Tulisanku 5 September 2009 dari talkshow di Oprah

Leave a Comment
Makna dari spiritual di acara ini dikatakan, baik anda relijius atau tidak, pemahaman spiritual adalah agar manusia punya hubungan lebih mendalam dengan hidup yang lebih berarti. Dan alasan kenapa manusia diciptakan di muka bumi ini.



Salah seorang pembicara yang mendalami spiritual mengatakan, spiritual adalah hubungan manusia dengan manusia lainnya, dan hubungan manusia dengan alam semesta. Proses dari penyembuhan diri, memaafkan, pemberdayaan hidup di dunia, dan merasakan hidup yang utuh.

Esensi dari spiritual adalah cinta tanpa syarat. Dimana cinta menghubungkan dengan semua orang, masa lalu, masa depan dan memberi harapan, kebahagiaan menyongsong masa depan.

Pembicara lain mengatakan, spiritual memberi jawaban atas pertanyaan siapa aku, apa manfaat aku hidup di dunia ini, dan bagaimana kita bisa hidup secara utuh, berarti, dermawan, saat masih ada di dunia ini.

Pembicara lain lagi mengatakan, cinta, harmoni, kebijaksanaan, adalah kualitas yang abadi. Bila ada seseorang yang cukup matang bisa mengekspresikan dasar-dasar itu maka dikatakan matang secara spiritual.

Spiritual perlu dipraktekkan dan diasah. Keinginan untuk membantu orang lain mesti dijadikan kebiasaan. Juga kemampuan untuk mensyukuri anugerah dari Tuhan. Ada hal lain tentang spiritual, adalah mencoba meditasi. Cobalah untuk meditasi satu menit, setiap hari lalu ditingkatkan secara bertahap. Meditasi di sini adalah membiarkan pikiran kita hening, tanpa memikirkan apapun, nanti nurani akan berbisik memberi jawaban terbaik atas masalah-masalah kita.


(Pendapatku saat ini... berdzikir aja pakai tangan, bukan dengan tasbih. Ini akan menenangkan diri dan lebih mendekatkan dengan Allah. Kenapa pakai tangan, karena jaman Nabi Muhammad shallallaju 'alaihi wa sallam belum ada tasbih. Dan tangan ini akan berbicara setelah hari akhir bahwa sering dipakai untuk menghitung menyebut nama Allah)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment