Memasang anti copy paste di blog

12 comments
Beberapa minggu ini aku baca banyak tulisan blogger yang gelisah karena tulisannya dicomot orang lain diaku tulisan mereka. Sudah resiko yang bisa nulis dengan kata-kata indah itu banyak penggemarnya. Trus saking kesemsemnya dengan tulisan itu ditaruhlah di blognya, diaku sebagai tulisannya sendiri. Aku juga nyomot istilah dari seorang blogger yang mencak-mencak, yang headernya ada tulisan bad hair days, trus aku tulis di blog ini judulnya ALASAN KENAPA WANITA MARAH TANPA ALASAN.

Menulis tentang Isra' Mi'raj kemarin, aku banyak membaca referensi. Di perjalanan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam banyak melihat wanita dihukum di neraka. Nampak orang berkuku tembaga yang mereka mencakar muka mereka sendiri. Itu adalah gambaran hukuman bagi orang yang suka mencaci maki orang lain.

Ada blog seorang ABG yang tampilannya kyiut banget, oalah... Isinya jelek-jelekin orang. Aku baca sekali dia nulis tentang orang bau di angkot, abis itu aku gak baca lagi. Kalo orang lain baca itu lucu, menurutku sama sekali gak lucu. Si blogger ini lagi menyumbangkan pahala yang dimilikinya kepada orang bau yang ditulis sampe cuih, cuih segala.

Berbeda bila menulis untuk mengkoreksi akhlak yang buruk. Misalnya ada hadis menyatakan pada akhir jaman nanti akan ada wanita berpakaian tapi telanjang maka laknatlah mereka. Tulisan yang tidak populer yang menentang dunia bisnis, fashion dan hiburan.

Semua orang memang mengalami proses kehidupan. Aku sendiri waktu muda juga sering seenaknya sendiri ngelakuin hal-hal yang aku sekarang merasa malu kalo ingat. Makanya sekarang sudah tua mencoba mengingatkan buat yang muda-muda, hindari ngejelek-jelekin orang lain, mencak-mencak (aku juga sering ngelakuin) itu sama sekali gak lucu, malah mengerikan bila tau hukumannya di neraka.

Sedangkan bila kita menuliskan tentang kebaikan maka resikonya penggemarnya sedikit. Lebih parah lagi tulisan kebaikan hanya sekedar slogan yang tidak pernah diamalkan.

Bagi para penulis yang tulisannya indah, sebaiknya pasang anti copas, banyak kok blog yang ngebahas itu. Supaya kalian boboknya bisa nyenyak gak usah marah-marah di blog.

Aku sih andai di copas (kayaknya gak mungkin banget, tulisanku acak kadut gini), gak aku pikirin. Tapi kalo ada ya, semoga ada hikmah yang bisa diambil dari tulisanku. Kalo bisa membuat orang lain senang ngebacanya jadi ladang pahala kan. Allah tau kok siapa penulis aslinya...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

12 comments:

  1. buang buang energi mikirin yang kayak gitu
    mendingan buat mikir lain yang lebih bermanfaat
    kita nulis di internet
    sudah seharusnya kita menyadari dari awal bahwa semuanya bisa diambil orang
    kalo aku pribadi sih bebas saja orang mau ngapa-ngapain
    toh tulisanku juga banyak yang nyomot ide orang
    sama saja toh..?

    ReplyDelete
  2. copas..kayaknya lagi musim..lagi..nih... ehm... mbok ya podho kreatif... kalo mo copas.. mbok cantumin..sumbernya..ya..mbak..he.he.he

    ReplyDelete
  3. walau kesal juga sma orang2 yang ga kreatif tapi terus terang Bang Pendi ga terlalu mikirin, soalnya Bang Pendi merasa tulisannya nggak ada endah2nya untuk dicopas, hehe

    ReplyDelete
  4. kalo blogspotku INSYA ALLAH selagi opini pribadi saya sekuat mungkin untuk membuat sendiri heheh Alhamdulillah ketikan demi ketikan juga ada hasil kepuasaan pribadi dan kebanggan buat para blogger seperti kita ...

    dan perlu saya beritahu juga saya punya blog dalam bentuk wordpress yang kebanyakan artikelnya 70% merupakan HASIL COPAS yupz tapi COPASNYA dalam bentuk INFORMASI DATA INFORMATIF DAN OTENTIFIKASI SEBUAH HAL ILMIAH ...

    untuk puisi/opini sangat tidak disarankan untuk / malah dilarang untuk dicopas karena hak milik pribadi ^_^

    hehehehe mengenai blog yang isinya kebanyakan ABABIL alias ABG LABIL gak usah dipikirn cape mikirinnya wakakakakaakakak ....

    ReplyDelete
  5. kalo soal itu, biarin aja mbak.... tokh yang dibilang bau orang lain ini yang belon tentu kenal sama dia dan tau blog. have fun aja. ga usah diambil serius. seloooowwww... hidup ini singkat.

    ReplyDelete
  6. Saat pertama kali bikin blog, saya sudah menyediakan hati ini untuk pasrah (dalam arti yang luas, dan bukan berarti saya cuek lho Mbak, hehe), seandainya blog saya akan begini dan begitu. Ya, salah satunya copas.

    Tapi kasihan juga melihat rekan2 blogger yang tulisannya dibajak. Apalagi bila tulisan itu berisi tentang sesuatu yg sifatnya pengalaman pribadi.

    Yang penting tetap semangat...!

    ReplyDelete
  7. yg penting gak berhenti nulis itu aja kok.. lagian dipikirin jg gak bakal ada yg nurut, tetep aja budaya copas itu berjalan...

    kalo gak pengen dicopas nulisnya jgn diblog, tp ditembok kamar aja deh..
    hehe...

    ReplyDelete
  8. yang paling saya sayangkan adalah, kenapa harus ada kata-kata kasar yang dilontarkan ke para pengcopas. seperti diblog yang mbak sebut diatas. dia sempat memaki-maki para pengcopas. hhh, menyedihkan.

    ReplyDelete
  9. agak berat juga sebenernya Mi, tapi emang sih tujuan orang kan beragam ketika ngeblog. memang tujuannya ada yang buat curhatan pribadi gitu..
    tapi balik lagi sih, gimana kita nyikapinnya..

    kalo saya sih, kalo suka yaa baca.. kalo nggak suka ya tinggal aja.

    nggak perlu sampe dipublikasikan segala hasil bacaanya.

    ReplyDelete
  10. kalo aku sih terserah mbak orang mau copas
    asal copasnya ga satu blog saja :D

    ReplyDelete
  11. Soal copas, kayaknya lagi rawan ya mbak? >.<
    Saya sendiri udah pasang anti copas di blog, walau tulisan saya gak seindah pelangi disore hari, tapi ya buat jaga-jaga aja. #apapulaini

    ReplyDelete
  12. saya setuju sama gaphe.... kalo suka yaa baca. ga suka, tinggalin. ga perlu ampe dipublikasiin kayak gini kali. itu hak mereka. hargai hak mereka.

    dan pastinya ketika mereka nulis itu, mereka udah tau koq dampak2nya. santaaai....

    hidup ini singkat. bawa santai saja, kawan.

    ReplyDelete