Basah-basahan

9 comments
Hari Sabtu 16 Januari 2011, playgrup Budi Mulia Dua Terban Jogja mengadakan program yang disebut parenting. Program ini adalah program yang melibatkan peran orang tua di sekolah. Sebetulnya programnya disebut dengan tema Bermain Air, tapi aku pribadi menyebutnya dengan acara Basah-Basahan.Tentu saja beberapa hari sebelum program ini diselenggarakan, sekolah sudah memberikan surat yang isinya mengharap kehadiran orang tua dan membawa baju ganti.



Permainan pertama masih belum menggunakan air. Anak melempar bola yang dicoba untuk dimasukkan ke keranjang yang dipegang oleh orang tuanya.



Permainan kedua adalah memukul kantung plastik berisi air oleh anak dengan tongkat dengan diangkat oleh orang tuanya.


Permainan ke empat, nyemplung ke kolam renang mini. Yang namanya anak-anak, ekspresi senengnya heboh. Apa kalo sudah remaja, atau jadi tua mudah untuk bersenang-senang hanya dengan air di kolam kecil?


Permainan terakhir adalah mengambil ikan kecil di ember besar. Tentu saja mesti dibantu oleh orang tuanya. Sederhana ternyata ya, ikan kecil itu bisa jadi hiburan yang menyenangkan buat anak-anak.






Kebetulan pada hari yang sama ada tamu rombongan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Ceria dari Kasongan, Bantul. Mereka berkunjung untuk melihat metode pendidikan di playgrup ini, yaitu ada sentra-sentra. Sentra-sentra ini ada sentra persiapan (berhitung, membaca, Iqro'), sentra bahan alam (permainan menggunakan bahan alam seperti daun, biji-bijian, tepung, air), sentra balok, sentra Imtaq (dasar pendidikan agama Islam), sentra peran (ruangan diseting seperti rumah sakit, rumah makan, dan lain-lain).



Ternyata mudah ya menyenangkan anak-anak. Hanya saja perlu persiapan untuk bermain air, jangan setiap saat.Interaksi antara anak dan orang tua membuat anak lebih bahagia dan percaya diri, karena perhatian yang ditunjukkan oleh orang tua akan memberikan rasa aman...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

9 comments:

  1. interaksi yang positif dengan suasana yang sangat menyenangkan Insya Allah memberikan makna mendalam dalam membangun kepribadian positip anak.

    ReplyDelete
  2. Semoga ini membentuk pribadi positif si anak, sehingga memiliki semangat juang yang tinggi dan mau terus berusaha meraih impiannya..

    ReplyDelete
  3. wow ... keinget masa2 TK yang menyenangkan
    kalo aku pas TK paling seneng main plastisin dibentuk-bentuk

    ReplyDelete
  4. waaah..seru banget ya? jadi penegen TK lagi. jaamn saya TK dulu ga pernah ada permainan yang melibatkan orang tua macam gini.

    ReplyDelete
  5. Sepertinya bakal pada awet muda ya guru2 TK? :D
    Asik, maennya sama anak2 terus *uhuy* :D

    ReplyDelete
  6. aiih.. jadi pengen balik ke masa tk deh

    saya dulu gak ada acara gitu2an.. mana kalo sekolah selalu dianter pembantu. masak yaa mau main basah-basahan ama pembantu

    ReplyDelete
  7. Wah tambah senang deh anak didik nya bu dengan pembelajaran basah-basahan ini :D

    Salam kenal serat jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  8. bagus banget... dulu saya ngga pernah masuk palygroup n TK, langsung SD.. kykny seru banget tuh..jd pengen... sekarang sudah ada fotonya...blogny lebih berwarna baguuus...

    ReplyDelete
  9. @ Djangan Pakies, interaksi antara orang tua dan anak dengan kasih sayang

    @ Andry Sianipar, iya memotivasi anak punya kepribadian positif itu dengan contoh positif juga

    @ John Terro, cuman plastisin yang diingat? gak ada belajar naik sepeda, pentas seni misalnya?

    @ Huda Tula, baca blognya kayaknya masa kecilnya seru banget deh... main di alam sekitar

    @ Darin, berani bertaruh, kalo pulang ke Solo pasti yang dicariin pertama anaknya, ya kan...

    @ Gaphe, banyak anak di sekolah ini diantar pembantu. Makanya ortu dimotivasi agar mau interaksi dengan anak. Aku waktu kecilnya juga yang suapin makan pembantu

    @ Sugeng, interaksi dengan orang tua itu lebih ditekankan

    @ aisah, kadang ada foto, kadang enggak, hehehe...

    ReplyDelete