Bener banget tuh, lagi banyak-banyaknya yg model jualannya begitu di facebook O_O

    ReplyDelete
  27. dimana-mana kalau beli barang cek harga dululah biar bisa tahu harga pasarannya

    ReplyDelete
  28. Makanya kalo beli barang elektronik jangan via online deh. Semacam hape, laptop, kamera, mending beli langsung ke dealer. :|

    ReplyDelete