Talkshow kesehatan : Menyediakan Gizi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan oleh Nutrisi Untuk Bangsa

February 14, 2018 Amy 1 Comments



Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional setiap tanggal 25 Juni, Sarihusada dan Nutricia menyelenggarakan talkshow kesehatan di Jogja tanggal 11 Februari 2018. Talkshow ini ini berjudul "Menyediakan Gizi Terbaik dalam Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)" di Mezzanine Eatery, jalan Palagan Yogyakarta. Acara ini termasuk bagian gerakan Nutrisi Untuk Bangsa atau disingkat NUB.

Menampilkan narasumber dr Endy, bidan Nunik dan dipandu MC mbak Artika.

Talkshow kesehatan
Menyediakan gizi terbaik 1000 HPK

Narasumber dr. Endy.

Yang dimaksud dengan 1000 hari dimulai dari pembuahan, sejak fase kehamilan (270 hari) lalu perkembangan hingga 2 tahun (730 hari).

Pada saat 1000 hari pertama ini, organ-organ vital bayi tumbuh sehingga disebut sebagai masa emas pertumbuhan. Saat masa emas pertumbuhan diberi gizi yang baik, maka pertumbuhan dan perkembangan akan menjadi baik ke depannya.

Ada cerita menarik dari dokter Endy, bahwa dari pengalaman beliau menangani pasien, bila ibunya selama hamil doyan makan sayur maka bayi setelah lahir juga akan doyan makan sayur juga.

Selama masa kehamilan, calon ibu wajib makan makanan bernutrisi seperti banyak mengkonsumsi buah dan sayur, serta mengkonsumsi suplemen mengandung asam folat. Asam folat sangat berpengaruh untuk pertumbuhan tulang dan organ.

Pada saat setelah melahirkan, bayi wajib mendapatkan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Mendapatkan ASI selama sekitar 2 tahun, dan sekitar 6 bulan ASI eksklusif. Setelah 6 bulan atau saat bayi siap menerima makanan pertama, boleh diberikan makanan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Setelah 1 tahun, bayi bisa diberikan makanan keluarga, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan anak. Perlu diperhatikan bila belum siap maka bisa ditunda, dengan melihat reaksi bayi menelan makanan. Bila belum siap resiko masuk ke saluran pernapasan, yang mengakibatkan bayi bisa tersedak.

Proses melahirkan dengan normal dan operasi sectio juga berbeda. Melahirkan normal bayi mendapatkan probiotik atau bakteri baik, sedangkan operasi tidak.

Narasumber bidan Nunik

Ibu bidan senior ini bercerita bagaimana menangani ibu yang sering dalam kondisi panik saat akan melahirkan. Tugas bidan adalah untuk menenangkan.

Ada beberapa hal yang perlu perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Persiapkan kelahiran dengan baik. Menjalani kehamilan dengan tenang dan enjoy sehingga bayi juga merasa nyaman. Usia melahirkan yang dianjurkan 22-35 tahun, di luar umur itu beresiko tinggi. Rutin memeriksakan kehamilan ke dokter atau bidan (sebaiknya tidak berganti-ganti). Memiliki buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) untuk mencatat data ibu dan anak. Sebetulnya kemungkinan melahirkan normal 80 persen dan operasi 20 persen, tapi ada juga yang memilih operasi walau bisa melahirkan normal.

Cooking demo mbak Ana, pemenang cooking competition yang diselenggarakan oleh Danone

Mbak Ana mendemokan bagaimana membuat puding susu vanila. Bahan utamanya antara lain susu SGM Eksplor rasa vanilla dan roti tawar.



Cooking demo puding susu vanila

Cooking demo chef Rissa, 3 besar Masterchef Indonesia

Chef Rissa menyajikan 2 menu yaitu puding wortel saus yoghurt strawberry dan spaghetti dengan pesto daun kelor serta daun katuk.

Cooking demo
puding wortel saus yoghurt stroberi
spageti dengan pesto daun kelor dan daun katuk

Semoga acara seperti ini terus digiatkan supaya anak-anak Indonesia tumbuh lebih baik dan cerdas.

1 comment: