Belanja kurma untuk buka puasa

August 01, 2011 Amy 15 Comments

Kemarin aku ke Amplaz beli kurma. Ingin tau aja suasana di sana. Ternyata situasi lalu lintas di depan kasir padat merayap. Alhamdulillah masih sempet shalat maghrib di musholla yang lokasinya di Mezzaine atau tingkat tertinggi di Amplaz.

Berhubung pulangnya kayaknya gak nyampe ke rumah, tarawihnya di masjid dekat Amplaz. Ceramahnya tentang mengapa umat muslim perlu berpuasa di bulan Ramadhan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan ini. Puasa ditujukan bagi kaum mukmin, bukan untuk Islam by ID (Islam katepe), ngaku Islam cuman di katepe doang. Soalnya kalo mukmin akan puasa dengan ikhlas lilahi ta'ala, ditujukan untuk Allah, bukan mengambil hati pacar, calon mertua, temen, atau siapa saja yang lain.

Berbuka puasa dengan kurma itu mencontoh yang dilakukan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam sebelum shalat maghrib. Kurma yang rasanya manis ini mudah dicerna, mengandung antioksidan yang tinggi.


Ini ada obrolan orang Sunda (S) dan orang Jawa (J). Orang Sunda menawarkan kurma pada orang Jawa..

S : Silakan dimakan kurmanya, ini amis lho...

J : Kok amis sih, wong rasane legi kok...

(silakan diterjemahkan sendiri di Google translate, hehehe...)

15 comments:

  1. haha, amis2 legit deh mbak :D
    berarti nggak cuma di BJM yang mallnya penuh banget, ngantri di kasir puanjang. saya mutusin nggak jadi beli, soale cuma 1 barang tapi ngantrine lama. orang2 pada menggunung isi trolinya >.<

    cara tahu kurma yang bagus gimana ya mbak? saya nggak sempet beli kemarin, apa kita nanyak jenisnya? kan kalo nyicipin juga nggak bisa misale pas puasa :)

    ReplyDelete
  2. Oo...Amis itu sama dengan manis toh...

    Mau kurmanya,,,

    ReplyDelete
  3. Aku juga di kampung rame bangget mba di pasar macet pokoknya meledak deh hehehee

    ReplyDelete
  4. kalo kurma,saya biasa konsumsi yang kurma cair.

    @Mbak Ajeng:
    saya juga jual kurma utuh , jadi sedikit tahu tentang kurma.
    pertama, tidak lengket ketika dipegang karena bisa jadi telah dilumuri madu atu gula cair, kemudian selaput luarnya tidak sobek/rusak, trus yang enak adalah yang bentukya besar tidak lembek

    ReplyDelete
  5. kemarin istri saya beli asem satu kantong plastik, saya kira korma. selamat berpuasa semoga barokah.

    ReplyDelete
  6. jadi kepengen berbuka dengan kurma nih Mbak, hehe..

    ReplyDelete
  7. dulu pernah nyobain sekali mbak. tapi koq rasanya manis banget dah.

    ReplyDelete
  8. boleh nih dipaketin kurmanya barang sebungkus ke Jember hehe

    ReplyDelete
  9. Ngomong2 soal kurma, alhamdulillah saya dapet kurma dari tetangga, kemasannya keren lho mbak #eh
    #salahfokus

    ReplyDelete
  10. korma juga adalah my favourite fruits kala ifthor tiba...dikit aja pasti bikin stamina segerr kembali...'tp ingat makannya ganjil yaaahhh

    ReplyDelete
  11. aku gasuka kurma
    terlalu manis
    apa karena aku udah manis ya..?
    halah..

    ReplyDelete
  12. @pak Sis : terima kasih pak, hehe pertanyaan saya sudah dijawab. sayange di Blitar pak. coba deket2 sini saya mampir beli deh >.<

    ReplyDelete
  13. Wah.ternyata hoby kita sama ya..sama2 suka buah korma yang'amis'...Mat berpuasa Ami..

    ReplyDelete