Silaturahmi hanya untuk pertemuan yang baik

17 comments
Definisi dari silaturahmi sebetulnya adalah hubungan kekerabatan karena keturunan atau perkawinan. Barangkali ada yang mengartikan ngumpul-ngumpul dengan teman-teman. Ini pemikiran yang salah kaprah sebetulnya, tidak mudah merubah istilah yang sudah melekat di benak orang-orang. Saya mencoba menyederhanakannya yaitu pertemuan dengan tujuan baik.



Seperti saya jelaskan di awal, silaturahmi adalah hubungan kekerabatan. Hubungan kekerabatan mesti diprioritaskan. Menurut Al Qur'an, orang yang memutus hubungan kekerabatan adalah orang yang berbuat kerusakan di muka bumi ini. Sesakit apapun, walau dikasari, hubungan kekeluargaan mesti diusahakan disambung. Usaha menyambung itu yang penting, kalau ditolak lebih baik tidak usah dipaksakan daripada terjadi hal yang tidak pas. Memang butuh kesabaran di sini.

Setelah hubungan kekerabatan, ternyata ada ayat di Al Qur'an menyatakan sesama muslim itu bersaudara. Jadi muslim yang sehati, mau sama-sama berkumpul untuk membicarakan kebaikan ternyata akhirnya bersaudara juga. Pertemuan karena persahabatan dengan persamaan keinginan menjadi orang baik itu juga bisa disebut silaturahmi.

Pertemuan yang berniat membuat kerusakan itu bukan disebut silaturahmi, tapi ukhuwah jahiliyah. Mereka bisa saja mengatakan yuk menjalin silaturahmi. Tapi di pertemuan ada yang minum alkohol, ada yang memfitnah orang, atau menghutangkan uang dengan riba (atau barangkali ada yang mau menambahkan?). Inilah yang menurut saya istilah silaturahmi yang salah kaprah...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

17 comments:

  1. Inilah bendera yang Pakies kibarkan dalam ngeblog, menjalin tali persaudaraan tentunya untuk mendulang banyak rejeki. REjeki sehat, rejeki banyak teman, rejeki wawasan dan seluruh rejeki yang di sediakan ALlah, Insya Allah

    ReplyDelete
  2. @ Blantik Sapi... amin, amin, amin

    ReplyDelete
  3. moga-moga aja kita selalu bersilaturrahmi... dengan sering ngeblog dan saling komentar juga bisa dikatakan sebagai menyambung... karena selalu ada hubungan itu...

    ReplyDelete
  4. Saya jadi ingat 3 hal utama bagi orang2 Betawi, yaitu Sholat, Ngaji dan Silat. Silat di sini bukan semata ilmu bela diri, tapi lebih bermakna menyambung tali kekerabatan, jadi hubungan vertikal dgn Yang Kuasa dan hubungan horisontal dgn sesama manusia bisa seimbang.

    Silaturahmi konon juga sebagai sarana tuk memperpanjang umur kita, betul? :D

    ReplyDelete
  5. Dengan silaturahmi kita akan mendapatkan multi effect yang sangat bermanfaat untuk merubah kondisi hidup yang lebih baik dan harmonis.

    ReplyDelete
  6. @ mas Zainul Faruq. setiap kali akan ada teknologi baru lagi. ada sahabat saya dari SMA, kuliah bareng anti internet, dan mencoba konsisten. saya rasa internet difungsikan untuk menyebarkan kebaikan akan membawa manfaat

    @mas Darin, soal silaturahmi akan memperpanjang umur masih ada beberapa perbedaan pendapat. mungkin umur beneran lebih panjang, karena janji Allah seperti itu, tapi ada yang mengatakan namanya setelah meninggal akan dikenang lebih lama. semua baiklah, saya gak mau mikir umur saya sampe berapa...

    @ G-Smart manusia makhluk sosial, saling membutuhkan. kayak pengungsi Merapi ini, semua saling membantu. semoga semua segera membaik, Merapi segera tidak batuk lagi...

    ReplyDelete
  7. Tiba-tiba ingetperkataan guru saya, ada hadits nabi (lupa riwatanya,,maf,,tapi shahih kok). Nanti ada golongan manusia yg trelahir dari golongan biasa, namun kemuliannya setingkat para wali dan nabi-nabi.
    Mereka adalah orang yg berkumpul, bersilaturahmi, atas dasar cinta kepada ALLAH.

    Subhanallah...

    Oh ya, kunjungna balik dari catatan bumi.

    Wah, ibu seorang guru playgroup ya? wah bs deket anak-anak kecil terus...

    Pasti pecinta sayyidina muhammad ini, mbaknya... subhanallah

    ReplyDelete
  8. @ mas Bumi, saya sudah baca hadits itu, cukup panjang. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya pada sahabat2nya "siapa yang imannya paling kuat... dst... dan akhirnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ber sabda "yang imannya paling menakjubkan adalah orang2 yang datang setelah kalian... mereka tidak pernah melihatku tetapi mereka percaya kepada apa yang aku bawa, mereka tidak pernah berjumpa denganku tetapi mereka menerimaku, mereka tidak pernah berbicara denganku tetapi mereka membelaku sebagaimana kalian membelaku. mereka hanya menemukan tulisan dan mereka beriman kepada tulisan itu Sungguh aku rindu kepada saudara2ku itu"

    ReplyDelete
  9. Ijin nyimak agar lebih mengerti hehe :D

    ReplyDelete
  10. @ saka hero, silakan, boleh nanya kok. yang di luar konteks juga boleh ditanyakan

    ReplyDelete
  11. kunjungan balik mbak, semoga dapat dipererat persahabatan.
    Kontek silaturahmi ya memang untuk kebaikan, paling tidak untuk syiar, termasuk mengunjungi blog temen.
    Btw coment blog: simpel,tulisannya dah banyak, sejalan dg saya. Tetap semangat!

    ReplyDelete
  12. saya numpang nonggo alias silaturahmi deh disini..

    Salam kenal

    ReplyDelete
  13. @ mas tony soal blog, apa adanya yah... ada pengunjung setelah saya kunjungi bukunya sama, hehehe

    @ lozz akbar, boleh boleh silakan

    ReplyDelete
  14. Kunjungan untuk menambah ilmu yang bermanfaat.

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka, kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.

    Sukses selalu

    Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

    ReplyDelete
  15. @ R. Indra Kusuma Sejati, masih dangkal kok tulisan saya. masih baru aja mulai belajar. ma kasih kunjungannya

    ReplyDelete
  16. hahahaha....
    anaLoginya sedap Mbak, bagus untuk di baca bagi yang suka mangkaL di pinggir jaLan. dan berfungsi sebagai media pengingat bagi kita semua. trims.

    ReplyDelete
  17. Sama-sama deh... mungkin agak keras juga buat yang masih suka ndableg, hehehehe...

    ReplyDelete