Crop Circle di Jogja, apakah jejak dari UFO?

10 comments
 Diambil dari foto milik keponakanku Rian




Mengutip dari Wikipedia, dijelaskan Crop Circle adalah:

Lingkaran tanaman (dari bahasa Inggris:crop circles) adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman, seringkali hanya dalam waktu semalam. Fenomena ini pertama kali ditemukan di Inggris pada akhir 1970, dengan bentuk pola-pola lingkaran sederhana. Pada masa-masa setelahnya, pola-pola tersebut kini cenderung bertambah rumit dan tidak terbatas hanya pada hanya bentuk lingkaran. Namun karena mengacu pada asal-usulnya, maka istilah lingkaran tanaman ini masih dipertahankan. Mereka yang mempelajari fenomena lingkaran tanaman ini sering disebut juga dengan istilah "cerealogis", dan ilmu yang mempelajari fenomena ini disebut dengan cereolog. Para Cerealogis kemudian mengembangkan istilah baru untuk fenomena ini, yaitu agriglif.


Masih dari Wikipedia tentang fenomena crop circle di Jogja:

Pada hari Minggu tanggal 23 Januari pukul 17.00 WIB pihak Kepolisian Republik Indonesia di sektor Sleman membenarkan munculnya lambang misterius berdiameter 70 meter yang dicurigai terkait dengan isu atau makhluk luar angkasayang dikenal dengan sebutan lingkaran tanaman atau di daerah persawahan di Gunung Suru Jogotirto di Sleman. Pihak kepolisian yang menyelidiki bahkan telah mengabadikan foto langka tersebut sebagai dokumentasi. Lingkaran tanaman di ladang tersebut diyakini sebagai kejadian yang pertama di Indonesia dan juga disaksikan para warga sekitar tempat kejadian tersebut walaupun cuaca hujan dan tidak baik. Para warga sendiri meyakini lambang tersebut adalah simbol pendaratan pesawat UFO dari planet lain. Seorang anak kecil mengaku melihat kejadian tersebut saat cuaca buruk di hari itu dan menyebutkan bahwa sebuah angin puting beliung terlihat naik turun di ladang tersebut dan membentuk lambang misterius tersebut.


Pengakuan mahasiswa jurusan Matematika UGM (adik kelasku dong)

"Kami yang membuat jejak UFO ini adalah anak-anak Sains MTK dan Pertanian,'' terang mahasiswa yang setahu saya baru tamat SMA tahun 2008 ini. Si mahasiswa memangcukup pintar soal Matematika dan gila internet. Sayangnya, si mahasiswa tidak mau memberi tahu menggunakan alat apa mereka membuatnya. Sebenarnya masih banyak lagi isi sms dan chat kami lewat FB yang sengaja tidak diterbitkan.

Secara logika, dapat kita ketahui mahasiswa gokil ini menggunakan pembajak sawah yang beroda, melihat dari hasil jejak crop circle yang disebut warga jejak UFO itu. Lihat saja Padi yang mereka gilas jatuhnya searah. Menurut mahasiswa berambut cepak dan berkacamata ini (maaf kalau ditulis ya bro ciri-cirinya), pembuatannya sangat rumit, mereka merancang dengan baik-baik menggunakan desain dan ilmu hitung Matematika dengan sangat teliti.

Darimana mereka terinspirasi dan dapat contoh Jejak Ufo ini.(Sekali lagi maaf bro...) Jejak UFO ini terinpirasi oleh beberapa jejak Ufo yang telah diketahui faktanya di beberapa tempat di Jerman dan California Amerika. Bahkan menurutnya di Jerman jejak Ufo fiktif seperti di Sleman ini sudah dibuat ketika Tv-tv di Indonesia masih didominasi oleh Tv hitam-putih, tahun 80-an! Jejak Ufo seperti itu sudah ada sejak lama,'' katanya lewat chat. Terang saja setelah tim Studentmagz.com melakukan riset lewat internet, fakta itu benar, bahkan beberapa pelaku pembuat jejak Ufo di Jerman malahan mem-video-kan ulang cara mereka membuat jejak Ufo tersebut dalam berbagai bentuk yang sangat indah jika dilihat dari ketinggian.

Tapi Studentmagz.com tidak terkejut ketika mendapati jawaban alasan mereka membuat crop circle yang katanya jejak Ufo ini. Pertama, tentu saja mencoba dan mempraktekkan kemampuan Matematika terapan dan desain mereka, yang tidak disangka-sangka sebelumnya, berhasil dan bernilai seni tinggi serta diberitakan secara jor-joran di Tv swasta. Kedua, tentunya mahasiswa pintar-pintar dan cerdas ini ingin mencari sensasi.

'Daripada ikutan pusing mikiran Gayus, mending bikin heboh aja,'' ujarnya dengan kode Laughing Out Loud (LOL) di desktop chatting-nya.


Mungkinkah UFO? 

Aku sebagai orang Islam yang merujuk pada AL Qur'an tidak percaya ada UFO. Teori lain karena SUTET (listrik tegangan tinggi) atau angin puting beliung hanya sebatas teori dangkal yang belum ada penjelasan ilmiahnya. Sedangkan bila dilakukan oleh makhluk gaib, setauku manusia yang bisa melihat gaib belum tentu melihat hal yang sama karena jin bisa memberi halusinasi berbeda pada manusia yang mencoba melongok ke alam gaib. Atau ada yang bisa memberi masukan lain?

Laa haula wala quwwata illa billah (tiada daya dan kekuatan melainkan karena Allah)


Allah berfirman
"Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. " (QS. Al A'raf[7] : 179)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

10 comments:

  1. Emang terbukti bikinan manusia koq itu.. kenapa heboh yak.

    ReplyDelete
  2. @ Gaphe, entah ya. soal manusia atau bukan aku serahkan masing-masing. aku pilih itu tanda-tanda kekuasaan Allah

    ReplyDelete
  3. katanya ada korban yang meninggal gara-gara naik bukit pas hujan untuk lihat lokasi dari ketinggian. ya?

    ReplyDelete
  4. itu bikinnya di sawah atau di mana sih? kalau di sawah, kan kasian petaninya. udah capek-capek nanem padi di isengin kaya gitu. emangnya nanem padi gampang apa...
    #sewot.com

    ReplyDelete
  5. Ouu.. ternyata ada yang sudah mengaku kalau itu buatannya.. Menarik sekali..

    Dian

    ReplyDelete
  6. Kata lapan itu buatan manusia, mungkin pengakuan mahasiswa itu benar.Salam kenal, follow balik ya.

    ReplyDelete
  7. Hmmm...Artikel yang bagus, saya juga follow blog sobat, follow balik ya.

    ReplyDelete
  8. @ Andi Sakab, kalo mau ngeliat mesti naik bukit yang licin. Waktu itu ada hujan dan petir menyambar sampe kaget terus jatuh, kepalanya terbentur batu. Ceritanya gitu.

    @ Huda Tula, padinya itu masih tumbuh, hanya miring tidak patah jadi masih bisa dipanen. Tapi sekarang yang mau nonton dipungut iuran, foto2 crop circle laris banget. Berkah buat pemilik juga tuh

    ReplyDelete
  9. @ Baju bayi, saya juga bisa ngaku mbikin loh

    @ Anton Wijaya, menurut saya fenomena alam tuh

    @ciloteh, met kenal, sudah follow balik

    ReplyDelete
  10. yang aku heran ini para penduduk dan petani disana bilang gini "ini peringatan dari gusti Allah"
    hebat, masih ingat dengan tuhan atau memang gak tau blas

    ReplyDelete