Beberapa manfaat VCO untuk kesehatan dan kecantikan

VCO (Virgin Coconut Oil) adalah minyak kelapa yang diproduksi tanpa dipanaskan. VCO beda dengan minyak kelapa yang diproses mesti dikeringkan dulu, atau santan yang direbus. VCO bisa diserap kulit sehingga awalnya seperti berminyak lalu cepat hilang kesan minyaknya.

Di Indonesia orang sibuk belanja perawatan kulit dan rambut ini itu, padahal sebetulnya bahan yang sudah dicampuri bahan kimia malah merusak kulit dan rambut.

Misalnya sabun dan shampo yang mengandung deterjen akan membersihkan sampai kesat, malah membuat kulit iritasi. Saat awal menggunakan sabun dan shampo tanpa deterjen kulit akan bereaksi mengeluarkan zat kimia yang menumpuk di bawah kulit jadi kulit dan rambut akan nampak kusam, tapi itu hanya sementara, itu yang disebut masa transisi atau transition period.

Sementara di negara maju orang-orangnya malah gandrung dengan bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut. Ada yang bela-belain bikin racikan sabun dan shampo sendiri. Misalnya sabun cair dari minyak zaitun ditambah madu dan sedikit VCO. Atau shampo dari lidah buaya segar dan madu.

Yang care untuk perawatan kulit dan rambut dan mau belajar untuk menghindari bahan kimia berlebihan tidak akan mempedulikan masalah merk terkenal, wangi, berbusa banyak. Sedikit berminyak, kurang menyengat wanginya tidak apa-apa yang penting kulit jadi sehat dan penghematan biaya serta mengurangi kemasan produksi pabrik.

Di bawah ini ada 12 manfaat minyak kelapa jenis VCO menurut situs resmi Dr. Oz. Sebetulnya ada 99, tapi aku ambil yang penting saja.

Perlu aku tambahkan, bahwa umurku saat menulis ini 46 tahun, kemarin saat di supermarket ada ibu-ibu basa-basi tanya sama aku "mbak kuliah dimana?". Agak kebangetan memang, mungkin kacamata beliau tidak dipakai. Tapi sejauh ini yang aku rasakan semenjak mengkonsumsi VCO 3 sendok tiap hari, dan memanfaatkan bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut memang sering disangka jauh lebih muda dari umurku. Eh iya, aku juga rutin jalan dengan metode chi walking (link ada di sisi kanan blog ini) dan sekarang mencoba melakukan freeletics, walau tidak full. Freeletics adalah latihan untuk  mengurangi berat badan dan membentuk tubuh ideal dengan gerakan bisa dilakukan outdoor dan indoor hanya dengan sarana matras.

Ini ada 12 manfaat VCO menurut Dr. Oz. dari link berikut ini http://www.doctoroz.com/gallery/99-amazing-uses-coconut-oil.

  1. Ganti krim malam yang berat dan menyumbat pori dengan lapisan tipis yang melembabkan dan memperbaharui sel-sel yaitu minyak kelapa sebagai krim malam untuk wajah.
  2. Gosokkan sedikit minyak kelapa di bawah mata untuk mengaburkan kantung mata atau lingakaran hitam.
  3. Teteskan minyak kelapa pada kapas lalu oleskan pada wajah bermakeup. Basuh dengan air hangat. Minyak akan menghapus makeup sekaligus memperbaiki kulit.
  4. Oleskan minyak kelapa secukupnya untuk mengontrol masalah kulit di wajah.
  5. Memperbaiki kondisi kulit dan mengurangi kerutan dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa pada garis kerut dan lipatan pada wajah sebelum tidur.
  6. Campurkan 2 sendok makan minyak kelapa dengan kopi, 2 sendok makan coklat, 1 sendok makan air lemon (kulit berminyak), atau 1 sendok makan madu (kulit kering). Biarkan sejenak, bilas, keringkan.
  7. Oleskan minyak kelapa pada bibir seperlunya. Pelembab dapat melembutkan bibir.
  8. Oleskan minyak kelapa saat di kamar mandi. Biarkan 3-5 menit. Lalu bilas dan dishampo. Minyak kelapa menjaga rambut dari terpaan lingkungan dan menambah kilau.
  9. Untuk mengatasi ketombe. Oleskan minyak kelapa setengah cangkir pada kulit kepala dan akar rambut, lalu diratakan ke seluruh rambut. Biarkan 5 menit sebelum dishampo.
  10. Bila tidak merasa nyaman dengan kulit kering, oleskan di daerah yang kering lalu biarkan diserap ubuh. Lalu oleskan ke seluruh tubuh seperlunya untuk kulit lebih lembut, lembab dan cerah.
  11. Mencuci piring? Membersihkan rumah? Gosokkan 1 sendok makan minyak kelapa di tangan sebelum mulai bekerja dan 1 sendok makan lagi sesudah menyelesaikan pekerjaan.
  12. Pijat minyak kelapa pada kaki dan gunakan kaos kaki untuk menjaga kelembaban saat tidur. Saat bangun tidur kaki akan lebih halus dan lembut.


Pengalamanku pribadi:
  1. Aku menggunakan VCO pada rambut lalu kubiarkan semalaman lalu dishampo dengan shampo extra mild, tidak banyak busa dan tidak berwarna mencolok.
  2. Setiap malam aku membersihkan wajah dengan VCO menggunakan kapas, lalu bekasnya kuoleskkan di telapak tangan dan kaki. Kalo gak ngantuk banget aku teteskan sedikit di telapak tangan untuk memijat kulit kepala lalu diratakan ke seluruh rambut menggunakan sisir dari tanduk, tidak sampai membuat rambut berminyak.
  3. Sebelum jogging di pagi hari aku mengoleskan lagi VCO di wajah, di telapak tangan dan kaki. Kalo tidak buru-buru aku memijatkan di kulit kepala dan disisir dengan sisir bahan tanduk.
  4. Sebelum minum susu kedelai aku minum VCO 3 sendok makan.
  5. Aku membuat racikan sendiri sabun mandi dari sabun yang terbuat dari VCO dicairkan dengan air suling, ditambah madu dan sedikit VCO. 
  6. Kalau ke tukang pijit langganan aku menggunakan VCO untuk memijat.
  7. Pernah ketularan kutu rambut entah dari mana, aku pakai VCO sampai basah kuyub, dibiarkan sampai 2 jam lalu disisir dengan sisir rapat kutu jatuh semua. Perawatan ini diulang seminggu sekali sampai tidak ada kutu lagi, tidak ada salahnya soalnya pengolesan VCO akan membuat rambut lebih sehat. Hanya membersihkan dengan shampo perlu 3-4 kali.

Amy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 comment: