20 November 2011

Dunia maya yang menghanyutkan

Untuk mas M yang berkomentar di postingan sebelum ini bahwa dia mau memanggil Malaikat (sebut saja namanya ini, aslinya dia pebisnis online) supaya aku takut. Aku mau jelaskan saja sekalian kepada mas M ini. Ceritanya itu Malaikat berkunjung ke blog teman-teman bloggerku. Dia bilang gak usah ngeblog, ikutan bisnisnya saja.

Terus Malaikat ini berbaik hati membuatkan saya blog, sampai saya tersanjung. Dibela-belain survey segala tentang latar belakang saya. Dibela-belain mengontak suatu komunitas segala. Tapi saya juga punya teman lain yang mengatakan bahwa link komentatornya mati, gak hidup.

Terus terang saya gak takut dengan Malaikat yang punya bisnis dahsyat ini, menurut saya dia itu lucu dan menggemaskan. Bisnisnya saya doakan semoga langgeng, walaupun saya pernah mempelajari tentang moneygame, multilevel tanpa barang yang bila digambar skemanya akan membentuk piramida. Uang pendaftaran digunakan untuk membayar ke atas. Akan diberi uang bila sanggup memberi data berupa e-mail. Bagaimana bila ada satu saat uang pendaftaran tidak cukup untuk membayar ke atas lagi. Dan anggota di bawah sudah kehabisan data e-mail yang bisa diberikan. Menjamin suatu bisnis itu halal dan aman butuh keberanian besar. Dan ada saatnya nanti semua akan kelihatan, benarkah bisnisnya langgeng, benarkah halal, bagaimana kalo ternyata yang level bawah sendiri dirugikan, apa pertanggungjawabannya pada Allah tentang jaminan halal dan aman ini.

Tentang saya menulis link temen blogger saya, saya mendoakan agar yang bersangkutan bisa terlepas dari sisi gelap yang mengganggunya bertahun-tahun. Tidak mudah untuk melepaskan diri dari trauma masa lalu. Seperti yang dia tuliskan sendiri di blognya, mengkonsumsi heroin, ganja, topi miring. Tadinya saya sempat bernapas lega waktu membaca dia ingin jadi penulis dengan kata-kata indah. Juga rencananya menulis tentang tauhid dan kejadian di kehidupan sehari-hari. Tapi akhirnya memilih untuk menulis tentang konspirasi, dan postingan yang menuliskan tentang kegundahan, kekecewaan. Saya tau persis dia sedang belajar tafsir Al Qur'an. Al Qur'an mengajarkan untuk bersyukur, memaafkan, bersikap lembut, dan seterusnya. Bagaimana mungkin seorang yang belajar tafsir Al Qur'an membuat blog dengan penjelasan dirinya seperti ini

Bermimpi untuk menjadi yang bijak namun gagal termakan atau tergerus ego kebinatangan. Bukan orang yang tersisih dari system, tapi hanya mencoba tersadar dari mimpi buruk kemunafikan.

Bagi orang lain kata-kata ini tidak bermakna barangkali, tapi menurut saya dia terseret kembali ke masa lalu. Saat dia sedang berkumpul dengan teman-temannya, mabuk bersama, underground, anonymous. Menulis tentang konspirasi dengan wajah tertawa padahal hatinya tertutup.

Seandainya temen saya yang di about blognya seperti di atas akhirnya memutuskan untuk bergabung di lini depan atau frontline dengan suatu pasukan, itu toh urusannya sendiri. Paling tidak saya sudah mencoba mengingatkan, dan sejak dia membuka rahasia kecilnya pada saya, saya merasa perlu untuk mengingatkan.

Saya punya dunia nyata dan dunia maya untuk menuliskan yang mengalir dari intuisi. Bila memang tulisan saya salah akan saya koreksi. Sekali lagi, dunia maya memang sangat menghanyutkan. Tapi buat saya dunia maya adalah untuk mencari ilmu. Kenapa mas M gak sekalian ajak Malaikat untuk ke rumah saya di dunia nyata. Saya masih tertawa teringat komentar mas M "apa perlu saya bawa Malaikat", kok mas M ini meragukan kemampuan sendiri yak...

17 comments:

  1. yang ada dalam "about" jangan dicopas semua, mbak. mbah google mampu menunjukkan blog yg dimaksud lho....
    kasian kan orang yg dimaksud, rahasia yg mau dikubur dalam masa lalu jadi terbongkar.
    Semoga segalanya jadi baik-baik saja ya...
    Happy blogging!

    ReplyDelete
  2. Wahhh baca komennya Mas Riu, xixixi...
    Berdoa untuknya yang terbaik aja mbak :)

    ReplyDelete
  3. @Arif Zunaidi Riu_aj soal dia dulu underground, anonymous, mabok, bukan dari hasil chat. Tapi tulisan di blognya sendiri, dan mengaku sudah taubat dari hal-hal kayak gitu.

    Kemarin ada orang namanya berinisial M yang komen mau ajak pebisnis online ngancem supaya aku takut. Cuman di dunia maya sih aku gak takut. Berani gak M dan Malaikat ini nemuin aku seorang perempuan di Jogja, maki-maki. Beraninya membongkar kebusukan di blog aja. Aku sendiri udah ngebayangin kehancuran bisnis online si malaikat, tinggal nunggu waktu aja.

    Linknya aku taruh di komentar postingan sebelumnya. Orang yang sedang tertutup hatinya gak akan sadar dengan apa yang dilakukan. Padahal semua orang sekitarnya bisa ngeliat.

    Ada seseorang nanya ke aku, dia gak percaya kalo orang yang kumaksud tersesat di kegelapan. Kalimat about juga masih gak ngerti waktunya. Waktu aku garis bawahi "TERGERUS EGO KEBINATANGAN" masih gak ngerti juga.

    Aku manusia di dunia nyata, sedangkan dunia maya yang penuh intrik menyesatkan, mempengaruhi orang dengan kalimatnya. Kalo ada orang terpengaruh bahwa Islam mengajarkan untuk bersikap kecewa, gundah, sibuk membahas konspirasi, lupa untuk menolong orang sekitarnya, itu akan kulawan.

    Gak usah kaitkan orang ini dengan aku, aku cuman menggugat orang ini menyampaikan Islam. Kalo ada yang mau ikuti dia, yah... di dunia ini sampai kapanpun gelap melawan terang. Aku berusaha konsisten di terang. Jadi kita liat aja perkembangannya.

    Al Qur'an yang isinya mengajarkan agar ikhlas, sabar, bersyukur, mengingatkan kebaikan, saling bersilaturahmi, saling memaafkan, kalo dibelokkan ke arah kekecewaan bukan orangnya yang keliru. Ada kuasa gelap yang membelokkan.

    Aku sudah lega sekarang, terjawab kenapa dia gak balas kalo kusapa. Ternyata kuasa gelapnya memang suka mengajak bermusuhan dengan aku, wanita lemah yang sedang belajar Islam

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum sis,, pa kbr?

    hmmm.. aku garuk2 kepala deh baca tulisannya,, kayaknya aku dah kelamaan ga nge-blog nih, jadi ga ngerti2 gitu... oke deh aku nyimak dulu ya...

    tetap semangat!! :)

    ReplyDelete
  5. @Sitti Rasuna Wibawa Una, aku mendoakan kamu selalu baik-baik saja. Kalo ada seseorang yang membuatmu merasa galau semoga kamu bisa segera mengatasinya ya

    ReplyDelete
  6. @Nyayu Amibae di dunia banyak intrik. Kuasa gelap akan banyak menyerang, apalagi sudah dekat tahun 2012. Para kuasa gelap akan mempengaruhi orang-orang mengikuti ajarannya. Waktu akan berjalan, akan kelihatan siapa pendukung kuasa gelap dan konsisten belajar Islam yang benar. Ma kasih komennya ya sis...

    ReplyDelete
  7. harusnya inisial ditambah tuh mi
    misalnya mm ben dikiro malaikat maut
    po mp, malaikat pekok...

    #tetep gak nyambung...

    ReplyDelete
  8. @Rawins sudah cukup nulis nama di postingan sebelum ini. Malaikat pekok, hahaha... kalo berani nemuin aku langsung deh, beraninya cuman di tulisan doang... apaan tuh

    ReplyDelete
  9. Berarti kita memang harus punya proteksi dan selektif agar tidak hanyut dan terbawa sesuatu yang negatif di dunia maya.

    ReplyDelete
  10. hmmm gg ngerti :( baca komentar yang pertama jadi tergoda untuk tanya mbah google, tapi berasa segan juga nih :D

    ReplyDelete
  11. *garukgarukkuping ada apa ini ami? Gak ngeh saya... baca dua kali juga tetap kagak ngerti :D

    ReplyDelete
  12. @HALAMAN PUTIH Betul pak, tulisan menyesatkan dunia maya mesti kita proteksi

    ReplyDelete
  13. @Fiction's World Tiara, hati-hati dengan tulisan menyesatkan di blog, bisa membawa pengaruh buruk, kira-kira gitu. perlu benteng agar bisa memfilter yang buruk

    ReplyDelete
  14. Wew... baca penjelasan km di blog saya kok jadi ngeri banget yah.

    ReplyDelete
  15. Aaahhh.. gak mau berteman dengan blog yg terlalu aneh ahh.. mending baca blog yg keseharian aja.. lebih aman..

    Ketipu neh rasanya.di blog.. padahal kan mau seneng2 aja >_<

    ReplyDelete
  16. Mencoba memahami masalah dengan baca2 postingan sebelumnya..tapi tampaknya tidak semua akan terkupas*mangga kali ah terkupas..hehe* sy percaya se pengen2nya mba ami curhat mba ami pasti tetap tau batasan, yang terungkap juga mungkin cuma kulitnya doang..

    yang sabar mba, pengalaman mba ami juga jadi pelajaran buat kita, semoga kita lebih pandai menilai..kalau kata Pak Mario Teguh semalam :"berhati-hatilah dengan orang yang kepura-puraannya tampak asli"

    ReplyDelete