Tutorial untuk bahagia

6 comments
Mendefinisikan bahagia itu memang gak mudah. Setiap orang punya kebahagiaan versi mereka masing-masing.

Bahkan bahagia itu ada tutorialnya. Ada beberapa buku yang ngasih tutorial agar bahagia. Misalnya Dale Carnegie menerbitkan buku yang isinya orang-orang yang bahagia karena berhasil mengatasi masalah dalam hidupnya.

Buku tentang psikologi juga ada tutorial mengatasi salah kaprah pemahaman pengembangan tentang kepribadian. Phobia misalnya, atau kegelisahan karena merasa tidak sanggup keluar dari masalah.

Sedikit ngebahas aku, aku sebetulnya pada dasarnya baik-baik saja di Jogja, trus flashback ingatan yang sempet hilang muncul, dan itulah saat yang menggelisahkan banget. Tapi tetap berusaha mengatasi. Ternyata proses mengatasi kegelisahan bermanfaat juga buat sharing.

Buatku bahagia itu damai di hati. Saat hati damai, kita bisa bicara dengan nurani kita. Emang nurani itu apa coba, nyatanya ada istilahnya di bahasa Indonesia. Nurani aku kusebut si Bejo. Kalo bisa ketemu Bejo, berarti aku gak kalut, aku lagi tenang, bisa berdamai dengan diri sendiri.

Dari Bejo aku melihat dunia jadi cerah. Itulah alasan kali Ibu Kartini mengarang buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Whateverlah, mungkin maksud beliau akhirnya wanita sekarang boleh sekolah. Tapi intinya hati yang bahagia adalah hati yang terang, bisa melihat dunia dengan perpektif lebih baik.

Lagu yang kunyanyikan di postingan beberapa hari yang lalu memang pas untuk tema tulisan ini. Damai bersamaMu. Bila mendekatkan diri dengan Sang Pencipta maka hati kita akan damai, merasa tenteram, dan bahagia.

Cara mengatasi masalah, selain mendekatkan diri dengan Allah adalah membantu orang lain sepenuh hati. Hukum kekekalan energi ternyata bisa dikaitkan di sini. Saat menolong orang lain, akan berdampak pada kita. Energi positif itu akan berbaik ke kita. Saat kita butuh, akan ada yang membantu kita untuk menyelesaikan masalah.

Dua paragraf terakhir inilah tutorial untuk bahagia versi aku. Singkat memang, bagaimanapun juga, semoga bermanfaat...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

6 comments:

  1. agak sulit memang mendefinisikan bahagia itu apa tapi yang pasti bahagia itu datang dari diri kita sendiri...

    ReplyDelete
  2. aku juga sering interaksi ama nuraniku sendiri mbak, kadang seperti ngomong terus ada yang jawab. cuman nggak ada wujudnya, kitanya aja yang ngrasain...


    damai kalau menurut aku, saat aku baca Al-Qur'an dan saat itu pula semuanya ku lepas mbak...aku nggak mau mikirin yang tadi atau besok pokoknya aku ngaji... tentram jadinya :)

    ReplyDelete
  3. Kalo untuk tutorial bahagia sendiri bagi saya kurang mbak .. yaitu di temani oleh orang yang kita sayangi ..
    saya berasa bahagia bila mereka yang kusayangi mengetahui bahwa saya baik - baik saja dan sebaliknya ..

    ReplyDelete
  4. belajar membaca Alquran dan bisa walau 2 ayat berturut2 itu bikin saya bahagia mba ...

    ReplyDelete
  5. kebahagiaan terletak caranya bagaimana mana kita mensyukuri nikmat Allah..... mungkin gangguan mbak jadi susah komen diblogku....hehehehehe

    ReplyDelete
  6. baru kali ini nih ada tutorial bahagia, biasanya kan tutorial ngeblog... ehehehe

    ReplyDelete